8 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Ide bisnis makanan ringan menjadi peluang usaha yang menarik untuk kita bahas. Bagaimana tidak, makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak dapat terpisahkan.

Setiap hari pasti kita membutuhkan makanan, tak cuma nasi saja. Makanan ringan pun sering masyarakat Indonesia konsumsi guna mengganjal perut yang sedang lapar. Karen itulah bisnis yang satu ini layak untuk  coba anda jalankan.

Ide bisnis makanan ringan


Usaha makanan ringan bisa anda lakukan dimana saja, termasuk di depan rumah anda sendiri. Tetapi satu hal yang pasti, berbagai inovasi harus terus dilakukan guna memastikan bahwa bisnis yang dijalani bisa lebih sukses dan berkembang.

Pertama menyangkut persoalan rasa. Jualan makanan ringan yang menguntungkan tidak hanya ditentukan dari faktor harga saja, tetapi faktor cita rasa juga tak kalah pentingnya. Makanan yang cenderung mempunyai rasa yang lebih sedap tentu saja lebih laris dibeli oleh pelanggan.

Tak hanya itu, kemasan harus dibuat lebih menarik supaya bisa memikat hati. Karena. Walau bagaimanapun kemasan yang terlihat pertama sebelum kita benar-benar mengetahui bagaimana rasa dari makanan ringan tersebut.

Dan yang tak kalah penting adalah soal pelayanan. Komunikasi yang baik dengan pelanggan dapat meningkatkan keinginan mereka untuk kembali membeli ke tempat anda. Apalagi, jika snack yang dijual memiliki rasa lezat dan menggugah selera, dijamin orang-orang tersebut bakal menjadi pelanggan tetap.


Ide Bisnis Makanan Ringan

Ada banyak sekali contoh usaha makanan ringan unik dan kreatif yang sebenarnya bisa untuk anda coba, tetapi beberapa yang bermodal sedikit diantaranya :

1. Keripik Singkong

Usaha keripik singkong

Bisnis yang satu ini pasti akan selalu tumbuh dan tak akan pernah mati. Mengingat keripik singkong merupakan salah satu cemilan favorit masyarakat Indonesia. Saya yakin, anda pun sangat menyukainya bukan? Apalagi jika keripik singkong tersebut diberi rasa asin atau pedas, pasti lebih maknyus rasanya.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Mulai dari singkong, garam, bawang, cabe, minyak, dan juga plastik untuk kemasan dapat anda beli dengan biaya di bawah 100 ribu rupiah. Dengan modal kecil, anda bisa  mendapatkan untung yang berlimpah. Luar biasa bukan?

2. Keripik Bawang

Usaha keripik bawang
Sumber gambar : instagram @kuchen_kitchen

Sama seperti keripik singkong, keripik bawang juga mempunyai rasa yang tidak kalah lezat. Makanan ini berbahan dasar bawang putih dan bawang bombai dengan ditambah garam dapur untuk menambah kelezatan makanan tersebut.

Jual keripik bawang juga menjadi salah satu usaha makanan ringan kriuk yang sangat menguntungkan. Banyak masyarakat yang menjadikan keripik yang satu ini sebagai camilan di saat sedang bersantai.

Tak hanya itu, keripik bawang juga dapat dijadikan teman makan terbaik pengganti kerupuk. Jadi, pasti selalu ada orang yang akan membeli keripik bawang yang anda jual.

3. Makaroni

Bisnis jualan makaroni

Mendengar nama makaroni, pasti sudah tidak asing ditelinga kita. Makaroni merupakan makanan ringan bercita rasa manis, asin, dan juga pedas yang banyak disukai oleh anak sekolah.

Tak hanya bisa dijual di sekolah, makaroni pun bisa anda jual di restoran. Biasanya makaroni pasta yang bisa dijual di kafe-kafe atau restoran. Hal ini membuktikan jika usaha makaroni tidak hanya bisa mendapatkan pembeli dari anak sekolah saja, tetapi juga dari orang tua.

Anda seorang mahasiswa dan ingin mendapatkan penghasilan? Cobalah bisnis berikut ini.

4. Arum Manis

Jual Arum Manis

Jual Arum manis atau gulali menjadi salah satu contoh usaha makanan ringan unik dimana target utama pembelinya yaitu anak-anak. Memang harus diakui, para siswa adalah orang-orang yang lebih sering membeli makanan yang satu ini.

Makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, dan minyak goreng ini selalu menjadi cemilan yang fenomenal di kalangan sekolah. Namun bukan berarti orang dewasa tidak menyukainya, nyatanya cukup banyak juga para pria atau wanita yang sedang kasmaran membeli arum manis untuk dimakan bersama. Biar romantis gitu, ciee.

5. Lanting

Bisnis makanan ringan lanting

Tahukah anda tentang makanan lanting? Lanting adalah  makanan ringan seperti kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin dengan rasa yang begitu lezat. Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini begitu melegenda dan juga banyak dijadikan cemilan ataupun pengganti kerupuk.

Selain itu makanan yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh dan dapat anda jual di pasar tradisional. Dengan menjual seharga 1000 rupiah per bungkusnya, insyallah anda bisa mendapatkan banyak pembeli.

Baca juga : usaha makanan ringan serba 1000

6. Rempeyek Kacang

Bisnis rempeyek kacang

11 12 dengan makanan ringan yang telah disebutkan di atas, rempeyek kacang juga merupakan makanan ringan yang biasanya dijadikan cemilan dan memiliki rasa yang renyah. Makanan yang satu ini akan mudah anda temukan di warung-warung makan.

Dengan bermodalkan bahan-bahan seperti tepung beras, kuning telur, santan, daun jeruk, kemiri, bawang merah, bawang putih, dan minyak goreng anda hanya membutuhkan modal sekitar 50 ribu rupiah saja. Anda bisa menjualnya seharga 3000 ribu per bungkusnya untuk mendapatkan untung yang lebih maksimal.

7. Usus Crispy

Jualan usus crispy

Jika harga ayam crispy di rasa lebih mahal sehingga sulit menjangkau pembeli dari berbagai kalangan, usus crispy bisa untuk anda coba. Secara harga jual usus crispy jauh lebih murah sehingga lebih bisa mendapatkan pembeli dari berbagai kalangan.

Selain itu modal yang harus dikeluarkan tidaklah terlalu besar. Dengan melihat fakta masyarakat Indonesia juga menyukai makanan kriuk seperti krispi, membuat usaha yang satu ini tidak boleh ketinggalan untuk anda jalankan karena pastinya mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit.

Peluang usaha lainnya : bisnis rumahan modal minim

8. Onde-onde


Ide bisnis makanan ringan selanjutnya yaitu berasal dari golongan kue, yaitu onde-onde. Kue tersebut menjadi jajanan pasar tradisional yang sangat populer dan sudah ajak sejak dahulu. Makanan yang berbahan dasar tepung ketan dan tepung beras ini hingga kini masih menjadi salah satu kue favorit masyarakat Indonesia.

Dengan berbagai varian isi yang menggugah selera seperti kacang hijau, nanas, atau stroberi anda bisa mengembangkan usaha tersebut dan menjualnya secara keliling dan tawarkan kepada tetangga. Jika melakukannya dengan baik, bukan tidak mungkin anda bisa membuka toko kue sendiri dengan omset yang lebih berlipat ganda.

Artikel bisnis lainnya : Bisnis agen kuota

Bangun Branding

Dalam melakukan bisnis makanan ringan, sisi branding tidak boleh anda lupakan. Hal ini mengingat usaha tersebut memiliki pesaing yang sangat banyak. Coba bayangkan jika produk yang di jual biasa-biasa saja berapa % peluang untuk bisa laku? Pasti sangat sedikit.

Karena itulah, anda harus bisa membangun branding yang baik untuk memikat hati pembeli agar mau membeli makanan ringan yang dijual. Branding bisa dilakukan baik dari rasa ataupun kemasan.

Contoh makanan ringan yang anda jual memiliki rasa yang lebih kriuk jika dibandingkan dengan toko sebelah atau kemasan produk yang anda pasarkan terlihat lebih menarik daripada pesaing.

Penting : cara mendapatkan kepercayaan pelanggan

Dengan melakukan hal-hal tersebut, insyaallah saat anda menerapkan salah satu ide bisnis makanan ringan yang telah disebutkan diatas maka lebih berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih melimpah.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)