7 Tips Memilih Jasa Penulisan Artikel Agar Anda Tidak Tertipu

Baca Juga Artikel Berikut Ini

7 tips memilih jasa penulisan artikel

Bagaimanakah tips memilih jasa penulisan artikel? Admin membuat artikel ini berawal dari banyaknya kejadian penipuan jual beli artikel pada salah satu grup Facebook. Terkadang seorang pemilik situs membutuhkan seorang content writer atau penulis konten untuk menuliskan berbagai artikel untuk mengisi website tersebut. Alasannya bermacam-macam, mulai dari banyaknya kesibukan atau tidak mampu untuk membuat artikel berkualitas sehingga ia menyewa seorang content writer.

Berawal dari sinilah, muncul jasa-jasa penulisan artikel (baik yang pro maupun abal-abalan) yang biasanya sering menawarkan diri pada forum-forum online atau grup sosial media seperti Facebook. Alhasil banyak yang kepincut dan ingin menggunakan jasanya. Ada yang puas, dan tidak sedikit juga yang kecewa dan marah karena telah ditipu oleh penulis copas dan ripper yang membawa kabur uang secara tak bertanggung jawab.

Memang kalau urusan transaksi online, termasuk dibutuhkan kewaspadaan. Anda tidak dapat memilih penjual secara sembarangan tanpa memperhatikan kredibilitasnya. Termasuk ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa penulis artikel tentunya harus memilih yang terpercaya dan tidak berpotensi untuk melakukan penipuan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba.


Tips Memilih Jasa Penulisan Artikel

1. Jangan Tergiur Harga Terlampau Murah

Segala sesuatu yang dihargai terlalu murah memang harus diwaspadai. Yang dimaksud disini bukan harga diskon ya, tetapi harga asli yang memang dibuat sangat murah. Jangan pernah tergiur dengan jasa artikel yang menawarkan jasanya dengan harga yang terlalu murah.

Hati-hati!! Bisa saja ia berniat melakukan penipuan. Bisa mengcopas artikel orang lain ataupun membawa kabur uang yang sudah dibayarkan. Lagi pula, mana ada yang mau membuat artikel yang notabene membutuhkan pikiran, kerja keras, dan menghabiskan banyak waktu dibayar dengan harga murah? Memang tidak semua seperti ini, namun tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati.

2. Sebelum Membeli, Mintalah Contoh Artikel yang Sudah Pernah Dibuat Sebelumnya

Biasanya calon pembeli langsung meminta testimoni untuk meyakinkan diri apakah jasa tersebut benar-benar terpercaya ataukah tidak. Mereka biasanya cenderung langsung percaya ketika seorang penjual artikel memberikan testimoni. Padahal, testimoni itu bisa saja palsu dan dibuat-buat.

Yang paling tepat, anda harus mengetahui bagaimana contoh tulisan content writer tersebut untuk mengukur seberapa bagus kualitas tulisan yang dimilikinya. Alternatif lain, anda bisa melihat tulisan-tulisan ia di blog pribadinya sebagai gambaran mengenai gaya tulisan yang biasa dibuat.

3. Lihatlah. Apakah Tulisannya Copas?

Hal ini penting untuk anda telusuri lebih jauh, jangan pernah memilih penulis yang terbiasa melakukan salin tempel supaya artikel yang dibuat bisa cepat selesai. Cek terlebih dahulu menggunakan tools seperti copyscape, plagiarisme checker,  plagiaramme, ataupun yang lainnya. Jika anda memiliki tools premium itu lebih baik, karena hasil pengecekannya lebih akurat.

Alternatif lain, anda bisa melakukan pengecekan secara manual melalui google search. Jika artikel tersebut memang sama persis dengan artikel yang sudah pernah dibuat di situs lain, pasti akan muncul di penelusuran Google.

4. Tak Hanya Lulus Copy Paste, Pastikan Juga Tulisan Readibility 

Kalau sekedar membuat artikel yang lulus copy paste dan lulus pengecekan tools seperti diatas pasti semua bisa mengaturnya. Cukup dengan membolak-balik balikkan kata, menambah kata sambung, atau menghilangkan bagian-bagian yang tidak penting maka artikel tersebut sudah lolos uji plagiarisme checker. Namun struktur bahasa, gaya bahasa, serta pola penulisan juga harus diperhatikan.

Seorang penulis berkualitas pasti betul-betul memperhatikan tanda bacaan, ejaan, dan struktur tulisannya. Ia pasti menulis sesuai kaidah EYD/PUEBI, gaya tulisan yang tidak terlalu kaku namun tetap enak dibaca, serta tulisan yang tidak berbelit-belit.

5. Kualitas Itu Tentu Harus Ada

Kualitas tulisan merupakan hal penting yang harus anda nilai. Selain tulisan yang readibility, kualitas artikel seseorang juga bisa dilihat bagaimana relevansinya dengan keadaan yang sebenarnya. Dalam artian, isi dari tulisan tersebut tidak asal-asalan dibuat dan sesuai data dan fakta yang sebenarnya.

Selain itu jika penulis tersebut memiliki kemampuan menulis artikel seo friendly maka hal tersebut menjadi nilai positif yang bisa anda pilih. Anda bisa melakukan perbandingan kualitas tulisan antara writer satu dengan yang lainnya untuk memutuskan ingin menggunakan jasa yang terbaik menurut anda.

6. Penulis yang Menerima Pembayaran Melalui Rekening Bersama Layak Anda Coba

Kebanyakan penulis menawarkan jasanya dengan sistem bayar terlebih dahulu baru artikel diselesaikan. Hal tersebut memang tidak ada salahnya. Namun yang kebanyakan terjadi justru dengan sistem inilah banyak terjadi tindak penipuan, artikel belum selesai dibuat uang sudah raib entah dibawa kemana.

Beruntunglah bagi anda yang menemukan seorang writer yang bersedia jasanya dibayar menggunakan sistem rekening bersama. Selain demi mengamankan transaksi, rekber dapat meminimalisir terjadinya penipuan transaksi online yang selama ini kerap kali terjadi.

Baca juga : Apa itu rekber?

7. Terakhir, Pertimbangkan Juga Apakah Anda Ingin Menggunakan Jasa Penulis Artikel Mandiri Ataukah Tim

Ini sebenarnya bebas dan bersifat opsional. Anda bebas mau memilih mau menggunakan jasa artikel yang dikerjakan sendiri ataukah tim. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika anda menyewa penulis untuk jangka panjang sebaiknya pilihlah yang single. Mengapa? Tulisan yang dihasilkan pasti memiliki gaya tulisan yang serupa antar 1 artikel dengan artikel lainnya.

Berbeda jika anda menyewa penulis tim pasti ada perbedaan gaya penulisan karena yang menulis pun juga berbeda-beda. Tentu tidak lucu jika dalam suatu website memiliki beberapa konten dengan gaya tulisan yang tidak sama. Kecuali jika anda memang membutuhkan 1 artikel saja dalam waktu yang cepat maka memilih content writer yang bekerja secara tim bisa jadi pilihan yang terbaik.


Penutup

Mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati lagi dalam memilih writer untuk situs/blog anda. Jangan sampai anda tertipu untuk kesekian kalinya. Anda bisa menerapkan ketujuh tips memilih jasa penulisan artikel diatas untuk bisa memperkecil atau meminimalisir penipuan yang bisa saja terjadi.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)