Top 10 Daftar Universitas di Indonesia 2018 Versi Kemenristekdikti

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Top 10 Daftar Universitas di Indonesia

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin berbagi informasi kepada pembaca mengenai top 10 daftar universitas di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Di Indonesia kita dapat menemukan berbagai macam perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Ada 5 jenis perguruan tinggi yang sudah lama berdiri, yakni universitas, politeknik, institut, sekolah tinggi, dan juga akademi.

Untuk universitas sendiri, kamu bakal menemukan banyak sekali fakultas dan jurusan karena sifatnya yang universal. Di universitas, ada dua jenis pendidikan yang diajarkan yaitu pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Sementara untuk institut, menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sama seperti universitas. Namun yang membedakan, fakultas yang terdapat di institut berasal dari satu rumpun ilmu saja.

Dari sekian banyak PTN yang ada di tanah air, tentunya beberapa ada yang terbaik berdasarkan kriteria tertentu. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 yang lalu, Kemenristekdikti memberikan penilaian terhadap perguruan tinggi di Indonesia yang didasarkan pada 5 komponen yakni : kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan kualitas inovasi.

Kampus mana sajakah yang dianggap terbaik berdasarkan penilaian tersebut? Berikut adalah daftarnya


Top 10 Daftar Universitas di Indonesia

Sumber gambar : bangka.tribunnews.com

1. Institut Teknologi Bandung (Skor 3,57)

Peringkat pertama universitas terbaik di Indonesia diduduki oleh Institut Teknologi Bandung. ITB pertama kali didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 dan menjadi kampus berbasis teknik pertama dan tertua di Indonesia. Kampus ITB berpusat di Bandung, Jawa Barat dan memiliki jumlah mahasiswa mencapai 19.747 (data tahun 2014).

Fakultas dan sekolah yang terdapat di Institut Teknologi Bandung berjumlah sekitar 7 fakultas dan 5 sekolah dimana hampir seluruhnya didominasi bidang teknologi. Adapun fakultas-fakultas tersebut yaitu Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), dan juga Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL).

Sementara untuk sekolahnya yakni Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), serta Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) 

2. Universitas Gadjah Mada (Skor 3,54)

Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM pertama kali didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan menjadi salah satu Universitas tertua di Indonesia.

Di UGM terdapat 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan jumlah prodi mencapai 251 program studi. Dengan kantor pusat di Kampus Bulaksumur Daerah Istimewa Yogyakarta, universitas yang satu ini menjadi salah satu yang terbaik di negara kita.

3.Institut Pertanian Bogor (Skor 3,41)

Mendengar nama IPB tentu kamu langsung berpikiran tentang pertanian. Memang benar, Institut Pertanian Bogor atau yang disingkat menjadi IPB adalah kampus pertanian terbaik di Indonesia. Namun tahukah kamu? Dulunya IPB bukanlah kampus, melainkan sebuah fakultas yang berdiri di bawah naungan Universitas Indonesia.

Baca juga : Tips memilih sekolah untuk anak

Baru pada tanggal 1 September 1963. Presiden Indonesia yang pertama, Ir Soekarno, melakukan peresmian dengan meletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri. Kini IPB semakin berkembang dan sudah memiliki banyak fakultas dan sekolah vokasi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di sana.

4. Universitas Indonesia (Skor 3,28)

Universitas Indonesia merupakan perguruan tinggi negeri yang berpusat di Depok, Jawa Barat. Universitas Indonesia menjadi kampus dengan konsep yang  modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Didirikan sejak tahun 1849 (dulu bernama Dokter-Djawa School Batavia) sebelum akhirnya pada tahun 1954 berganti nama menjadi Universitas Indonesia hingga saat ini, kampus tersebut telah memiliki 14 fakultas, 1 program vokasi, 1 sekolah KSG, serta 1 sekolah ilmu lingkungan. Universitas ini juga sering menorehkan prestasi di ajang internasional diantaranya menjadi peringkat ke 67 Asia versi QS tahun 2017.

5. Universitas Diponegoro (Skor 3,12)

Daftar Universitas di Indonesia yang terbaik selanjutnya yaitu Universitas Diponegoro yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Universitas Diponegoro (UNDIP) pertama kali didirikan pada tahun 1957 namun baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961.

Perguruan Tinggi Negeri tersebut kini sudah memiliki 11 fakultas yaitu kedokteran, teknik, perikanan dan ilmu kelautan, sains dan matematika, ekonomi dan bisnis, peternakan dan pertanian, hukum, ilmu budaya, ilmu sosial dan ilmu politik, kesehatan masyarakat, serta psikologi. Universitas Diponegoro juga tercatat di peringkat 501-550 di daftar QS World University Rankings.

Sementara itu untuk peringkat 6-10 top 10 daftar universitas di Indonesia ditempati oleh :

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Skor 3,10)
  • Universitas Airlangga (Skor 3,03)
  • Universitas Hasanuddin (Skor 2,99)
  • Universitas Padjadjaran (Skor 2,95)
  • Universitas Andalas (Skor 2,88)

Terbaik lainnya : Homeschooling terbaik di Indonesia


Penutup

Apakah kamu berkeinginan untuk menjadi salah satu mahasiswa di sana? Jika iya kamu harus berjuang lebih keras. Mengingat status Perguruan Tinggi diatas adalah yang terbaik maka otomatis tingkat persaingan juga sangat tinggi.

Bila kamu tak mempersiapkannya dengan baik, sudah pasti cita-cita menjadi salah mahasiswa di universitas favorit hanyalah mimpi di siang bolong. Namun dengan niat, tekad, ikhtiar, dan disertai doa, niscaya impianmu untuk menjadi mahasiswa universitas diatas bakal terwujud. Aamiin

Itulah Top 10 Daftar Universitas di Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti, apakah kampusmu ada di daftar kawan?

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)