Macam-macam Fasilitas Sekolah dan Kegunaannya

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Macam-macam fasilitas sekolah dan kegunaannya

Sebagai penunjang kegiatan pendidikan yang lebih baik, tentu sekolah membutuhkan fasilitas yang memadai guna membuat siswanya merasa nyaman ketika belajar di sana. Masalah sarana dan prasarana memang suatu hal yang sering di bahas oleh pimpinan dan tenaga pendidik yang ada di sekolah anda.

Setiap tahun atau setidaknya dua tahun sekali, perbaikan fasilitas sekolah biasanya dilakukan guna meningkatkan rasa kepuasan dan kenyamanan siswa ketika belajar di sekolah tersebut. Hal tersebut sudah jadi program sekolah wajib yang rutin dilakukan.

Bahkan ketika anda sudah menjadi alumni, justru sekolah anda semakin bagus daripada ketika masih sekolah dulu. Hal ini membuktikan jika memiliki fasilitas sekolah yang bagus dan memadai adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh suatu sekolah.

Macam-macam Fasilitas Sekolah dan Kegunaannya

Fasilitas sekolah terdiri atas beberapa jenis, mulai dari ruang belajar, ruang kantor, halaman, gudang, dan fasilitas pendukung lainnya. Tentu saja masing-masing memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Berikut adalah daftarnya.

1. Ruang Belajar

Sesuai namanya, ruang belajar merupakan suatu tempat yang digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar antara guru dengan siswanya. Umumnya proses belajar mengajar ini terjadi di dua tempat yakni ruang kelas dan laboratorium

  • Ruang Kelas

Ruangan ini berguna untuk melakukan proses pembelajaran secara teoritis guna meningkatkan pemahaman siswa akan materi yang sudah diberikan oleh guru.


  • Laboratorium

Tak cukup hanya belajar secara teori saja, siswa juga perlu dibekali dengan pembelajaran secara praktek guna meningkatkan kreativitas dan melatih keterampilan siswa dalam melakukan sesuatu hal yang berkaitan di materi sekolah. Ruangan yang biasanya digunakan sebagai tempat melaksanakan hal tersebut yaitu laboratorium.

Di sana anda bisa melakukan percobaan-percobaan, sementara guru hanya memberikan petunjuk cara penggunaan saja. Macam-macam laboratorium yang biasanya ada di suatu sekolah biasanya yakni laboratorium IPA, laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer.

2. Ruang Kantor

Ruang kantor pada sekolah berfungsi sebagai tempat bagi tenaga pendidik guna menjalankan kepentingan administrasi sekolah yang meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan data. Selain itu ruang kantor terkadangterka difungsikan untuk menerima tamu baik dari siswa sendiri ataupun dari luar.  Beberapa ruang kantor yang ada di suatu sekolah diantaranya :

  • Ruang Guru
  • Ruang Kepala Sekolah
  • Ruang Kurikulum
  • Ruang Tata Usaha
  • Ruang Piket


3. Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tempat bagi siswa untuk membaca buku-buku guna menambah ilmu dan wawasan mereka. Terkadang juga, guru memberikan pelajaran kepada siswanya di ruangan ini untuk memberikan pengalaman dan suasana yang berbeda kepada mereka.

Mengunjungi perpustakaan paling tepat dilakukan pada jam istirahat. Daripada waktu anda terbuang untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna, lebih baik pergilah ke perpustakaan dan bacalah buku disana maka wawasan dan pengetahuan anda akan semakin bertambah.

Namun sayangnya, kini perpustakaan sudah jarang dikunjungi oleh para siswa. Penyebabnya tentu saja menurunnya minat baca dari siswa itu sendiri. Sungguh keadaan yang miris, fasilitas yang telah disediakan untuk meningkatkan wawasan dan kecerdasan kita justru tidak dimanfaatkan dengan dengan sebaik-baiknya.

4. Ruang Pendukung Lainnya

Ruang pendukung ini tidak semua sekolah memilikinya. Namun tetap saja keberadaan sangat diperlukan demi menunjang kebutuhan siswa. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu :

  • Ruang Ibadah
  • Ruang OSIS
  • Ruang BP/BK
  • Kantin
  • Koperasi
  • Toilet

5. Halaman/Lapangan

Fasilitas sekolah yang satu ini juga merupakan pendukung dari sarana dan prasarana yang telah ada. Halaman atau lapangan merupakan tempat yang cukup luas yang ada pada suatu sekolah yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya siswa dan atau guru untuk melakukan suatu kegiatan.  Lapangan sekolah umumnya terdiri atas :
  • Lapangan Upacara
  • Lapangan Olahraga
  • Lapangan Parkir

Penutup

Semakin lengkap fasilitas suatu sekolah, menunjukkan semakin baiknya mutu dan kualitas sekolah tersebut. Tak heran kini banyak sekolah berlomba-lomba untuk membangun sarana dan prasarana yang memadai untuk menarik minat calon siswa baru supaya tertarik untuk mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. Selain itu sarana dan prasarana juga menjadi kriteria penting dalam menentukan akreditasi suatu sekolah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai macam-macam fasilitas sekolah dan kegunaannya, semoga bermanfaat

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)