5 Pilihan Homeschooling Terbaik di Indonesia

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Pilihan homeschooling terbaik di Indonesia

Ada beberapa pilihan homeschooling terbaik di Indonesia yang bisa anda coba untuk menyekolahkan anak-anak. Memang di era sekarang, untuk bisa mendapatkan pendidikan tidak harus pergi ke sekolah seperti pada umumnya orang lain lakukan, tetapi bisa melalui suatu sistem yang bernama homeschooling.


Apa itu Homeschooling?
Homeschooling atau yang juga disebut dengan sekolah rumah merupakan jalur pendidikan informal dimana semua kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam rumah. Homeschooling bukanlah lembaga pendidikan dan juga bukan bimbingan belajar.

Tetapi merupakan sebuah model pembelajaran dimana orang tua sebagai penanggung jawab dan seorang guru sebagai pembimbing atau pengajarnya. Ada banyak pilihan homeschooling yang ada di Indonesia, namun berikut ini adalah beberapa yang terbaik


Pilhan Homeschooling Terbaik di Indonesia


  • Kak Seto Homeschooling


Siapa yang tidak mengenal Kak Seto atau Seto Mulyadi. Beliau dikenal sebagai seorang psikolog anak dan kini menjabat sebagai Ketua Komisi Perlindungan Anak.

Selain berprofesi sebagai seorang psikolog, Kak Seto juga mendirikan sekolah rumah dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dari tingkat SD hingga SMA semua bisa menjadi bagian dari Homeschooling Kak Seto ini.

Tak cukup sampai disitu, KSHS juga menyediakan ekstrakulikuler yang bisa dipilih sesuai minat dan bakat peserta didik, diantaranya yaitu ORKES (Organisasi Kreativitas Siswa) dan juga fotografi. Semua organisasi memiliki penanggung jawabnya sendiri-sendiri.

Harga Homeschooling Kak Seto sebesar 500 ribu untuk biaya pendaftaran tahun 2018. Gedung homeschooling tersebut berada di Jalan Taman Makam Bahagia ABRI No. 3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

  • Fikar Homeschooling


Fikar Homeschooling merupakan salah satu homeschooling terbaik di Provinsi Banten. Lokasinya berada di Komplek Puri Flamboyan Pesona E-3 No. 8, Rempoa, Tangerang Selatan, Banten.

Metode yang ditawarkan oleh Fikar Homeschooling ini yaitu berbasis "coaching" dimana para siswanya diarahkan dan dibimbing sesuai minat dan bakat mereka. Agama, enterpreneur, dan juga kepemimpinan merupakan tiga hal yang ditekankan oleh homeschooling yang satu ini.

Dipimpin oleh seorang direktur bernama Doddy Gunawan, Fikar Homeschooling bisa pilihan terbaik untuk anak-anak mendapatkan pendidikan.

Baca juga : tips belajar agar cepat masuk ke otak

  • Primagama Homeschooling

Mendengar nama Primagama, hampir sebagian besar dari siswa sekolah formal pasti mengenal bimbingan belajar yang satu ini. Memang harus diakui, Primagama sudah memiliki nama dan telah dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Ternyata selain melayani bimbingan belajar, Primagama juga mendirikan sekolah rumah sebagai alternatif bagi anak usia sekolah yang tidak ingin sekolah di lembaga pendidikan formal.

Homeschooling Primagama menggunakan dua metode pendekatan dalam melakukan pembelajaran terhadap siswanya. Yakni pendekatan psikologis dan juga akademis. Diharapkan dengan pendekatan tersebut, peserta didik memiliki bekal ilmu pengetahuan yang baik dan juga life skill serta attitude yang baik juga.

Homeschooling Primagama menawarkan tiga kurikulum kepada para peserta didik yakni kurikulum nasional, internasional, dan juga inklusi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sekolah rumah yang satu ini bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia karena memang jaringannya yang begitu luas.


  • Sinergia Homeschooling


Berlokasi di Gedung STC Senayan Lantai II no. 51, Jalan Asia Afrika Senayan, Jakarta Selatan, Sinergia Homeschooling menawarkan beberapa sistem pengajaran kepada para peserta didiknya. Mulai dari guru datang ke rumah hingga secara online atau jarak jauh.

Homeschooling ini sudah bertaraf internasional, tidak hanya siswa dari Indonesia saja yang sudah memakainya, tetapi juga dari luar negeri juga sudah menjadi bagian dari Sinergia Homeschooling.

Kurikulum yang diajarkan berbasis nasional, bilingual, dan juga internasional. Dimana Kurikulum Internasional ini menggunakan Cambridge International Examination. Pilihan materi pelajarannya pun juga beraneka ragam yang disesuaikan dengan minat dan juga kebutuhan peserta didik.

Pilihan lainnya : daftar sekolah inklusi terbaik di Jakarta


  • Kasih Anugerah Homeschooling


Dengan visi mencerdaskan masyarakat melalui homeschooling, Kasih Anugerah menerapkan tiga cara belajar yang bisa dipilih oleh siswa atau orang tua. Ketiganya yaitu homeschooling tutorial, homeschooling klasikal, dan juga homeschooling mandiri.

Bila memilih homeschooling klasikal, guru akan datang langsung ke rumah siswa. Dalam seminggu diadakan pertemuan sebanyak 2 kali dimana tempat dan waktu belajar bisa disesuaikan dengan keinginan siswa. Bahan pelajaran, latihan, maupun ujian semua disediakan oleh penyelenggara.

Sementara itu homeschooling klasikal peserta didik harus datang ke Yayasan Kasih Anugerah untuk belajar di dalam kelas. Waktu belajar yakni pada pukul 8 pagi hingga 1 siang setiap selasa sampai dengan kamis. Yayasan sudah menyiapkan bahan pelajaran ataupun soal-soal latihannya.

Homeschooling mandiri siswa harus belajar sendiri dengan dibantu oleh orang tua dan juga para pengajar privat. Kasih Anugerah hanya mengirimkan paket pembelajaran, latihan, dan juga ujiannya.

Kasih Anugerah Homeschooling berlokasi di Jalan Pelopor Blok P1 No. 10, Menceng Tegal Alur, Jakarta. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa tergabung menjadi bagian Sekolah Rumah Kasih Anugerah yaitu sekitar 400 ribu hingga 2,5 juta yang disesuaikan dengan pilihan cara belajarnya.

Bacaan menarik lainnya : tips agar masuk sekolah favorit


Penutup

Bagi para orang tua, kini tidak perlu bingung lagi dalam mencari homeschooling untuk anak-anak anda. Artikel mengenai 5 pilihan homeschooling terbaik di Indonesia ini telah menjawab semuanya, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)