6 Tips Sukses Berbisnis Ala Orang-orang China

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Tips sukses berbisnis ala orang-orang China

Kali ini admin akan sedikit mengulas tentang bagaimana tips sukses berbisnis ala orang-orang China yang selama ini mereka lakukan. Pernahkah terbesit di pikiran Anda bagaimana orang-orang Tiongkok bisa sukses menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka baik di negeri sendiri ataupun di negeri orang?.

China juga disebut-sebut sebagai negara yang akan menguasai dunia di masa depan. Anggapan ini tidaklah berlebihan, bahkan cenderung mengarah pada kebenaran. Hampir seluruh produk asal Negeri Tiongkok tersebut banyak dipasarkan dan dijual di negeri orang bahkan sampai mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Bahkan dalam daftar 50 orang terkaya di dunia, salah satunya yaitu berasal dari Tiongkok. Memang orang-orang China mayoritas bercita-cita sebagai pengusaha, bukan seorang karyawan yang hanya menjalankan perintah saja. Prinsip mereka mengatakan lebih baik menjadi seorang pebisnis tetapi kita menjadi bosnya, daripada menjadi seorang pegawai/karyawan meski memiliki gaji tetapi kita harus menjadi kacung.

Mungkin di daerah anda juga banyak yang hampir mayoritas toko-toko sembako dimiliki oleh orang-orang asal negeri Tirai Bambu. Hal ini juga menjadi bukti pengaruh orang-orang Tiongkok di negeri kita. Sebenarnya apa saja sih yang membuat mereka bisa sukses dalam berbisnis? Yuk simak pada artikel berikut ini

Tips Sukses Berbisnis Ala China

1. Tidak Merasa Gengsi

Bagi orang Indonesia berjualan masih dianggap sebagai pekerjaan yang hina dan cenderung tidak memiliki masa depan yang cerah. Orang-orang Indonesia merasa malu jika harus menjadi pedagang.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan orang-orang China yang justru gemar berdagang, meskipun itu hanya bisnis kecil-kecilan. Berawal dari sinilah pedagang China bisa meraih kesuksesan dari bisnis yang mereka jalankan.

2. Berani Membuka Usaha, Meski Sebelumnya Sudah Ada yang Menjalankan Bisnis yang Sama

Mereka (orang-orang China) bisa membuka usaha apa saja asal halal dan juga memberi keuntungan. Tak ada kamus takut di dalam prinsip pebisnis-pebisnis Tiongkok untuk memulai sebuah usaha.

Sekalipun usaha yang mereka buka sebelumnya sudah ada yang menjalankannya. Sungguh, rezeki itu Tuhan yang mengaturnya, manusia hanya berusaha mencarinya saja.

3. Pedagang China Tidak Tergoda Menggunakan Uang Hasil Jualan untuk Kebutuhan yang Tidak Penting.

Cobalah anda lihat bagaimana pedagang kita cenderung mudah bangkrut, padahal usaha baru saja dimulai. Apa sebabnya? Mereka cenderung tergoda untuk mengambil uang hasil jualan mereka untuk hal-hal yang sebenarnya sama sekali tidak dibutuhkan.

Tentu hal ini berbanding terbalik dengan para pedagang China yang justru bisa memanfaatkan uang hasil jualan mereka untuk hal yang lebih penting. Bahkan mereka bisa membuat usaha tersebut menjadi lebih berkembang ke depannya dengan uang tersebut.

4. Teliti dalam Urusan Pembukuan

Jangan pernah meremehkan masalah pembukuan jika harus berurusan dengan dunia bisnis. Pasalnya, dengan pembukuan yang baik anda bisa mengetahui dengan baik bagaimana perputaran uang anda dalam roda bisnis yang telah dijalankan. Orang-orang China menerapkan hal tersebut.

Baik pengeluaran maupun pemasukan semua tercatat dengan baik di dalam buku khusus. Dengan pembukuan yang baik ini mereka bisa melakukan evaluasi dan perbaiki sehingga bisnis yang dijalankan menjadi lebih baik lagi.


5. Rajin nan Ulet

Ternyata rahasia sukses orang-orang China khususnya dalam hal berbisnis yaitu  mereka rajin dan juga ulet dalam melakukan sesuatu. Contoh sederhana saja, toko pedagang China biasanya sudah buka pada pagi hari. Hal ini menunjukkan mereka benar-benar serius dengan pekerjaan yang mereka lakukan.

Selain itu mereka dikenal ulet dalam menjalankan apapun, termasuk ketiga berdagang. Maka tak heran berkat keuletan tersebut para pedagang China dapat dengan mudah raih kesuksesan di dalam bisnisnya.

6. Pelanggan adalah Raja

Para pedagang Tionghoa menganggap pembeli atau pelanggan mereka sebagai raja sehingga harus diberikan pelayanan yang terbaik. Mungkin anda berpendapat mereka cenderung judes ketika melayani seorang pembeli melihat dari ekspresi pedagang tersebut.

Namun sebenarnya hal itu wujud ekspresi keseriusan mereka dalam bertransaksi dengan pembeli. Pedagang Tionghoa tidak ingin pembeli merasa kecewa setelah melakukan pembelian di toko mereka, bahkan mereka selalu memberikan Bond/catatan pembelian guna mengantisipasi hal-hal atau kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.

Jadi bagi anda yang sedang menjalani sebuah usaha atau berniat untuk terjun didalamnya, beberapa tips sukses berbisnis ala orang-orang China tersebut bisa anda coba supaya menjadi lebih berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)