Tips Memilih Menu Mpasi yang Baik

June 17, 2021

Baca Juga Artikel Berikut Ini

tips memilih menu mpasi
Membuat menu MPASI 6 bulan untuk si Kecil haruslah dengan gizi seimbang. Berikut ini tips untuk memilih bahan yang baik untuk menu MPASI si Kecil.

 

1. Bernutrisi

Cara pertama memilih bahan untuk MPASI, yaitu memilih bahan yang memiliki kandungan kaya akan nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi adalah energi, protein, serta mikronutrien berupa vitamin dan mineral.

 

2. Rasa Tidak Terlalu Kuat

Untuk membuat MPASI, hindari menggunakan lada, garam atau penyedap rasa lainnya yang terlalu banyak. Karena bisa membuat MPASI terasa lebih kuat dan aromanya menyengat. Hal ini kurang baik untuk dikonsumsi bayi yang masih dalam masa pertumbuhan.

 

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Karena sistem pencernaan bayi masih dalam masa perkembangan, maka tidak boleh mengonsumsi makanan yang cepat saji atau makanan yang instan. Jika mengonsumsi bahan makanan yang instan, bayi bisa mengalami gangguan dalam sistem pencernaannya.

 

4. Pilih Sayur dan Buah yang Segar

Bahan untuk membuat MPASI yang baik adalah sayur dan buah. Karena sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral, yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Ada beberapa jenis sayur dan buah yang mudah untuk dihaluskan, sehingga bayi akan mudah mencerna makanan tersebut.

 

5. Bahan Makanan yang Bersih

Cara yang selanjutnya adalah memilih bahan makanan yang bersih, aman dan belum kedaluarsa. Selalu pastikan untuk mencuci sayur dan buah sampai bersih. Mom juga bisa membeli beberapa bahan MPASI di tempat yang menjaga kebersihan lingkungannya.

 

6. Pilih yang Disukai Bayi

Saat usia 6 bulan, bayi sudah bisa merasakan dan memilih makanan yang disukai. Sehingga berikan bahan MPASI yang disukai bayi, namun sesekali gantilah dengan kreasi bahan yang lainnya, agar bayi tidak mudah bosan dengan makanannya.

 

7. Harga yang Terjangkau

Cara yang terakhir adalah membeli bahan MPASI dengan harga yang terjangkau, mudah untuk didapatkan dan bervariasi. Karena bahan MPASI harus berganti-ganti, untuk mengenalkan makanan pada bayi dan untuk menghindari alergi.

 

Selain memberikan MPASI dengan gizi seimbang, Moms juga harus menerapkan feeding rule atau aturan makan yang baik. Untuk membuat si Kecil nyaman saat makan pastikan ia menggunakan popok nyaman. Salah satu popok bayi renyaman adalah Merries karena memiliki kelembutan yang membuat di kecil nayam. Selengkpanya tentang Merries di https://merries.co.id/ popok pilihan no 1 Ibu di Jepang.


Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)