7 Rekomendasi Sekolah Penerbangan di Indonesia

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sekolah penerbangan di Indonesia

Sekolah penerbangan di Indonesia - Apakah kamu bercita-cita sebagai seorang pilot? Yang dapat menerbangkan sebuah pesawat di udara dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lainnya. Sungguh sangat mengasyikkan.

Dengan seragam khas seorang pilot, kamu memegang kemudi pesawat dan menerbangkannya mengudara ke seluruh penjuru dunia. Dengan ditambah gaji pokok dan tunjangan seorang pilot, kamu semakin mapan dengan pekerjaan tersebut.

Namun tak semudah membalikkan telapak tangan untuk bisa menjadi penerbang si burung besi tersebut. Setelah lulus SMA, kamu harus mengikuti pendidikan pilot di sekolah penerbangan.

Setelah lulus pendidikan, jam terbangmu masih harus ditambah sebelum benar-benar resmi diangkat menjadi seorang pilot. Bagi kamu yang berkeinginan menjadi seorang pilot, sekolah-sekolah penerbangan di Indonesia berikut ini bisa anda pilih untuk menjalankan pendidikan di sana.


Daftar Sekolah Penerbangan di Indonesia

  • Eagle Air Indonesia

Eagle Air Indonesia
sumber gambar : eagleairindonesia.com
Eagle Air Indonesia merupakan salah satu sekolah pilot yang berlokasi di Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Pluit Raya No. 132 X-Y, Penjaringan, RT.6/RW.8, Penjaringan. Sebenarnya dahulu sekolah ini didirikan oleh seorang pilot asal Filipina yaitu Captain Rodante Alix dari tahun 1990.

Di Eagle Air Indonesia, kamu bakal ditempa untuk menjadi seorang pilot yang aman, bertanggung jawab, dan memiliki kompetensi yang sangat baik dalam melayani seluruh penerbangan komersil dunia. Di sekolah tersebut kamu bakal menempuh pendidikan selama 8 - 10 bulan tergantung bagaimana peningkatan kemampuanmu selama menjalani pendidikan dan pelatihan tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa menjadi bagian dari Eagle Air Academy. Kamu harus berusia setidak-tidaknya 18 tahun, memiliki tubuh yang sehat dan fasih dalam berbahasa inggris. Siapkan dana sebesar 40 ribu US$ atau sekitar 600 juta rupiah untuk bisa menempuh pendidikan di sana.


  • Bali Internasional Flight Academy

Bali Flight Academy
Image source : baliflightacademy.com

Terletak di provinsi Bali, sekolah penerbangan yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik di negara Asia. Diatas lahan seluas 700 M2, kamu mendapatkan pelatihan untuk bisa mengemudikan pesawat terbang dengan fasilitas lengkap berstandar internasional.

Di BIFA, kamu akan menjalani proses pendidikan dan juga pelatihan selama 1,5 tahun dengan biaya sekitar 670 juta (belum termasuk biaya pendaftaran). BIFA menjalin kerjasama langsung dengan maskapai Garuda Indonesia sehingga para lulusannya otomatis langsung direkrut menjadi pilot pesawat Garuda.

Jika ingin masuk ke Bali Internasional Flight Academy dan menjalani pendidikan disana, kamu harus melewati beberapa tahapan seleksi yang sangat ketat. Adapun tes tersebut yaitu tes kesehatan, tes psikotes, tes auri, tes aeromedex, dan tes TOEIC dengan skor minimal 600. Selain itu kamu juga harus memiliki tinggi minimal 160 cm dan telah berusia 17 tahun.

  • Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug (STPI Curug)

STPI Curug
gambar diambil dari : stpicurug.ac.id

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia juga merupakan tempat terbaik bagi seseorang yang ingin menjalani studi untuk menjadi seorang pengemudi pesawat. Sekolah ini berlokasi di Curug, Banten dan menjadi sekolah kedinasan yang berdiri dibawah Kementerian Perhubungan.

Untuk menjadi salah satu taruna di STPI, kamu harus melewati beberapa tahapan seleksi. Tes tersebut yaitu akademis, kesehatan, psikotes, dan wawancara. Terdapat 4 jurusan yang bisa kamu pilih yaitu penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, dan manajemen penerbangan.

Persaingan untuk bisa lulus seleksi STPI Curug terbilang sangatlah ketat. Setiap tahunnya sekolah ini menerima hanya 20 taruna saja. Karena itulah kamu perlu mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin agar kemungkinan diterima sekolah penerbangan tersebut semakin besar.


  • Aero Flyer Institute

Sumber : aeroflyer.co.id

Sekolah penerbangan ini didirikan pada tahun 2006 dan menjadi salah satu sekolah pilot swasta terbaik di Indonesia. Aero Flyer Institute  berdiri dibawah naungan dari maskapai pesawat terbang Batavia Air.

Bandara Budiarto Tangerang menjadi landasan yang digunakan untuk pelatihan para calon pilot-pilot tanah air. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap dan pastinya berstandar internasional.

Beberapa tahapan seleksi juga harus kamu lalui jika ingin menempuh pendidikan di Aero Institute mulai dari tes kesehatan, psikotes, TOEIC (min 600). Kamu juga harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki tinggi badan 160 cm. Siapkan uang sekitar 850 juta jika ingin belajar dan berlatih di sekolah penerbangan tersebut.


  • Bandung Pilot Academy

Source : jabar.tribunnews.com

Bandung Pilot Academy merupakan sekolah pilot yang berlokasi di Jalan Pajajaran No.154 A Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Sekolah penerbangan Bandung yang satu ini didirikan pertama kali 10 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2008. Di sini kamu akan dididik untuk menjadi seorang pilot yang berkualitas, berkompeten, serta siap kerja di dunia penerbangan.

Adapun persyaratan umum bagi seseorang yang ingin mendaftarkan diri sebagai akademi sekolah tersebut diantaranya sehat jasmani dan juga rohani, pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat, dan juga telah berusia 17 tahun. Selain itu, pendaftar tidak boleh buta warna dan tidak pernah terlibat dalam narkoba ataupun tindak kriminal lainnya.

Seluruh pendaftar diwajibkan untuk mengikuti beberapa tahapan tes kualifikasi yakni tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, tes bakat terbang, wawancara, tes psikologi, dan tes kesehatan. Biaya pendidikan di Bandung Pilot Academy juga begitu fantastis yakni mencapai hampir 900 juta rupiah.

Baca juga : daftar sekolah inklusi di Jakarta

  • Alfa Flying School

Alfa Flying School
Image source : alfaflyingschool.co.id

Alfa Flying School merupakan sekolah penerbangan yang berlokasi di Jakarta Timur. Bandara Halim Perdanakusuma menjadi tempat pelatihan bagi mereka yang sedang menjalani pendidikan di Alfa Flying School.

Dengan visi menjadi sekolah penerbangan yang memberikan kontribusi besar di dunia penerbangan Indonesia, taruna akan didik untuk menjadi lulusan yang berkualitas dan profesional. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari Pesawat latih Cessna 152, Simulator Redbird MCX, ruang kelas, dan tentu saja asrama.

Durasi pendidikan selama 1,5 tahun dengan biaya sekitar 765 juta. Kamu bakal mendapatkan lisensi PPL, CPL, dan IR bila berhasil lulus pendidikan dan juga pelatihan di sekolah tersebut. Namun sebelum itu beberapa tahapan tes harus dilalui terlebih dahulu. Dimulai dari tes kesehatan, tes psikotes, tes akademik, tes attitude, hingga tes TOEIC dengan skor minimal 400.


  • Politeknik Penerbangan Surabaya

Politeknik Penerbangan Surabaya
Sumber gambar : poltekbangsby.ac.id

Selain STPI Curug, Politeknik Penerbangan Surabaya juga merupakan sekolah penerbangan di Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Politik Penerbangan Surabaya memiliki beberapa program studi diantaranya yaitu D3 Teknik Pesawat Udara, D3 Teknik Bangunan dan Landasan, serta D3 Manajemen Transportasi Udara.

Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya biasanya berbarengan di STPI Curug di setiap tahunnya. Jadi, kamu harus memilih salah satu karena keduanya berada dibawah naungan Kementerian yang sama.

Untuk bisa menjadi taruna di sekolah kedinasan tersebut, kamu harus melewati beberapa tahapan tes dan memenuhi beberapa kriteria diantaranya tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Selain itu pendaftar tidak diperbolehkan bertato ataupun bertindak. Secara umum, tes yang dilakukan tidak jauh berbeda seperti tes masuk ke STPI Curug.

Rekomendasi lainnya : Homeschooling terbaik di Indonesia


Untuk mengemban amanah menerbangkan pesawat terbang memang memerlukan perjalanan panjang. Setidaknya calon pilot harus memiliki pengalaman terbang 150 jam latihan untuk pesawat komersial profesional. Semua itu tentu saja bermula dari sejak kamu lulus SMA dan melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan.

Semoga artikel mengenai rekomendasi sekolah penerbangan di Indonesia yang sudah penulis jelaskan diatas bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari sekolah terbaik untuk mewujudkan impian menjadi seorang pilot, salam sukses!

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)