Cara Guru Mengajar yang Baik untuk Siswa di Sekolah

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara guru mengajar yang baik

Cara Guru Mengajar yang Baik untuk Siswa di Sekolah - Guru sebaiknya mengerti cara mengajar yang baik kepada murid-muridnya. Ketika di dalam kelas, seorang guru mengambil kendali atas kegiatan yang akan dilakukan saat mengajari murid-muridnya.

Apabila respon murid ternyata merasa senang belajar bersama guru yang yang bersangkutan, bisa dipastikanguru tersebut menggunakan metode mengajar yang baik dan tidak monoton.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara guru mengajar yang baik untuk siswanya. Ada sebagian guru yang mengajar dengan menggunakan metode lama, yang seolah-olah hanya guru saja yang boleh aktif sementara murid-muridnya hanya meendengarkan.

Saat ini, anak-anak dituntut untuk lebih aktif, sehingga cara mengajar guru juga harus berubah menjadi lebih baik dan maksimal. Khusus bagi para guru, berikut ini telah dirangkum beberapa Cara Mengajar yang Baik kepada murid-murid agar mereka mampu menyerap pelajaran yang diberikan dengan efektif dan efisien.

Jangan Berdiri Seperti Patung
Maksud tidak berdiri seperti Patung yaitu seorang guru sebaiknya bergerak ketika sedang mengajar, tidak hanya berdiri di depan kelas saja, atau hanya duduk di meja guru.

Lakukan teknik mobile teaching dengan cara guru mencoba untuk mengajar secara lebih dekat dengan muridnya, dan berkeliling agar mengetahui situasi kelas dan murid-muridnya ketika sedang belajar.

Apabila memang pelajaran hitungan sedang diberikan, cobalah guru untuk mendekati murid di setiap baris tempat duduknya dan lihat perkembangan mereka ketika sedang mengerjakan hitungan tersebut. jika saja ada murid yang sedang melamun, atau merasa bingung, saat itu juga guru akan dengan mudah mengetahuinya.

Buat Mereka Merespon Perhatian
Agar mengetahui apakah murid-murid kita ini memperhatikan kita saat mengajar pelajaran tertentu atau tidak, guru bisa melakukan diskusi atau debat argumen supaya mereka mau mengeluarkan pendapatnya. memang tidak semua murid kita akan bisa berpendapat dengan baik, beberapa murid ada yang terkendala masalah komunikasi.

Tapi, apapun respon mereka, pancing terus mereka untuk berpendapat dan hargai setiap pendapat yang mereka lontarkan. selain materi pembelajaran dapat mudah mereka fahami, kita juga mengajarkan mereka untuk berani berbicara didepan umum dan menerima pendapat orang lain. hal ini adalah dasar komunikasi yang baik untuk bekal murid-murid kita di masa depan.

Lakukan Variasi

melakukan variasi dalam metode mengajar ternyata akan berpengaruh positif bagi pemahaman murid-murid kita. bisa dibayangkan jika yang terjadi di kelas adalah hanya berbicara saja, dan mendengarkan tanpa ada yang bertanya, maka pemahaman pelajaran akan terasa sangat sulit. cobalah untuk membuat variasi saat mengajar.

Sebelum masuk ke inti pelajaran, di awal cobalah untuk lebih rilexs dengan menyanyikan lagu yel-yel kelasnya, hal ini bertujuan agar proses belajar tetap semangat. Guru juga bisa menyisipkan games disetiap pelajaran yang sedang diberikan, asalkan games ini berhubungan dengan mata pelajaranya.

Lakukan lebih banyak diskusi dengan murid-murid kita, agar mereka aktif dan lebih memahami tentang subjek pelajaranya.

Bagaimana Cara Guru Mengajar yang Baik untuk Siswa di Sekolah?

Berikan Perhatian

Mengajar bukan hanya memberikan materi pelajaran untuk murid-murid kita agar mereka mengetahui dan mempelajarinya. Mengajar juga harus memperhatikan tentang keadaan murid-muridnya.

Jika kembali ke masa sekolah dulu, biasanya sang guru akan memperhatikan siswa-siswa tertentu saja, seperti siswa yang paling sering bolos, yang paling pintar, paling cantik dan lain lainya.

Predikat inilah yang bisa membuat guru begitu mudah mengenali satu persatu muridnya. alangkah baiknya berikan perhatian kepada seluruh murid. setiap murid pastinya memiliki talenta dan karakter yang berbeda, maka ketahuilah satu persatu dan dukung mereka agar bisa berkembang menjadi lebih baik.

Maksimalkan Teknologi

Saat ini sudah serba canggih, metode mengajar kita juga harus disesuaikan dengan teknologi yang ada agar mengajar semakin mudah. manfaatkan komputer, Laptop, tablet dan lainya untuk digunakan murid-murid saat mempelajari sesuatu subjek.

Agar tidak bosan, ubahlah text book pelajaran menjadi bentuk gambar atau audio, dengan cara ini murid akan menemukan sesuatu yang dianggap baru dan menyenangkan.

Memanfaatkan teknologi saat ini tentunya akan selalu berkaitan dengan internet. saat ini ada banyak website edukasi yang akan memberikan pengetahuan tentang mata pelajaran yang sedang murid-murid bahas saat jam pelajaran. Mereka bisa mengakses video pembelajaran atau membaca artikel terkait, agar membuat mereka lebih faham.

Artikel ditulis oleh : http://www.kenang88.blogspot.com

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)