5 Bisnis Pertanian yang Menguntungkan 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Bisnis pertanian juga tidak kalah menjanjikan dengan bisnis atau usaha bidang lainnya. Meskipun hanya dapat dilakukan di pedesaan saja, namun bukan berarti bisnis yang satu ini tidak bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Bisnis pertanian yang menguntungkan


Hasil pertanian sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh saja padi, tanaman ini menjadi cikal bakal beras yang nantinya dapat dimasak menjadi nasi yang notabene merupakan makanan pokok orang - orang Indonesia. Belum lagi sayur-sayuran yang juga menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan oleh manusia.

Untuk menjalankan Bisnis pertanian 2018, anda tak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Dengan modal sedikit pun usaha ini tetap bisa berkembang pesat.

Sebelum itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaiman cara membuka usaha pertanian sebagai langkah awal menjalani bisnis yang satu ini.

Memulai usaha pertanian sebaiknya dilakukan dengan menyiapkan lahan dan tanah terlebih dahulu. Dari lahan itulah, bisa digunakan untuk menanam tanaman yang nantinya akan dibudidayakan dan hasilnya akan dijual.

Membuka lahan untuk pertanian sebaiknya di lakukan di daerah pedesaan karena tekstur tanahnya sesuai dengan kebutuhan tumbuhan. Selain itu tanah di pedesaan juga jauh lebih subur daripada tanah di perkotaan.


Bisnis Pertanian Menguntungkan

Bagi anda yang saat ini tinggal di daerah pedesaan, sangat cocok sekali bila menjalankan bisnis tersebut. Adapun beberapa peluang usaha di bidang pertanian  yang dapat anda jalankan yaitu :

1. Tanaman Organik

Bisnis tanaman organik merupakan salah satu usaha di bidang pertanian yang bisa anda jalani. Adapun yang dimaksud tanaman disini adalah tanaman yang diolah secara organik mulai saat pembibitan hingga panen kelak.

Tidak ada bahan kimia yang ditambahkan pada tanaman tersebut. Semua murni menggunakan tanah dan juga pupuk organik seperti kotoran hewan.

Bisnis pertanian organik yang satu ini sudah barang tentu dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah, mengingat kebutuhan akan hasil tanaman baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan masih terus meningkat.

Rekomendasi bisnis : usaha sampingan untuk mahasiswa

2. Tanaman Hidroponik

Berbeda dengan tanaman organik, tanaman hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Selain itu kebutuhan akan air untuk tanaman jenis ini jauh lebih sedikit daripada tumbuhan dengan media tanah.

Hidroponik menjadi salah satu peluang usaha agribisnis yang menguntungkan. Selain itu usaha yang satu ini memberikan kemudahan bagi anda yang menekuninya karena tidak harus dijalani di pedesaan, dimana pun bisa asal kondisi iklim dan suhu yang pas.

Usaha ini dapat menghasilkan nilai jual yang jauh lebih besar dibandingkan dengan usaha pertanian sebelumnya. Selain itu, anda juga dapat menjangkau target pasar kelas menengah ke atas sehingga bisa mendapatkan laba berkali-kali lipat.

3. Tanaman Hias

Meskipun tanaman ini tidak dapat diolah untuk kebutuhan pangan sehari-hari, tetapi tanaman hias juga dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah perumahan, baik untuk koleksi ataupun karena hobi.

Selain itu beberapa tanaman hias juga dapat digunakan sebagai pembersih racun di ruangan rumah yang cukup banyak orang membutuhkannya. Beberapa contoh tanaman hias tersebut adalah lidah buaya, Rubber Tree, Lily, dan masih banyak lagi.

Asal dilakukan dengan benar-benar telaten, insyaallah anda bisa sukses menjalankan dan mengembangkan bisnis yang satu ini. Berani mencoba?

4. Jual Alat dan Bahan Pertanian

Tanpa alat dan bahan pendukung seperti bibit, pupuk, traktor, dan mesin, tumbuhan tidak mungkin bisa tumbuh dengan subur. Alat pertanian jelas sangat dibutuhkan sehingga bukan suatu hal yang mustahil untuk mendapatkan banyak keuntungan

Apalagi bila anda menjualnya di pedesaan, sudah pasti akan laris manis. Walau usaha jual alat pertanian ini membutuhkan modal yang agak banyak, tetapi masih ditekan dengan menjadi reseller sehingga anda akan mendapatkan harga yang murah.

Baca juga : tips meningkatkan kepercayaan pelanggan

5. Pembibitan Tanaman

Tak kalah dengan bisnis pertanian sebelumnya, usaha pembibitan tanaman juga dapat mendatangkan profit yang cukup besar. Selain itu menjalankannya juga cukup mudah, anda hanya memerlukan tanah dan polibag saja dan bisa dilakukan di halaman rumah.

Yang terpenting, anda bisa memilih bibit tanaman yang sesuai dengan kondisi dan iklim suatu lingkungan. Dengan melakukannya dengan baik, niscaya bisnis pertanian yang satu ini bisa menjadi sukses dan berkembang pesat.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)