5 Sekolah Balet Terbaik di Indonesia 2019

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sekolah balet terbaik di Indonesia

Tahukah anda dimana sajakah sekolah balet terbaik di Indonesia? Sebagaimana yang kita ketahui, balet merupakan salah satu jenis tarian yang berasal dari Italia, namun pada akhirnya populer di negara Perancis. Gerakan balet memadukan antara tumpuan kaki, mimik wajah, jalan cerita, akting, musik, dan efek-efek lainnya. Dan jumlah penari balet pun semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Sama seperti jenis tarian yang lainnya. Balet juga memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang melakukannya, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Tetapi sedari kecil apabila si buah hati menunjukkan ketertarikannya, sebaiknya orang tua langsung memasukkan anak ke sekolah balet untuk mempelajari tentang bagaiabag cara melakukannya. Di samping itu, bagi anak-anak menari balet juga memberikan beberapa benefit diantaranya

  • Membentuk postur tubuh
  • Melatih daya ingat
  • Melatih fokus
  • Melatih keseimbangan
  • Meningkatkan kepercayaan diri

Sekolah Balet Terbaik di Indonesia

Sejatinya ada banyak sekolah balet atau sekolah tari di Indonesia, namun untuk yang terbaik ternyata tak terlalu jauh dari ibukota Jakarta. Bahkan salah satu tempat les balet yang akan saya jelaskan sesaat lagi ada yang telah berusia sangat tua bahkan tertua di Asia. Nah, bagi anda ataupun anak yang ingin menjadi penari balet profesional, yuk diintip 5 sekolah balet terbaik di Indonesia :

1. Namarina

Gambar via : Namarina,org

Seperti apa yang sudah saya singgung Sebelumnya, bahwa ada sekolah dance di Indonesia dengan usia yang sudah sangat tua bahkan tertua di Asia. Adapun sekolah tari balet tersebut adalah Namarina. Sekolah ini berlokasi di Jakarta Selatan dan menjadi institusi pendidikan non-formal yang bergerak di bidang tari ballet pertama di tanah air. Namarina didirikan oleh salah satu perintis balet tanah air yaitu Almarhumah Nanny Lubis pada tahun 1956.

Tak hanya tari balet saja, di Namarina murid juga diajarkan tentang bagaimana cara jazz dan juga fitnes untuk kebugaran tubuh. Hingga saat ini, Namarina telah tersebar di beberapa wilayah Jakarta, yakni Jl. Halimun (yang merupakan Studio Pusat), Tebet, Bintaro, Kebayoran, Jakarta Barat dan Pondok Indah yang dikelola oleh Sang Anak yaitu Maya Tamara.

2. Gigi Art of Dance

Sumber gambar : gigiartofdance,id

Sekolah balet terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Gigi Art Dance yang juga berpusat di daerah Jakarta Selatan. Sekolah tari yang satu ini pertama kali didirikan oleh Gianti Giadi yang merupakan seorang ibu sekaligus penari yang telah berkiprah di kancah internasional. Bukan sekadar menari balet saja, di sekolah ini anda akan diajarkan jenis-jenis tarian lainnya seperti Broadway Jazz, Pop Dance, RnB Style, Hip Hop, Bollywood, Belly Dance, dan juga Cuban Salsa.

Selain praktek, siswa atau siswi juga diajarkan secara teori mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia tari. Contohnya sejarah, komposisi, dan serba-serbi tari. Tidak lupa juga, anda pasti diajari tentang teknik-teknik menari. Harga sekolah balet ini mencapai 400 ribu per bulannya yang tentu saja sudah sebanding dengan apa yang akan didapatkan, baik secara ilmu maupun fasilitas.

3. Marlupi Dance Academy

MDA via Marlupi Dance Academy

Marlupi Dance Academy merupakan tempat belajar bagi calon penari profesional yang didirikan oleh Marlupi Sijangga, sang penari ternama di Indonesia. Pusat dari Marlupi Dance Academy berada di kota Jakarta dan kini telah hadir 40 cabang di seluruh wilayah Indonesia. MDA membuka kesempatan bagi anak-anak usia 2,5 tahun hingga untuk belajar tarian balet dan juga tarian-tarian yang lainnya.

Sekolah tari yang didirikan tahun 1965 di Surabaya ini menawarkan kurikulum pelatihan balet klasik secara teknik, pointer, adagio, dan variasi serta balet kontemporer yang meliputi teknik, improvisasi, dan juga kementrian. Selain itu, murid-murid juga diajarkan jazz, hip hop, koreografi, dan juga modern dance. Dan yang luar biasa, Sekolah dance ini sering meraih berbagai penghargaan di dunia internasional.

4. Dance Wave Center

Logo DWC via dancewavecenter,com

Dan yang keempat, sekolah balet terbaik di tanah air adalah Dance Wave Center yang berpusat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ada beberapa kelas di DWC diantaranya yaitu Hip Hop, Sexy Ladies, Jazz Dance, Belly Dance, Contemporary, Burlesque, dan Tribal. Bahkan sekolah ini telah mengadakan berbagai treatical dance yang begitu menakjubkan, salah satunya adalah The Dancewithin.

5. United Dance Work

uniteddanceworks.com

Jangan salah, meskipun baru didirikan pada tahun 2004, tetapi United Dance Work telah menjadi salah satu sekolah tari terbaik di Indonesia. United Dance Work didirikan oleh Adhisty Juliani Kampono dan Yessy Hutabarat pada tanggal 13 Februari 2004 dan berlokasi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Dari anak usia 4 tahun hingga orang dewasa semua bisa mengikuti les tari balet di United Dance Work. Selain balet, ada juga tarian-tarian kontemporer lainnya yang diajarkan. Bahkan anak-anak yang menjadi anggota United Dance Work ini seringkali dipercaya untuk menari di acara-acara meriah televisi nasional. Nah, siapa tau jika sudah belajar dan bergabung bersama UDW anda juga bisa ikutan menari di sana.

Sekarang sudah tau kan mana saja sekolah balet terbaik di Indonesia? Semoga setelah membaca ini, bisa membawa manfaat bagi anda dan juga yang lainnya. Silakan bagikan ke konten ini kepada yang lainnya agar mereka menjadi tau mengenai hal Sekian dan terima kasih.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)