3 Cara Mendesain Website Toko Online Bagi Pemula

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara mendesain website toko online

Bagi para pemilik usaha, website toko online sudah jadi sesuatu yang lumrah untuk dimiliki. Bahkan pengetahuan yang minim akan dunia IT pun mampu memungkinkan seseorang untuk memiliki website dan menjalankan bisnisnya secara online. Di era yang serba digital ini, hosting murah untuk toko online bisa dengan mudah didapatkan dan dikelola.

Adanya layanan hosting murah memang sudah terbukti mampu memudahkan para pemilik bisnis untuk mengelola toko online-nya sendiri. Mereka bisa menjual produk serta mengoptimasinya dengan menggunakan blog. Dengan cara membuat blog di website toko online, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan yang ingin mencari informasi lebih lengkap.

Walau begitu, untuk bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan melalui website toko online Anda, ada berbagai hal yang perlu diusahakan. Sehingga sekedar memiliki hosting murah saja tidak cukup untuk mendatangkan pengunjung. Anda juga harus memikirkan cara-cara lain untuk bisa meningkatkan traffic kunjungan dan mengalihkannya sebagai konversi.

Baca juga : Rekomendasi Bisnis Online tinggal klik.


Jika ditelusuri kembali, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung website, terutama dari sisi UX (User Experience). Salah satunya adalah kualitas konten yang ditunjang dengan keunikan desain yang dibuat. Dari segi tata letak menu dan navigasi di dalamnya pun juga harus diperhatikan. Sehingga tampilan website pun lebih enak dipandang.

Bukan tanpa alasan jika perkara tampilan website menjadi aspek yang cukup penting untuk diperhatikan. Bayangkan apabila Anda membuka sebuah halaman website dengan tampilan yang acak-acakan, apakah Anda akan mengaksesnya dalam waktu yang lama? Kalau benar-benar tidak mendesak, sudah pasti Anda akan segera menutupnya.

Baca juga : peluang usaha remaja SMP.

Itulah mengapa tampilan atau desain suatu website toko online menjadi faktor yang tidak boleh dilewatkan. Lalu, apabila Anda ingin mendesain website toko online dengan mudah, langkah apa saja yang perlu dilakukan? Berikut cara mendesain website toko online bagi pemula.

Pilihlah Platform yang Cocok untuk Pemula


Suatu keputusan yang tepat apabila Anda sudah mempercayakan website Anda pada layanan hosting murah yang berkualitas. Sebelum mulai membuat website toko online, Anda harus kembali memastikan apakah hosting yang digunakan mampu mengakomodir para pemula dengan menyediakan platform yang tidak mengharuskan Anda melakukan coding.

Memang tidak ada yang salah apabila Anda ingin membiasakan diri dengan bahasa pemrograman untuk membuat website sendiri. Namun hal ini akan menghabiskan lebih banyak waktu jika dibandingkan dengan menggunakan platform berupa Content Management System (CMS), seperti WordPress misalnya.

Baca juga : ide bisnis makanan ringan yang menguntungkan.

Dengan memanfaatkan platform seperti WordPress, Anda akan dengan mudah mendapatkan tampilan website toko online yang lebih profesional. Platform ini pun termasuk user friendly dan menawarkan berbagai jenis tools serta fitur yang cocok untuk para pemula. Anda pun mampu mengelola konten di dalam toko online dengan lebih efektif.

Manfaatkan Tools Sesuai Kebutuhan Anda

Apabila Anda sudah menginstall platform CMS seperti WordPress, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat list tools apa saja yang sekiranya akan Anda gunakan. Sebelumnya, Anda bisa memilih tema atau template yang ingin Anda gunakan. Tentunya tema yang Anda pilih sudah disesuaikan dengan konsep website yang sudah dirancang.

Dalam proses menentukan tema seperti apa yang tepat untuk platform yang digunakan, Anda bisa mencarinya dengan pertimbangan berbagai review yang sudah diberikan para pengguna tema tersebut. Anda pun bisa memilih versi gratis maupun berbayar, tergantung pada jumlah budget yang Anda miliki.

Baca juga: ide bisnis peternakan yang menguntungkan

Jika sudah cocok dengan preview yang diberikan, segera install dan aktifkan di hosting Anda. Untuk memudahkan perancangan desain website, Anda bisa langsung menginstall plugin berupa WordPress page builder. Plugin ini yang nantinya akan memudahkan dan memberikan Anda keleluasaan untuk memodifikasinya.

Siapkan Mockup dan Prototype


Setelah menginstall tema dan plugin, aspek lain yang tidak boleh ketinggalan adalah mockup dan prototype. Aspek ini tentunya harus disesuaikan dengan rancangan website yang Anda inginkan. Dalam prosesnya, Anda tidak perlu terlalu detail dalam pembuatannya. Anda hanya perlu fokus pada peletakan beberapa elemen penting yang perlu ditampilkan di website.

Contoh dari elemen-elemen yang dimaksud di antaranya adalah jenis huruf, layout, white space, pilihan warna, tombol search, navigasi, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah menyelesaikan mockup website toko online yang akan dirancang, Anda dapat melanjutkan proses ke pembuatan prototype, seperti memindahkan sketsa kasar ke bentuk digital melalui plugin website builder yang sudah Anda install.

Dari ketiga cara tersebut, apakah Anda sudah melakukan salah satunya? Jika belum, awali proses perancangan website toko online Anda dengan langkah-langkah tersebut. Selamat mencoba dan sukses dengan bisnis online Anda!

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)