Daftar Sekolah Inklusi di Jakarta dan Alamatnya

August 23, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Daftar Sekolah Inklusi di Jakarta dan Alamatnya

Banyak sekali daftar sekolah inklusi di Jakarta yang bisa bapak/ibu coba untuk menyekolahkan anak-anaknya yang memiliki kebutuhan khusus seperti tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita, tuna laras, tuna daksa, serta anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental. Secara sekilas, mungkin anda menganggap sekolah ini adalah sekolah luar biasa namun sejatinya keduanya memiliki perbedaan.

Perbedaan kedua jenis sekolah ini terletak di siswa-siswi yang bersekolah di sana. Sekolah Luar Biasa atau yang dikenal sebagai SLB memang hanya ditujukan bagi mereka yang mempunyai kebutuhan khusus seperti yang telah disebutkan diatas. Proses cara mengajarnya pun tentu sangat berbeda dengan apa yang diajarkan di sekolah-sekolah pada umumnya.


Lalu bagaimana dengan sekolah inklusi?
Sekolah inklusi sejatinya masih tergolong baru dibandingkan dengan sekolah luar biasa yang sedari lama sudah didirikan di negeri kita. Sekolah ini juga berisi siswa yang berkebutuhan khusus, namun perbedaannya pada sekolah inklusi baik siswa normal maupun (mohon maaf) kurang normal semua dapat bersekolah di sana.

Tujuan didirikannya sekolah inklusi sudah barang tentu untuk menyamaratakan hak seseorang dalam memperoleh pendidikan.  Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 31 yang mengamanatkan jika setiap orang berhak memperoleh manfaat yang maksimal dari proses pendidikan.

Sekolah ini keberadaannya masih belum terlalu banyak dibandingkan dengan sekolah luar biasa, umumnya hanya terletak di kota-kota besar seperti Jakarta diantaranya yaitu :


Daftar Sekolah Inklusi di Jakarta


  • Sekolah Aluna 
Alamat : Jalan Kebagusan Dalam 4 No 34A, RT.7/RW.4, Kebagusan, Pasar Minggu, RT.7/RW.4, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520

  • Saraswati Learning Center
Alamat : Jl. Cempaka Putih Tengah XVII No.Blok F/19, RT.1/RW.5, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510

  • Sekolah Citra Alam
Alamat : Jl. Cempaka Putih Tengah XVII No.Blok F/19, RT.1/RW.5, Cemp. Putih Tim., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510

  • SMP Negeri 226 Jakarta
Alamat : Komplek TNI AL Pangkalan Jati, Jalan Kayu Kapur No. 2, Pondok Labu, Cilandak, RT 8/RW 6, Pondok Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450


Penutup

Jadi bagi anda yang memiliki buah hati yang memiliki kebutuhan khusus namun sangat ingin belajar di sekolah umum, bisa mendaftarkannya ke sekolah tersebut. Disana anak-anak bisa berkumpul dan belajar bersama tanpa rasa minder karena proses belajar mengajar tentu disesuaikan dengan kemampuan si anak yang notabene tidak sama seperti anak pada umumnya.

Demikian sedikit informasi mengenai daftar sekolah inklusi di Jakarta, semoga bermanfaat bagi anda.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)