3 Tips Agar Masuk Sekolah Favorit (Unggulan)

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Tips Agar Masuk Sekolah Favorit (Unggulan)

Bagaimana tips agar masuk sekolah favorit? Menjadi salah satu siswa di sebuah sekolah favorit adalah dambaan bagi setiap orang. Hal ini wajar, mengingat sekolah favorit biasanya dianggap sebagai sekolah yang unggul dengan segala kelebihannya. Baik dari prestasi, sarana prasarana, akreditasi, ataupun yang lainnya.

Namun memasuki sekolah yang favorit bukanlah sesuatu hal yang mudah. Dengan jumlah pendaftar yang membludak dan jumlah siswa diterima sedikit menunjukkan betapa beratnya tingkat persaingan untuk bisa masuk ke sekolah unggulan. Tanpa usaha cerdas dan doa mustahil kamu bisa masuk ke sana.

Karena terlalu beratnya persaingan, banyak dari calon siswa nyerah di awal dan merasa tidak mampu bersaing dengan teman-teman seangkatannya. Alhasil, mereka lebih memilih beralih ke sekolah yang "lebih mudah" untuk dimasuki.

Padahal dengan sistem seleksi, seharusnya setiap orang memiliki kesempatan yang sama-sama besar untuk bisa menembus ke sekolah impian. Sesuai dengan hukum pertandingan, siapa yang menang dialah yang akan jadi juaranya (masuk ke sekolah tersebut).

Apakah kamu ingin diterima di sekolah favorit atau unggulan? Jika iya, maka kamu harus membaca dan mempraktikkan beberapa tips di bawah ini.


Tips Agar Masuk Sekolah Favorit

1. Jadi Juara Kelas di Tiga Tahun Sekolah Jenjang Sebelumnya.

Kebanyakan siswa kurang serius dalam menjalani pendidikan ketika ia masih dalam tingkat 1 disekolahnya. Biasanya mereka mulai serius ketika sudah memasuki tingkat 3, terlebih lagi menjelang ujian Nasional.

Hal ini jelas salah, jika kamu sudah bisa mulai serius walaupun masih di tingkat 1 maka akan membawa dampak positif bagi kamu sendiri. Bisa jadi juara kelas dan sudah barang tentu hasil raportnya juga bagus.

Lalu apa hubungannya? Raport atau Laporan pencapaian belajar selama bersekolah bisa jadi senjata ampuh bagi kamu untuk bisa masuk ke sekolah unggulan yang kamu impikan.

Memang sekolah favorit juga menerima siswa dengan jalur prestasi melalui nilai raport selama sekolah (meskipun tidak semuanya). Jika raportmu bagus apalagi sampai juara kelas bukanlah semakin memperbesar peluang untuk masuk sekolah favorit?

2. Persiapan yang Matang dan Cerdas

Ingat, kamu akan bertarung melawan orang-orang hebat diperlukan persiapan yang matang dan strategi yang jitu+cerdas untuk bisa mengalahkan mereka semua. Jika memang ingin masuk ke sekolah unggulan, hilangkan kebiasaan sistem kebut semalem yang menjadikan belajarmu sama sekali tidak efektif.

Seharusnya, dalam rangka persiapan menghadapi tes masuk kamu belajar jauh-jauh hari guna memaksimalkan dan membuat kamu lebih mudah dalam menjawab soal yang akan diberikan pada saat tes. Tak hanya belajar saja, cara yang digunakan saat belajar haruslah efektif.

Kamu tidak perlu mempelajari seluruh materi guna mempersiapkan diri agar bisa menjawab semua soal-soal. Kamu akan merasa pusing dan puyeng sendiri diakibatkan terlalu banyak materi yang harus dipelajari. Tetapi cukup dengan mempelajari materi sesuai soal yang pernah keluar tahun lalu.

Bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mendownload soal-soal tes masuk peserta didik baru, meminta ke kakak yang dahulu juga mendaftar sekolah disana ataupun mengikuti bimbingan belajar. Karena soal yang keluar pada tahun berikutnya tidak terlalu berbeda dengan tes yang diujikan pada tahun lalu.

3. Jangan Lupa Berdoa Kepada Tuhan dan Doa Restu Orang Tua

Sekeras apapun usahamu kalau kamu tidak pernah melibatkan Tuhan maka kamu akan gagal. Orang bisa suskes dan gagal semua karena Tuhan. Jika Tuhan berkata "jadilah" maka apapun yang ditakdirkannya menjadi kenyataan. Jangan lupa selalu berdoa dan sholat 5 waktu (bagi seorang muslim) agar jalan kalian untuk bisa salah satu bagian dari sekolah impian diwujudkan oleh Tuhan menjadi kenyataan.

Tidak lupa juga mintalah restu orang tua terutama ibu supaya  diberi kelancaran selama pendaftaran, tes hingga pengumuman kelulusan. Insyaallah semua akan berjalan sesuai apa yang sudah direncanakan. Aamiin..


Penutup

Jadi untuk apa minder jika kamu mampu bersaing? Dengan melakukan ketujuh tips agar masuk sekolah favorit diatas semoga kamu bisa menembus dan menjadi bagian dari siswa baru di sekolah favorit yang kamu cita-citakan.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

4 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Berbagi pengalaman. Sebenarnya cukup mudah untuk masuk sekolah favorit. Kalau tips dari saya, mulai dengan menyukai setiap materi yang diajarkan guru. Jika kalian menyukainya, maka otomatis kalian akan selalu mendengarkan penjelasan dari guru, dan kalian akan selalu ingin paham dengan materi tersebut. Jika tak paham, kalian akan selalu berusaha untuk memahaminya. Memang di awal sulit karena sebelumnya tidak terbiasa. Dengan menyukai pelajaran, berarti akan paham materi. Otomatis ulangan harian atau semester akan bagus. Otomatis nilai rapor bagus dan nem bagus. Dengan ditambah doa ortu dan ke Tuhan, pasti diterima di sekolah favorit.

    Saya paham sekali hal ini karena saya sendiri adalah seorang pelajar. Banyak yg punya nilai rendah karena apa? Ya begitu, motivasi belajar mereka kurang, bahkan sangat kurang dan bahkan , mereka tak menyukai pelajaran di sekolah katena terkesan membosankan. Akhirnya, materi susah mereka pahami.

    Padahal, jika kalian tak malas mempelajari pelajaran sekolah, kalian akan ketagihan dengan pelajaran sekolah, karena materinya menyenangkan, bikin kepo. Bahkan kalau sudah ketagihan belajar , malah sering lupa waktu, hehehe

    Semoga termotivasi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tips nya mas bisa buat acuan untuk adik saya yang ingin masuk sekolah menengah pertama favorit dikota saya. Sukses selalu mas

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)