4 Perbedaan Antara Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta
Images Source : pixabay.com

Apa saja perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta itu? Bagi sebagian orang memilih sekolah terbaik merupakan hal yang harus dilakukan demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik sehingga dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang. Juga bagi orang tua pasti tidak ingin jika anaknya masuk ke dalam sekolah dengan lingkungan yang tidak mendukung proses pembelajaran yang baik.

Umumnya sekolah terbagi atas sekolah negeri dan swasta. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sudah menjadi sterotip di kalangan masyarakat bahwa sekolah negeri memiliki kualitas yang lebih baik berkat status "favorit" yang disematkannya. Berbeda dengan swasta yang dianggap sebagai sekolah buangan oleh sebagian orang.

Anggapan tersebut sebenarnya tidak selalu benar. Kenyataannya, cukup banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke sekolah swasta atas beberapa pertimbangan. Tidak ada yang salah jika seseorang masuk ke sekolah negeri atau swasta karena masing-masing telah memiliki perbedaannya sendiri-sendiri yakni sebagai berikut :


Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta 

1. Ditinjau dari Biaya Pendidikan

Harus diakui membayar biaya pendidikan (SPP, uang gedung, dan lain sebagainya) di sekolah swasta lebih mahal daripada negeri. Alasannya tidak bukan karena bantuan pemerintah yang sedikit untuk sekolah swasta sehingga biaya harus dibebankan kepada siswanya.

Berbeda dengan sekolah negeri yang mendapatkan bantuan secara menyeluruh dari pemerintah baik daerah ataupun pusat melalui dana BOS ataupun yang lainnya membuat biaya pendidikan sedikit bisa ditekan. Bahkan beberapa sekolah kini telah menerapkan program sekolah gratis karena menganggap bantuan yang diberikan oleh pemerintah sudah cukup untuk memenuhi operasional sekolah.


2. Ditinjau Dari Fasilitas yang Ditawarkan

Sehubungan dengan hal diatas telah disebutkan bahwa sekolah swasta menarik lebih banyak uang kepada murid-muridnya. Hal ini membuat kebutuhan sekolah salah satunya yang berkaitan dengan fasilitas sedikit lebih banyak dan lengkap daripada sekolah negeri.

Namun bukan berarti sekolah negeri tanpa fasilitas apa-apa. Tempat tersebut tetap memiliki fasilitas namun dengan jumlah yang sangat terbatas. Bahkan kita juga tak bisa memungkiri jika masih banyak sekolah milik pemerintah yang justru memiliki fasilitas yang tidak layak. Sungguh keadaan yang miris.

3. Ditinjau dari Jumlah Siswa

Melihat dari sisi jumlah siswa, maka sekolah negeri memiliki jumlah siswa yang lebih banyak. Dalam satu kelas bisa saja menampung hingga 30-40 siswa. Penyebabnya tentu saja tingginya minat calon siswa untuk dapat bersekolah di negeri.

Berbeda dengan sekolah swasta yang hanya menampung sedikit siswa. Bahkan untuk satu kelas hanya 20 siswa saja. Di sisi lain hal ini dianggap menguntungkan karena proses pembelajaran lebih efektif dikarenakan jumlah murid yang lebih sedikit.

4. Ditinjau dari Sisi Pergaulan

Perbedaan terakhir bisa kita lihat bagaimana siswa tersebut bergaul di lingkungan sekolah tersebut. Anak-anak yang berada pada sekolah negeri cenderung memiliki pergaulan yang lebih heterogen dikarenakan latar belakangnya berasal dari berbagai suku, bangsa, ras, dan agama.

Sementara itu sekolah swasta mayoritas diisi oleh orang-orang dari kelompok-kelompok tertentu sehingga pergaulannya sedikit lebih homogen dan terbatas. Biasanya sekolah ini juga dianggap memiliki pergaulan yang eksklusif karena latar belakang ekonomi diatas rata-rata dan kelompok siswa yang didominasi keyakinan tertentu.


Penutup

Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, terdapat perbedaan masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih sebuah sekolah. Tidak ada yang lebih baik karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena pada dasarnya sekolah hanyalah tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu, tinggal bagaimana siswanya berusaha meraih prestasi yang maksimal.

Itulah beberapa perbedaan antara sekolah negeri dan sekolah swasta, semoga bisa jadi pertimbangan dalam memilih sekolah yang terbaik untuk anak-anak anda.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)