Mengenal Apa Itu Artikel, Ciri-Ciri Artikel, dan Jenis-jenis Artikel

February 11, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Mengenal Apa Itu Artikel, Ciri-ciri Artikel, dan Jenis-jenis Artikel - Sebagai seorang penulis blog, menulis artikel merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Tanpa adanya artikel suatu blog tidak ada apa-apanya. Karena artikel merupakan nyawa dari sebuah blog. Banyak dari blogger yang setiap hari membuat artikel, namun tidak paham sedikit pun tentang artikel. Nah pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan seputar artikel termasuk ciri-ciri dan jenis-jenisnya.

Apa Itu artikel, ciri-ciri artikel, jenis-jenis artikel

Pengertian, Ciri, dan Jenis-jenis Artikel

Apa Itu Artikel?

Berikut ini beberapa pengertian artikel yang telah diolah dari berbagai sumber :

  • Pengertian Artikel Menurut Wikipedia

Menurut wikipeda.com, artikel merupakan karangan faktual yang disajikan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui media-media tertentu seperti majalah, buletin, koran, dan lain sebagainya. Artikel dibuat dengan tujuan menyampaikan ide atau gagasan dan fakta yang mampu meyakinkan, mendidik, serta menghibur pembaca.

  • Pengertian Artikel Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel merupakan karya tulis lengkap seperti Esai/laporan berita dalam majalah, koran/surat kabar, dan lain sebagainya.

  • Pengertian Artikel Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia

Jika melihat dari Ensiklopedia Pers Indonesia (EPI) artikel yaitu karangan berbentuk prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas

  • Pengertian Artikel Menurut Beberapa Para Ahli

Beberapa pakar telah menyampaikan pendapatnya tentang pengertian artikel. Berikut pengertian artikel menurut beberapa ahli :
Al Aqli
Menurut Al Aqli, artikel merupakan suatu tulisan yang ditulis oleh masing-masing disiplin ilmu dimana setiap pembahasan dikaji dan diselesaikan secara tuntas, lugas, dan juga jelas sehingga pembaca mampu mengambil intisari dari karangan yang ditulis.

Sumandria (2004)
Menurut Haris Sumandria, seorang jurnalistik Indonesia artikel adalah tulisan lepas yang berisi pendapat atau opini seseorang yang mengupas secara tuntas tentang permasalahan yang aktual dan kontroversial dengan tujuan mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan, dan menghibur pembaca.

Rillan E. Wolsey
Menurut Rillan, artikel yaitu karangan tertulis dengan panjang yang tak menentu. Bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud untuk meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca.

Bagaimana Ciri-Ciri Artikel Itu?

Artikel memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut :
  1. Isinya bersumber dari suatu realita yang didukung oleh adanya fakta/bukti yang kuat
  2. Artikel bukan bersumber dari mitos yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya
  3. Artikel adalah hasil tulisan asli atau original
  4. Dikatakan bersifat faktual dengan mengungkap berbagai data yang diketahui penulis artikel
  5. Isi artikel bukan hanya dari pemikiran penulis tetapi juga dari  hasil analisis fakta yang diperoleh dari objek ataupun narasumber
  6. Isi artikel dapat berupa laporan mengenai biografi tokoh, kisah perjalanan seseorang, argumen, hasil riset, berita terkini, dan lain sebagainya
  7. Gagasan atau ide yang diangkat harus memenuhi kebutuhan pembaca atau khalayak umum


Apa Saja Jenis-jenis Artikel Itu?

Artikel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :

Deskripsi
Jenis yang pertama yaitu deskripsi yang merupakan suatu karangan yang isinya menggambarakan tentang suatu hal atau keadaan yang membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, ataupun merasakan hal tersebut

Narasi
Narasi adalah cerita, itulah gambaran sederhananya. Jadi pada artikel jenis narasi ini terdapat suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam satu urutan kronologi waktu dimana di dalam kejadian tersebut ada tokoh yang menghadapi suatu permasalahan atau konflik. Narasi dapat berupa fakta seperti biografi ataupun fiksi seperti cerpen atau novel.

Argumentasi
Artikel argumentasi yaitu suatu karangan yang dibuat dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat ataupun kesimpulan dengan menggunakan data/fakta yang mendukung sebagai suatu alasan/bukti. Pada argumentasi terdapat 3 unsur yaitu opini, data, fakta, dan alasan penyokong opini tersebut, serta pembenaran dari pembaca yang sangat diharapkan oleh seorang penulis artikel.

Persuasi
Karangan yang satu ini dibuat dengan tujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Penulis disini mengharapkan sikap motorik dari pembaca dengan melakukan seperti apa yang telah disampaikan penulis di dalam artikelnya.

Bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas itu? Selengkapnya bisa anda baca disini ---> Cara Membuat Artikel Berkualitas

Itulah sedikit artikel tentang Mengenal Apa Itu Artikel, Ciri-Ciri Artikel, dan Jenis-jenis Artikel. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)