5 Cara Mengatasi Whatsapp Error pada Android Anda

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara mengatasi whatsapp error

Cara mengatasi whatsapp error menjadi pembahasan pada artikel Blog Firdaus kali ini. WhatsApp merupakan aplikasi chatting atau pesan instan yang diciptakan oleh Jan Koum dan Brian Action. Sepanjang sepak terjangnya dalam memberikan layanan, aplikasi ini telah membuat penggunanya merasa puas dengan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan.

Kita semua pasti tau, semenjak kehadiran aplikasi chatting satu ini peran SMS sudah mulai tergantikan dan digantikan dengan metode chatting melalui aplikasi WhatsApp Messenger. Saya yakin sampai detik ini pun anda masih menggunakannya untuk kebutuhan komunikasi kepada orang lain.

Whatsapp semakin sempurna dengan fitur-fitur tambahan yang memanjakan para pemakainya. Bahkan kini aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Action dapat dijalankan di banyak platform seperti windows phone,  Symbian, Apple IOS, Nokia Series 40, dan tentunya android. Meski dianggap telah sempurna, tetap saja namanya ciptaan manusia pasti tetap memiliki sisi kekurangan.

Terkadang ketika dijalankan, aplikasi whatsapp sering mengalami error dimana aplikasi menjadi lambat saat digunakan, force close (keluar sendiri), tidak bisa kirim pesan, ngehang, dan masalah lainnya yang mengganggu kenyamanan anda dalam menggunakannya. Jika mengalami seperti itu jangan panik karena tidak akan memberi solusi, tetapi lakukan beberapa hal berikut ini guna mengatasi permasalahan tersebut.


Cara Mengatasi Whatsapp Error di Android

1. Membersihkan Cache 

Cache dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan sementara yang dibuat guna mempercepat akses menuju aplikasi yang sering di buka melalui smartphone. Memang, satu sisi hal ini akan berdampak bagi namun jika tempat penyimpanan tersebut terlalu menumpuk justru akan mempengaruhi kinerja dari aplikasi itu sendiri. Sebagai contoh WhatsApp, dengan terlalu banyaknya file cache justru semakin membuat aplikasi ini semakin lelet saat dijalankan. Maka dari itu segera hapus dengan cara :

  • Masuk ke pengaturan
  • Menuju ke aplikasi
  • Pilih whatsapp
  • Lalu klik bersihkan cache

Cache Aplikasi WhatsApp

2. Hapus Data Aplikasi Whatsapp

Jika pembersihan cache tidak mampu membuat aplikasi whatsapp anda membaik, maka cara kedua ini bisa anda lakukan. Menghapus data berarti sama saja dengan menghapus file-file dan data-data penting pada akun whatsapp anda, namun tidak sampai menghapus aplikasi tersebut. Adapun cara menghapusnya yaitu

  • Masuk ke pengaturan/setelan
  • Menuju ke aplikasi
  • Cari aplikasi whatsapp
  • Di bagian penyimpanan, pilih hapus data. Tunggu hingga prosesnya selesai.
Cara menghapus data whatsapp

3. Update Aplikasi Whatsapp ke Versi Terbaru

Demi meningkatkan kepuasan penggunanya, terkadang pengembang aplikasi melakukan update atau perbaikan untuk menjadikan aplikasnya menjadi lebih baik atau sempurna daripada sebelumnya. Namun banyak yang menganggap hal ini tak begitu penting, padahal pembaharuan mampu mengatasi bug atau kerusakan pada aplikasi tersebut. Anda dapat mengupdate aplikasi whatsapp ke versi terbaru melalui google play store.
Update WhatsApp ke versi terbaru

4. Hapus dan Install Ulang Whatsapp

Jika ketiga cara tersebut belum bisa jadi solusi berarti ada kerusakan berat yang terjadi pada whatsapp anda. Maka dari itu, cara mengatasi whatsapp error yang harus dilakukan dengan menghapus terlebih dahulu aplikasi tersebut secara permanen. Setelah terhapus, download kembali melalui google play store.

5. Matikan dan Cabut Piranti Smartphone Anda

Cara terakhir yang bisa anda lakukan yaitu dengan mematikan dahulu hp anda, cabut baterai plus kartu SIM, ataupun kartu micro SD yang tersemat di dalamnya. Tunggu beberapa menit lalu pasang kembali dan hidupkan smartphone anda. Buka aplikasi WhatsApp tersebut dan lihatlah hasilnya.


Kesimpulan 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa yang menjadi penyebab whatsapp menjadi error atau bermasalah saat dijalankan dikarenakan faktor RAM dan cache. Untuk itu langkah-langkah pembersihan seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa jadi solusi atas problem ini.

Itulah kelima cara mengatasi whatsapp error pada android anda, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)