10 Bisnis atau Usaha Sampingan Mahasiswa Terbaik 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Usaha Sampingan Mahasiswa Terbaik

Nyatanya, seorang mahasiswa juga bisa mendapatkan penghasilan sendiri dengan menjalani bisnis atau usaha sampingan. Di tengah biaya hidup yang sangat tinggi, setiap orang termasuk mahasiswa diharapkan bisa mencari biaya hidup sendiri tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua.

Kebutuhan mahasiswa tak hanya sekedar uang UKT dan SPP saja, tetapi masih banyak yang lain yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya uang makan, uang sewa kos, transportasi, perlengkapan mandi, perlengkapan cuci baju/laundry, uang untuk membeli buku/alat tulis, dan sederet kebutuhan lainnya.

Selain itu dengan menjalani usaha sampingan membuatmu hidup mandiri secara finansial. Apalagi bagi kamu sebagai mahasiswa perantuan tentunya harus bisa survive dengan mencari uang sendiri demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.


Bisnis Sampingan Mahasiswa Terbaik 2018

Bahkan bisnis yang kamu jalankan sama sekali tidak mengganggu waktu kuliah asal bisa mengatur waktu dengan baik. Dengan menjalani dua pekerjaan ini secara bersamaan maka 2 hal akan kamu dapatkan, ilmu dan juga uang. Teruntuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, berikut beberapa bisnis yang bisa dijalankan :

1. Jualan Pulsa atau Paket Internet

Harus diakui di era modern seperti saat ini pulsa menjadi kebutuhan hidup yang sama pentingnya dengan nasi. Seseorang tidak mungkin bisa berkomunikasi melalui HP jika tidak memiliki handphone.

Selain itu paket internet juga amat dibutuhkan bagi seorang mahasiswa untuk bisa browsing materi perkuliahan yang sudah dosen berikan.

Baca Juga : Tips Memilih Distributor Pulsa

2. Les Privat

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam mengajar, menjadi guru les privat bisa jadi pilihan yang tepat. Dan yang pasti, kamu harus benar-benar menguasai pelajaran yang akan diajarkan kepada calon siswa.

Sebagai permulaan, kamu bisa menawarkan diri kepada tetangga sekitarmu yang masih memiliki anak sekolah agar mempercayaimu menjadi pengajar bagi anaknya. Awal-awal memang kamu hanya bisa mengajar dari rumah ke rumah. Namun setelah murid sudah semakin banyak, bukan tidak mungkin kamu bisa mendirikan tempat les sendiri di rumah.

3. Jualan Makanan Kecil

Peluang bisnis ini juga tak kalah menjanjikan jika kamu benar-benar serius menekuninya. Sangat pas dijalankan ketika masa jeda kuliah karena tentunya pada saat itu para mahasiswa merasa kelaparan setelah 2 jam lamanya duduk mendengarkan ucapan dosen.

Selain itu faktor jauhnya kantin dengan ruangan kelas menjadi salah satu alasan mengapa usaha ini layak untuk kamu coba untuk mengisi waktu istirahat.

4. Bisnis Online

Nyatanya, di zaman sekarang jualan tak hanya bisa dilakukan di dunia nyata saja, tetapi juga bisa dilakukan secara online. Tidak perlu berjualan keliling di dalam cuaca yang panas dan juga tertarik. Cukup dengan bermodal smartphone atau laptop, kamu bisa berjualan apapun dan bisa menjangkau banyak pelanggan baik di dunia nyata ataupun dunia maya.

Bingung mau jualan apa? Tak perlu khawatir, apabila kamu masih belum memiliki modal untuk berjualan, kamu bisa menjadi seorang reseller dengan menjualkan barang orang lain. Nantinya akan ada pembagian hasil yang tentunya juga akan menguntungkan kamu.

5. Jasa Servis Laptop

Laptop juga merupakan kebutuhan pendukung bagi seorang mahasiswa. Tugas yang diberikan oleh dosen rata-rata harus dikerjakan melalui benda tersebut. Namun ketika rusak, pasti membuat bingung bukan kepalang. Apalagi kerusakan tersebut terjadi saat menjelang deadline tugas kuliah, duh.. pasti membuat pusing. 

Nah, kamu bisa manfaatkan kesempatan baik ini dengan menawarkan jasa servis laptop dengan datang langsung ke tempat temanmu atau menyuruh ia untuk datang. Namun saya sarankan opsi kedua dipilih untuk menekan biaya bensin untuk perjalanan.

6. Jasa Penulisan Artikel

Banyak yang mengira penulis adalah pekerjaan yang sama sekali tidak bisa menghasilkan uang. Itu jelas salah besar, memang kalau sekedar menulis saja sih tidak mendapatkan uang, namun jika kamu mempromosikan tulisan tersebut menghasilkan pundi-pundi uang dari tulisan bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan. 

Kamu bisa membuka jasa penulisan artikel dan tawarkan jasamu kepada para blogger yang membutuhkan writer untuk situsnya. Namun, pastikan terlebih dahulu kamu bisa membuat tulisan berkualitas dengan nilai jual tinggi.

Butuh jasa penulisan artikel berkualitas? Firdaus Artikel adalah solusinya!

7. Jasa Fotografi

Ternyata hobimu yang suka foto-foto itu bisa dijadikan ladang bisnis lho, yaitu dengan membuka jasa fotografi. Jasa ini biasanya sangat dibutuhkan ketika perayaan penting seperti wisuda untuk mengabadikan momen bersejarah tersebut.

Namun untuk membuka jasa ini disarankan untuk memiliki kamera sendiri (bukan kamera smartphone) agar hasil gambarnya lebih berkualitas. Ayo ubah hobimu menjadi ladang penghasilan yang menguntungkan.

8. Jasa Penerjemah

Usaha sampingan mahasiswa yang satu ini sangat cocok dijalankan bagi kamu yang berasal dari jurusan bahasa seperti terutama Sastra Inggris. Jasa ini tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi hanya membutuhkan kemampuanmu di dalam menguasai beberapa bahasa di dunia.

Kamu dapatkan menawarkan jasamu ini secara online di situs freelance seperti projects.co.id, freelancer.com, ataupun lainnya. Kini, dengan menguasai bahasa pundi-pundi uang bisa kami dapatkan.

9. Jasa Pengiriman

Bisnis sampingan yang satu ini bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan sepeda motor miliknya. Tentu saja kamu harus benar-benar tau wilayah tersebut agar nantinya tidak tersasar dan justru salah kirim barang.

Selain itu untuk menjalani bisnis ini membutuhkan modal bensin yang cukup banyak. Pasalnya bisa saja tempat penerima barang sangat jauh sehingga membutuhkan perjalanan panjang untuk sampai ke sana.

10. Jualan Bekas

Barang bekas sering diremehkan sebagai barang yang tak berguna. Padahal banyak juga lho yang membutuhkannya mungkin dikarenakan barang aslinya dijual dengan harga yang terlampau mahal.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan menjual barang bekas (tentunya yang masih layak pakai) kepada orang lain. Asal cermat memanfaatkan peluang, bisnis yang kamu jalankan tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Baca juga : Bisnis anak muda modal kecil

Penutup

Jika kamu benar-benar menjalankan dan mengelola usaha diatas dengan baik bukan tidak mungkin jika kedepannya akan semakin berkembang. Kamu bisa jadi pebisnis terkenal seperti Almarhum Bob Sadino yang telah melegenda. Namun jangan sampai dengan menjalani usaha sampingan mahasiswa terbaik ini membuatmu lupa akan kewajiban sebagai seorang mahasiswa.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

4 Comments

  1. Mantap hu..enak jadi blogger hehehe

    ReplyDelete
  2. Jualan barang bekas kalau di daerah Bandung atau Jokja dah ngetrend.
    Cuma, mereka berani kasih kualitas.
    Semua barang bekas di perbaiki, kalau baju bekas yah di cuci dan di setrika. Bahkan di kasih label baru dan kemasan keren.
    Intinya, bisnis itu kreasi. Kalau nggak pintar berkreasi, ya cuma jadi rekreasi

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)