5 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak yang Harus Dilakukan Orang Tua

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Bagaimana tips memilih sekolah untuk anak? Ketika anak memasuki usia sekolah, orang tua harus benar-benar terlibat di dalam memilihkan sekolah untuk anak-anaknya.

Secara usia, mereka tentu saja masih belum dewasa sehingga sangat diperlukan pendampingan oleh para orang tua. Anak-anak masih belum bisa beradaptasi dengan baik dan juga belum mampu memilih sendiri sekolahnya.


Peran orang tua dimulai dari memilihkan sekolah dasar untuk si buah hati. Banyak hal yang sebaiknya dipertimbangkan Mulai dari biaya, lokasi, akreditasi, lingkungan sekolah. Dalam mencari sekolah terbaik untuk anak, ada baiknya orang tua melakukan beberapa tips berikut ini :


Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

1. Pemilihan Lokasi yang Tidak Terlalu Jauh

Sebenarnya untuk anak-anak, mereka tidak perlu disekolahkan di tempat yang jauh.  Cukup sekolahkan di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah.

Tujuannya agar mereka bisa lebih mudah terpantau bagaimana perkembangannya selama berada di sekolah. Selain itu menjemput anak bisa lebih mudah dan tidak perlu menghabiskan terlalu banyak bensin untuk menuju ke sekolah.

2. Pertimbangkan Juga Akreditasi Sekolah

Akreditasi adalah suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan negeri dan/atau swasta. Nilai akreditasi biasanya berbentuk A, B, C, D, E, atau belum terakreditasi. Nilai A menunjukkan semakin tinggi nilai akreditasi yang didapatkan, sementara itu semakin menuju ke E maka nilainya juga semakin rendah.

Mengapa mempertimbangkan akreditasi itu penting? Dengan mengetahui akreditasi kita tau bagaimana kualitas dari sekolah tersebut. Semakin tinggi nilai akreditasi sekolah tersebut, maka membuktikan bahwa sekolah tersebut memiliki kualitas yang bagus baik dari sisi pengajar, infrastuktur, kurikulum, dan lingkungan sekolah.

3. Keamanan Sekolah

Keamanan sekolah juga menjadi hal penting yang patut dipertimbangkan oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Keamanan menjadi hal penting yang patut diperhatikan demi keselamatan anak anda sendiri.

Pastikan sekolah memiliki satpam dalam jumlah yang cukup guna menjaga keamanan siswanya selama berada di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

4. Kondisi Keuangan

Jangan terlalu memaksakan untuk menyekolahkan anak ke sekolah yang memiliki tarif mahal sekalipun itu sekolah favorit jika dana yang tersedia tidak cukup. Lebih baik carikan yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama baiknya.

Menjalani pendidikan di sekolah favorit belum tentu membuat anak menjadi lebih berkembang di sekolah tersebut. Masih banyak sekolah murah bahkan gratis namun memiliki kualitas yang sangat baik.

5. Cek Langsung di Lingkungan Sekolah

Cara ini mungkin yang paling terbaik untuk benar-benar mastikan apakah sekolah benar-benar memiliki keadaan lingkungan yang baik. Anda juga bisa memantau langsung bagaimana proses belajar mengajarnya.

Selain itu, fasilitas sekolah bisa diketahui jika anda langsung mengunjungi sekolah tersebut. Semakin lengkap fasilitasnya, maka hal tersebut semakin menunjang pembelajaran yang lebih baik. Beberapa fasilitas yang harus ada setidaknya ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, musholla, ruang kelas, laboratorium, kamar mandi/WC, dan lapangan parkir.


Penutup

Mana yang sebaiknya di pilih? Sekolah negeri atau swasta? Banyak yang menganggap bahwa sekolah negeri itu jauh lebih baik dari swasta. Padahal belum tentu juga, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang terlalu buruk. Semua sama saja, tergantung bagaimana murid tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan berprestasi di sana. 

Dengan melakukan tips memilih sekolah untuk anak di atas, insyaallah anak-anak anda bisa mendapatkan sekolah yang baik  dan bisa tumbuh menjadi anak cerdas yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)