Beragam Cara Blogger DCB Membangun Personal Branding yang Kuat

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Blogger DCB Membangun Personal Branding

Blogger dan personal branding sesungguhnya merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun, tak semua pengeblog peduli tentang hal tersebut. Ada blogger yang memang ingin dikenal oleh banyak orang, dan ada juga narablog yang keberadaannya memang tidak ingin diketahui dan hanya karya-karya tulisannya saja yang hadir serta bermanfaat untuk semua orang.

Sekali lagi itu adalah pilihan. Semua orang berhak untuk menentukan apa ia harus dan tidak harus dilakukan. Tetapi jika penulis boleh menyarankan, bila kamu memang seorang pengeblog, membangun personal branding merupakan hal yang sebaiknya dilakukan. Begitupun saya yang merupakan anggota Grup DCB (Diskusi Cerdas Blogger) juga melakukannya

By The Way, Grup DCB Itu Apa Sih?

Grup Diskusi Cerdas Blogger (DCB)

Grup DCB atau yang disingkat Diskusi Cerdas Blogger merupakan grup whatsapp yang didirikan sejak tahun 2017 dan dibentuk dengan tujuan agar para anggotanya bisa menuangkan ide, gagasan, dan kreatifitas mengenai dunia blogging. Meskipun baru bergabung ke grup tersebut, sungguh saya merasa senang bisa menjadi bagian dari kelompok orang-orang hebat yang ada di sana.

Di grup tersebut setiap anggota dapat saling bertanya dan menjawab pertanyaan, bertukar ide atau gagasan, memberikan solusi dan bantuan apabila ada anggota yang mengalami kesulitan. Sikap saling menghargai, menghormati, dan toleransi begitu terjunjung dengan baik. Selain itu, anggota Blogger DCB juga melakukan caranya masing-masing untuk membangun personal branding.

Apa Itu Personal Branding?

Mungkin, pembaca ada yang belum mengerti mengenai istilah ini atau bahkan masih terasa asing. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit pengetahuan kepada kalian mengenai hal tersebut. Personal Branding diaritkan sebagai pemasaran diri kepada banyak orang dengan tujuan supaya orang lain mengenali dan juga mengetahui apa yang menjadi ciri khas diri kita.

Jika personal branding berhasil dilakukan, pasti pernyataan-pernyataan ini kemungkinan besar bakal bermunculan

Oh, dia itu penulis ya?
Dia itu bloger berpenghasilan itu kan?
Dia itu youtuber dengan ciri khas...... Itu kan?

Semakin kuat personal branding seseorang, maka semakin banyak orang yang mengenalinya bahkan sudah hafal di luar kepala mengenai apa saja yang ada pada diri anda, yang menjadi ciri khas anda yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Definisi Personal Branding Menurut Para Tokoh

Itu tadi arti personal branding secara garis besar, selain itu para ahli juga mengutarakan pandangan-pandangan mengenai personal branding agar kamu menjadi semakin tau mengenai hal ini. Berikut beberapa para ahli yang berpandangan soal personal branding :

Kupta

Menurut Kupta, personal branding merupakan sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu gagasan cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain. Menurutnya juga, Personal Branding adalah segala sesuatu yang ada pada diri seseorang yang membedakan dan juga menjual.

Montoya, 2006

Montoya berpendapat bahwa personal branding merupakan sebuah seni dalam menarik dan juga memelihara lebih banyak klien dengan metode membentuk persepsi publik secara aktif.

Montoya dan Vandehey, 2008

Personal Branding adalah mengenai bagaimana mengambil kendali atas penilaian orang lain terhadap diri kita  sebelum ada pertemuan secara langsung.

Mobray, 2009

Personal branding adalah kemampuan memakai atribut-atribut secara bebas yang menunjukkan skill anda dalam mengatur harapan-harapan yang ingin orang lain terima dalam pertemuannya dengan anda

Ronal Susanto, 2010

Menurut Ronal Susanto, personal branding yakni suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang. Adapun aspek-aspek tersebut diantaranya adalah kemampuan, kepribadian atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus-stimulus ini menimbulkan persepsi yang positif dari masyarakat dan juga pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran.


Apa Keuntungan Membangun Personal Branding?

Anggota Blogger DCB telah mendapatkan banyak sekali keuntungan dari branding yang sudah mereka lakukan. Bahkan, beberapa diantara mereka ada yang berhasil mencatat prestasi yang luar biasa. Dari semula yang bukan siapa-siapa, menjadi seorang bloger yang patut diperhitungkan. Mereka begitu luar biasa dan hasil dari kerja keras dalam membangun personal branding setidaknya mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini :

  • Mereka Semakin Terkenal
  • Bisnis mereka semakin laris karena branding yang kuat
  • Nama blog atau situs mereka kini semakin melekat dipikiran, yang secara otomatis bisa meningkatkan jumlah pengunjung.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya...

Cara Bloger Membangun Personal Branding

Bagaimana cara blogger DCB membangun personal branding? Jawabannya tentu beragam. Pasalnya mereka memiliki versinya sendiri-sendiri. Namun secara umum, sebagai seorang pengeblog kamu bisa membangun personal branding dengan cara-cara seperti berikut ini :

1. Buat Profil Terlebih Dahulu


Profil menjadi hal pertama dan juga penting untuk kamu tunjukkan kepada orang lain. Profil menunjukkan identitas kamu di mata banyak orang. Profil bisa dibuat dimana saja, tetapi saya sarankan di sosial media saja.

Mengapa Harus Media Sosial?

Pengguna Facebook ataupun jejaring sosial lainnya begitu banyak di Indonesia. Menurut data dari Asosiasi Jasa Penyelenggara Internet Indonesia, menunjukkan bahwa sekitar 87,13 % mengakses layanan sosial media (data 2017) seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini

Gambar via isparmo.web.id

Bila melihat data di atas, jelas sekali bahwa sosial media menjadi tempat yang bagus dalam mengembangkan suatu brand, baik secara personal ataupun secara Corporate. Dan yang tidak kalah penting dalam pembuatan profil di dunia Maya, pastikan penuhi unsur-unsur berikut ini :

Gunakan nama asli
Foto profil yang juga asli
Jangan gunakan akun palsu
Isi konten dengan sesuatu yang bermanfaat.

2. Tunjukkan Sisi Keunikanmu


Satu hal yang membuat seseorang lebih mudah diingat adalah karena ia memiliki sesuatu yang berbeda. Beda, yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Atau jika kamu merasa tak ada yang unik dari diri kamu sendiri, paling tidak tunjukkan apa yang menjadi kelebihan dan juga skill yang dimiliki.

Seperti skill koding, penulisan konten, SEO, ataupun yang lainnya. Semua itu bisa ditunjukkan dalam bentuk portofolio. Untuk bloger, kamu bisa membangun portofolio dari situs atau blog yang kini sedang dikelola. Jadi, orang-orang bisa langsung melihatnya dan cepat atau lambat mereka pun bakal mengingatnya

3. Aktif Berkomunikasi, Salah Satunya Dalam Forum atau Grup

Sekadar membuat profil saja tak cukup untuk membuat branding kamu semakin kuat. Tetapi, dengan berkomunikasi bisa menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan personal branding. Kamu bisa bergabung ke suatu grup ataupun forum-forum yang sudah terkenal dan memiliki banyak anggota.

Apalagi jika kamu selalu aktif dalam grup/forum tersebut. Semakin mudah juga dikenali oleh orang lain. Apabila kamu menjual jasa atau produk, bisa memanfaatkan grup-grup yang tersebut untuk promosikan usaha yang sedang kamu jalankan. Jadi 2 hal langsung didapatkan, personal branding dan branding product..

Tetapi yang pasti, semua hal di atas tidak bisa dibangun dalam waktu yang singkat. Perlu waktu dan juga kesabaran agar branding kita semakin kuat. Akhir kata, demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara blogger DCB membangun personal branding, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)