10 Tips Belajar Kelompok yang Efektif dan Tak Sia-sia

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Tips belajar kelompok yang efektif

Tips belajar kelompok yang efektif menjadi pembahasan yang menarik untuk disampaikan, terutama kepada para pelajar yang notabene sering mereka lakukan. Melakukan aktivitas belajar bersama memang keliatannya begitu mudah, tetapi pada faktanya justru sistem belajar model seperti ini malah berjalan tidak efektif.

Padahal, belajar kelompok jika dilakukan dengan baik mampu memberikan dampak positif baik dari sisi human relation ataupun kecerdasan ilmu bagi siswa itu sendiri. Supaya aktivitas belajarmu bersama teman-teman tak menjadi sia-sia berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba :

Tips Belajar Kelompok yang Efektif


1. Tentukan Teman Belajar yang Baik

Untuk belajar kelompok tentu kamukamu memb teman yang menjadi kelompok belajar bersama kamu. Sejatinya siapapun temanmu dapat diajak untuk bergabung bersama. Namun selektif memilih teman belajar itu juga perlu, pastikan mereka benar-benar mau, ikhlas, dan tulus belajar dan saling berbagi ilmu bersama kamu.

2. Tentukan Waktu Belajar

Sebelum memulai, rundingkan terlebih dahulu mengenai kapan waktu yang tepat untuk belajar kelompok. Jika hari itu adalah hari aktif sekolah, belajar kelompok dapat dilakukan saat itu juga di sekolah tersebut, mengingat fasilitas yang lebih mendukung. Tapi semua tetap bergantung pada kesepakatan dengan teman belajarmu, ingin belajar saat ini, sepulang sekolah ataukah malam hari?

Pertimbangkan juga lokasi rumah teman-teman kamu. Jangan sampai belajar kelompok di waktu malam, sementara tempat tinggal kawanmu amatlah jauh. Ia bisa saja pulang terlarut malam yang bisa-bisa membahayakan keselamatan dirinya. (Terutama bagi perempuan)

3. Tempat Belajar yang Strategis

Pemilihan tempat belajar yang tepat juga menjadi faktor penentu apakah proses belajar bisa berjalan dengan baik ataukah tidak. Rapatkan dengam teman-temanmu mengenai lokasi yang tepat untuk kegiatan belajarmu bersama teman-teman.

Pertimbangkan jarak tempuh antara rumah ke tempat belajar, usahakan jaraknya tak terlalu jauh agar pulangnya juga tak terlalu larut malam. Selain itu pilih lokasi yang membuat kamu dan teman-teman merasa nyaman untuk belajar disana.

4. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan kalian melakukan belajar kelompok. Apakah hanya untuk mengerjakan tugas/pr dari guru? Ataukah juga saling berbagi materi pelajaran yang akan dipelajari besok? Ada baiknya tetapkan terlebih dahulu agar belajar yang dilakukan lebih efektif dan terfokus pada tujuan.


5. Lama Belajar

Tentukan lama belajar yang pas agar proses belajar tak terasa membosankan. Jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lama.  Terlalu lama belajar tentu akan membuatmu merasa jenuh. Satu hingga dua jam dirasa sudah cukup untuk melakukan belajar kelompok.

6. Jangan Lupa Siapkan Perangkat Pendukung Belajar

Jangan sampai kamu belajar kelompok tanpa membawa apa-apa, hanya membawa badan saja. Perangkat pendukung belajar seperti buku, alat tulis, laptop, smartphone. Sesuaikan juga dengan tujuan utamamu melaksanakan belajar kelompok.

Contohnya jika tujuan awal yakni untuk mengerjakan tugas bahasa Indonesia, maka tentu saja peralatan yang harus dibawa adalah buku bahasa Indonesia. Akan lebih baik lagi juga membawa buku pendukung seperti KBBI dan juga PUEBI/EYD


7. Benar-benar Belajar

Saat belajar dimulai pastikan kalian benar-benar fokus pada tujuan utama, yaitu belajar. Hilangkan terlebih dahulu hal-hal yang membuat proses belajar menjadi terganggu sehingga membuat proses pembelajaran tak lagi efektif.

8. Tidak Perlu Tegang, Kamu Boleh Belajar Dengan Keadaan Serius Namun Santai.

Belajar tidak perlu terlalu tegang supaya tidak merasa jenuh. Namun tidak juga dibuat main-main. Tetap ciptakan kondisi belajar yang serius, tetapi tetap santai dan tidak membuat kalian merasa bosan.

9. Mengerti Tanggung Jawab Masing-Masing

Belajar kelompok akan percuma jika para anggotanya memiliki sifat egois dan memilih lepas tanggung jawab. Itulah mengapa pada pembahasan nomor satu admin menekankan untuk selektif memilih teman belajar yang benar-benar mau belajar dan mengerti tanggung jawab Masing-Masing di dalam suatu kelompok.  Jika sudah begini, hasilnya sudah pasti menjadi sia-sia. Tidak ada guna melakukan belajar kelompok.

10. Saling Berbagi Ilmu dan Bertukar Pikiran

Jangan pelit untuk berbagi ilmu dan membantu temanmu yang sulit dalam memahami tugas yang telah diberikan. Selain itu cobalah untuk saling bertukar pendapat mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari keesokan harinya. Biasanya setiap anggota memiliki pemahaman yang berbeda-beda dalam menangkap sebuah materi.

Itulah beberapa tips belajar kelompok yang efektif, semoga bisa bermanfaat dan berhasil dalam menerapkannya.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

2 Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)