8 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia 2019

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sekolah bisnis terbaik di Indonesia

Apakah perlu menempuh pendidikan di sekolah bisnis ingin terjun di dunia usaha? Masing-masing orang memang memiliki pendapatnya masing-masing. Ada yang berpandangan jika menjadi pengusaha itu tidak perlu sekolah, sesuai dengan pernyataan Almarhum Bob Sadino yang mengatakan bahwa :

"Ijazah sangat penting untuk mertua dan pekerjaan, namun tidak penting untuk seorang pengusaha" - Alm. Bob Sadino

Bob Sadino beranggapan bahwa ilmu lapangan jauh lebih baik daripada ilmu yang kita dapatkan di sekolah ataupun kampus. Dan tampaknya hal ini juga disetujui dan diamini oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Namun kaum yang berseberangan berpendapat bahwa ijazah juga penting untuk menggapai cita-cita menjadi pebisnis atau pengusaha. Pasalnya, di sekolah atau kampus seseorang akan diberikan dasar-dasar ilmu berwirausaha yang pada akhirnya setelah lulus nanti.

Namun apapun itu, kita harus tetap menghargai pendapat masing-masing orang. Nah, ngomong-ngomong soal bisnis, menurut data dari Badan Pusat Statistik, menunjukkan bahwa jumlah pengusaha di Indonesia mengalami peningkatan dari yang sebelumnya hanya sebesar 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah pendudukan Indonesia yang saat ini mencapai sekitar 250 juta jiwa.

Memang jumlahnya masih kalah jauh dari negara lain. Seperti contohnya negara tetangga kita Malaysia, dimana 6% dari total penduduknya. Sementara itu di negara Singapura, 7% penduduknya sudah menjadi seorang enterpreneur.

Hal tersebut membuktikan minat masyarakat Indonesia untuk terjun ke dunia wirausaha semakin meningkat setiap tahunnya. Dan untuk mewujudkan itu, kamu bisa menimba ilmu di sekolah bisnis yang daftarnya akan saya sampaikan sesaat lagi.

Jadi, Apa Saja Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia?

Untuk jenjang pendidikan menengah, mungkin kamu bisa masuk SMA jurusan IPS ataupun masuk ke SMK jurusan bisnis. Tetapi bagaimana untuk pendidikan tinggi? Ternyata beberapa kampus berikut ini menjadi tempat minimba ilmu bisnis di tanah air, apa saja itu?

1. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung


Sekolah bisnis dan manajemen ITB
Gambar via itb.ac.id
Selanjutnya masih dari Bandung, yakni Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. SBM ITB menyelenggarakan program sarjana dengan dua jurusan, yakni manajemen dan kewirausahaan. Sementara itu, pada program Pasca Sarjana, tersedia dua jurusan: Administrasi Bisnis dan Ilmu Manajemen. Bukan hanya sekadar itu saja, salah satu fakultas di ITB ini juga menyelenggarakan program doktor untuk jurusan manajemen.

Mahasiswa banyak melakukan penelitian yang berfokus pada kasus bisnis serta praktek manajemen perusahaan yang sukses terkemuka di Indonesia. Diharapkan para mahasiswa dan mahasiswinya mampu dan memiliki jiwa kewirausahaan dan yang pasti bisa melaksanakan visi dari SBM itu sendiri, yakni "Menjadi institusi kelas dunia yang memberi inspirasi serta mengembangkan pemimpin baru dengan semangat kewirausahaan".

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

FEB Universitas Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air. Begitu juga dengan jurusan kuliah yang ada di kampus ini. Sama seperti SBM ITB, FEB Universitas Indonesia juga mengadakan 3 jenis program perguruan tinggi mulai dari Sarjana, Pascasarjana, hingga Doktor. Dengan pengaruh internasional yang besar dari kampus lain di Indonesia, membuat kampus yang satu ini layak menyandang salah satu sekolah bisnis terbaik di Indonesia.

Dengan usia yang sudah lebih dari 60 tahun, wajar saja jika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mampu berkembang menjadi institusi terbaik di tanah air. Tak perlu khawatir, apabila kamu ingin belajar di kampus ini, pasti kamu mendapatkan fasilitas yang begitu lengkap dan menunjang kenyamanan belajar kamu.

3. IPMI International Business School

IPMI Internasional Business School

IPMI International Business School merupakan sekolah bisnis yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kampus ini juga memiliki pengaruh internasional yang begitu kuat dan bisa membuat jadi salah satu yang terbaik di Indonesia. IPMI Internasional Business School adalah tempat terbaik bagi kamu untuk mewujudkan mimpi sebagai seorang pengusaha sukses.

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM
Sumber gambar : ugm.ac.id

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada juga merupakan salah satu kampus terbaik untuk belajar ilmu bisnis. Selain itu, kampus ini juga memiliki reputasi yang apik di Indonesia. Bahkan fakultas ini telah mendapatkan akreditasi dari AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business) yang merupakan akreditasi yang menilai standar sekolah bisnis di seluruh Indonesia.

5. Young Entrepreneurs Academy Indonesia

YEA Academy
Image source : google maps

Young Entrepreneurs Academy Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi yang berlokasi di Bandung Jawa Barat. Di Perguruan tinggi yang satu ini mendidik serta melatih para peserta didik untuk dipersiapkan mental serta keilmuan dalam dunia Entrepreneurship atau wirausaha.

Dengan visi menjadi jembatan kemakmuran bagi bangsa Indonesia dengan menciptakan para wirausaha yang handal dan berintegrita, kampus ini telah banyak mencetak para entrepreneur yang handal nan luar biasa. Kampus Young Entrepreneurs Academy Indonesia sendiri sudah ada sejak 31 Oktober 2007 dibawah naungan PT Momentum Entrepreneur Mindset.

6. Binus Business School

Binus University
Binus University

Binus Business School merupakan salah satu sekolah bisnis swasta terbaik di Indonesia. Di BBS, kamu akan diajarkan berbagai program yang berorientasi pada bisnis. Diantaranya adalah Applied Finance, Startegy Marketing, dan juga business management yang ditargetkan untuk profesional muda. Binus memiliki komitmen agar mahasiswa dan mahasiswinya bisa memiliki keterampilan guna memenuhi tantangan lingkungan bisnis yang kini jauh semakin kompetitif. Untuk lokasi kampusnya sendiri berada di daerah Jakarta Selatan.

7. Sekolah Bisnis Universitas Ciputra

Universitas Ciputra
Sumber gambar : uc.ac.id

Universitas yang berlokasi Surabaya Jawa Timur ini didirikan dengan tujuan membentuk pengusaha yang mampu bersaing dalam dunia global dan juga masa depan. Pendiri dari kampus ini adalah Ir. Ciputra yang merupakan seorang pengusaha properti yang sukses dan menjadi founder beberapa perusahaan seperti Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group.

Bila kamu berkuliah di Universitas Ciputra, kamu tak hanya sekadar mendapatkan teori saja. Tetapi juga praktek enterpreneur dari awal perkuliahan hingga akhir perkuliahan. Berbeda dengan universitas lain yang masih berfokus untuk menciptakan pekerja terlatih, namun Universitas Ciputra telah membentuk pencipta lapangan kerja. Luar biasa bukan?

8. Bong Chandra School of Billioners


Bong Chandra merupakan seorang motivator terkenal  yang kini mendirikan lembaga pendidikan non formal dan berfokus mengajarkan dunia wirausaha. Peserta didik akan dididik selama 6 bulan lamanya dan bisa mengikuti pelajaran berkali-kali dan tentu saja gratis tanpa dipungut biaya. Di sana kamu bakal diajari tentang bisnis, finansial, dan beberapa hal yang berhubungan dengan dunia Entrepreneur lainnya.

Bagaimana, keren-keren bukan sekolahnya? Kamu bisa menempuh pendidikan di kampus atau sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang sudah saya sebutkan di atas agar bisa menjadi seorang pengusaha atau pebisnis sukses di Indonesia bahkan Internasional. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang tengah mencari tempat terbaik untuk belajar bisnis ya.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)