7 Ide Bisnis Bidang Peternakan yang Menguntungkan

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Ide bisnis bidang peternakan

Ada banyak sekali bisnis bidang peternakan yang bisa anda coba sehingga menghasilkan keuntungan yang melimpah. Memelihara hewan peliharaan sebaiknya tidak hanya dimanfaatkan untuk kesenangan belaka. Tetapi cobalah dikembangkan untuk menjadi ladang bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.

Apalagi bagi anda yang memang hobi dalam beternak, tentu saja anda akan semakin nyaman dalam menjalani usaha yang satu ini. Bisnis peternakan dapat dimulai dari pekarangan rumah kita sendiri dengan menyediakan hewan yang nantinya akan dikembangbiakkan untuk dijual dikemudian hari.

Berikut ini beberapa ide usaha peternakan yang bisa anda jalankan :

Ide Bisnis Bidang Peternakan

1. Ternak Ikan Lele

Ikan lele merupakan jenis ikan yang banyak hidup di air tawar. Ikan yang satu ini cukup digemari oleh banyak orang sehingga memberi peluang bisnis ternak lele menjadi sukses kedepannya.

Selain itu ikan lele juga memiliki masa panen yang lebih cepat dan juga dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda dapat memulai bisnis ini dengan membuat kolam ikan di area depan rumah anda.

2. Ternak Sapi

Selain daging ikan, daging sapi juga merupakan olahan makanan yang banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi saat menjelang hari raya Idul Adha, kebutuhan akan daging sapi tentunya semakin meningkat yang digunakan untuk kebutuhan kurban.

Berbagai olahan makanan seperti rendang, semur daging, sate, dan masih banyak lagi diolah menggunakan bahan dasar daging sapi. Jadi, hal ini membuktikan bahwa bisnis peternakan sapi dapat menjanjikan keuntungan yang besar jika dijalankan dengan sebaik mungkin.

3. Ternak Ayam

Saya rasa, anda sudah mengetahui betul bagaimana bentuk dari hewan yang satu ini. Ayam merupakan hewan unggas yang paling banyak dipelihara oleh orang-orang Indonesia. Selain itu, ayam pun juga bisa dimanfaatkan baik itu kepalanya, sayapnya, tubuhnya untuk dibuat menjadi makanan yang tentu saja semakin meningkatkan selera makan anda.

Berbisnis ternak ayam sangat mudah untuk dilakukan, asalkan anda benar-benar mengetahui bagaimana cara merawat dan mengembiakan hewan tersebut dari bertelur hingga dewasa. Bisnis ini dapat dijalankan dari pekarangan rumah dengan membuat sebuah kandang yang digunakan untuk tempat ayam-ayam tersebut hidup sembari sesekali dibiarkan hidup di alam.

4. Ternak Bebek

Tak hanya ayam, hewan unggas lainnya seperti bebek juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah bisnis peternakan yang bisa menghasilkan laba yang cukup besar. Kita ketahui, bahwa bebek dapat menghasilkan telur yang nantinya diolah hingga menjadi telur asin yang selama ini sering kita konsumsi.

Tak hanya telurnya saja, dagingnya pun bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Karena hal itulah hewan bebek dapat anda manfaatkan untuk berbisnis di bidang peternakan.

5. Ternak Kambing

Daging kambing juga merupakan salah satu bahan yang sering diolah menjadi berbagai hidangan kuliner yang lezat dan juga nikmat. Diantaranya yaitu gule kambing, soto kambing, steak kambing, sate kambing dan masih banyak lagi.

Hal itu menjadi alasan mengapa bisnis ternak kambing patut untuk anda coba karena dibutuhkan oleh banyak orang sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Terlebih lagi pada momen perayaan Hari Raya Idul Adha, keuntungannya pun semakin berlipat ganda selaras dengan semakin larisnya daging kambing yang anda jual.

Baca juga : modal usaha ternak kambing

6. Ternak Burung Kicau

Bisnis ini memang skalanya kecil, namun jika dilakukan secara konsisten bukan tidak mungkin akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Burung kicau memang jarang sekali dimanfaatkan daging atau telurnya untuk dikonsumsi, namun suara kicau dari burung dapat menjadi nilai yang membawa keuntungan dari bisnis ternak burung kicau yang anda jalani.

Dengan kicau yang menarik membuat burung tersebut lebih mudah dalam memenangkan perlombaan sehingga bisa mendapatkan pemasukan yang lebih besar. Beberapa burung kicauan yang layak untuk diternakkan diantaranya lovebird, parkit, perkutut, gelatik, dan juga jalak nias.

7. Ternak Jangkrik

Meskipun bentuknya kecil, tetapi hewan yang satu ini juga bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan apabila diternakkan dengan sebaik mungkin. Jangkrik sangat dibutuhkan oleh orang untuk digunakan sebagai konsumsi hewan peliharaan mereka seperti burung.

Selain itu, jangkrik biasanya juga digunakan sebagai umpan pancing pengganti selain cacing tentunya. Bisnis bidang peternakan yang satu ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar karena dapat dengan mudah ditemukan di alam.

Baca juga : bisnis franchise


Penutup

Tak hanya ketujuh hewan tersebut masih banyak hewan-hewan lainnya seperti cacing, kroto, kelinci, dan sebagainya. Namun apapun bisnis atau usaha yang anda jalankan lakukanlah dengan penuh konsistensi sehingga bisa menuai hasil yang maksimal kedepannya.

Semoga artikel mengenai 7 ide bisnis bidang peternakan ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari referensi mengenai bisnis yang berhubungan dengan dunia ternak, selamat berbisnis!

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

3 Comments

  1. Kirain ternak blog masuk kategori gan. Wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. Saya punyanya lele bang di rumah

    ReplyDelete
  3. wah ide peternakan yang menarik nih, bisa dibilang omzet juga bakal gede uhhuuyyy

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)