7 Rekomendasi Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Rekomendasi Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia

Kali ini saya akan membahas mengenai rekomendasi sekolah pelayaran terbaik yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki laut yang begitu luas. Total sekitar 3,25 juta km persegi wilayah Indonesia adalah perairan.

Tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang begitu menakjubkan. Selain itu, bahari Nusantara dikenal akan keindahannya yang mempesona. Karena hal itulah banyak orang yang ingin langsung mengetahui seluk beluk dunia kelautan.

Termasuk juga diantaranya sebagian siswa SMA yang mempunyai cita-cita bekerja langsung di dunia pelayaran atau kelautan. Apa hal tersebut bisa diwujudkan? Tentu sangat mungkin. Bagaimana caranya?

Tentu dengan menempuh pendidikan terlebih dahulu ke sekolah pelayaran. Baik itu untuk program diploma maupun sarjana. Di Indonesia ada beberapa sekolah tinggi pelayaran yang mempunyai kualitas ungggu. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini :


Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia 2018

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta

Sekolah pelayaran yang berlokasi di ibukota ini berdiri langsung di bawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Para taruna dan taruni di STIP Jakarta harus menjalani pendidikan selama delapan hingga empat belas semester.

Selain menyelenggarakan program studi pendidikan, STIP Jakarta juga menyelenggarakan program pelatihan diklat kepada para taruna. Sekolah ini juga dikenal sebagai salah satu sekolah pelayaran tertua di Indonesia.

Baca juga : biaya kuliah STIP Jakarta


2. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar


Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar merupakan sekolah pelayaran terbaik di Makassar. PIP Makassar pertama kali didirikan sejak tahun 1921 dengan beberapa perubahan pada nama instansi pendidikan tersebut.

Soal fasilitas pasti sudah sangat mendukung. Sekolah pelayaran yang telah mendapatkan akreditasi B dari BAN PT ini mempunyai beberapa sarana dan prasarana pendukung diantaranya yaitu engine room control, kolam, full mission ship simulator, dan masih banyak lagi. Wah, keren banget ya!

Rekomendasi : sekolah penerbangan terbaik di Indonesia

3. Akademi Maritim Cirebon

Akademi Maritim Cirebon merupakan salah satu sekolah bidang pelayaran terbaik di Jawa Barat. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Cirebon dan berdiri sejak 1986.

AM Cirebon sendiri memiliki tiga program studi yaitu teknika, nautika, dan ketalaksanaan pelayaran niaga. Para lulusan SMA/SMK/MA/MAK dididik dan dilatih untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar bidang keahlian Nautika dan Teknika serta ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang profesional dan siap pakai dalam waktu yang singkat.

4. Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang

Buat kamu otora Banten dan sekitarnya, bisa mencoba menempuh pendidikan pelayaran di BP2IP Tangerang. Ada dua jurusan yang bisa kamu pilih pada sekolah ini yaitu teknika dan nautika dengan berakreditasi B.

Menjadi taruna di sana, kamu bakal mendapatkan berbagai fasilitas yang mendukung pendidikanmu. Adapun fasilitas tersebut diantaranya simulator, laboratorium, ruang belajar, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Top 10 : universitas terbaik di Indonesia

5. Akademi Maritim Nusantara

Awalnya akademi ini awalnya berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah namun atas berbagai pertimbangan akhirnya kampus Akademi Maritim Nusantara dipindahkan ke Cirebon Jawa Barat. Dengan akreditasi B dari BAN PT, AMN Cirebon memiliki 3 program studi yaitu pengelolaan pelabuhan, nautika, dan teknika.

Sementara itu untuk biaya kuliah sendiri, kamu harus membayar total uang sekitar 10 juta rupiah. Dana tersebut digunakan untuk membeli seragam, yang SPP setiap tahunnya, SPA, dan DPK. Bagaimana, menurutmu mahal atau tidak?

6. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Sama seperti Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang juga berdiri di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Politeknik bidang  pelayaran yang satu ini menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Tengah.

Para anggotanya dididik untuk menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan untuk memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mempunyai 3 program studi yaitu teknika, nautika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

7. Politeknik Pelayaran Surabaya

Politeknik Pelayaran Surabaya berdiri sejak tahun 1982. Dari rentang tahun 1982 hingga 2012 politeknik tersebut telah meluluskan lebih dari 70 ribu pelaut handal dan juga profesional.

Sementara itu, soal akreditasi BAN PT telah memberikan nilai B  untuk kampus tersebut. Politeknik Pelayaran Surabaya membuka prodi yang berjenjang Diploma 3 (D3) yakni teknika, nautika, dan juga  elektro pelayaran.

Prospek Kerja

Jangan khawatir mengenai masa depanmu jika kelak sudah lulus dari sekolah tersebut. Alumni pelayaran paling banyak dibutuhkan di dunia kerja saat itu baik itu instansi pemerintah maupun swasta. Selain bekerja langsung di laut, kamu pun bisa kok bila hanya berkeinginan untuk bekerja di pelabuhan saja.


Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia, semoga bermanfaat dan silakan bagikan ke teman-teman lainnya agar mereka bisa mengetahui tentang apa yang mungkin belum diketahui.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)