Berikut 4 Tips Belajar Agar Cepat Masuk Ke Otak

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Tips belajar agar cepat masuk ke otak

Tips belajar agar cepat masuk ke otak menjadi pembahasan pada artikel ini. Sebagai seorang pelajar, belajar menjadi suatu kegiatan yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari. Belajar merupakan aktivitas yang wajib dilakukan guna menambah ilmu dan wawasan yang sebelumnya sama sekali belum diketahui.

Baik itu ilmu pengetahuan, agama, sosial dan lain-lain semua bisa didapatkan dari suatu proses pembelajaran. Di era modern seperti saat ini tanpa bekal ilmu, maka kamu akan semakin tertinggal.

Selain itu dengan ilmu yang tinggi membuatmu dianggap sebagai orang yang cerdas sehingga orang lain tidak akan mudah untuk menipu ataupun memanfaatkan kamu. Dari beberapa pernyataan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya belajar merupakan aktivitas yang sangat penting dan tidak boleh kita abaikan.


Tips Belajar Agar Cepat Masuk Ke Otak

Dalam proses belajar, seringkali kita mengalami rasa jenuh yang disebabkan oleh materi yang kita pelajari sulit untuk dipahami. Kejenuhan tersebut membuat kita sulit konsentrasi dalam memahami meteri yang sedang kita pelajari sehingga menyebabkan aktivitas belajar kurang maksimal. Maka dari itu, di sini saya akan memberikan beberapa tips agar terhindar dari kejenuhan saat sedang belajar.


  • Belajar Atas Keinginan Sendiri


Tips pertama yaitu belajar atas keinginan sendiri, bukan karena paksaan atau tekanan dari orang lain. Seperti karena disuruh orang tua, takut mendapatkan nilai jelek, serta hal-hal lain yang membuatmu tertekan.

Hal itu dapat membuat otak menjadi sulit untuk memahami materi yang sedang  dipelajari. Untuk itu, buatlah aktivitas belajar menjadi lebih menyenangkan, tak perlu terlalu serius asalkan kamu bisa memahaminya dan juga tidak membuatmu merasa tertekan.


  • Belajar dengan Suasana Tenang


Kebanyakan orang biasanya sulit belajar dalam suasana yang bising, belajar di tempat yang suasananya tenang adalah solusinya. Ketika belajar dalam kondisi yang rileks,  maka otak kita akan merasa lebih nyaman dalam menerima informasi apapun. Tentu saja momen seperti inilah yang tepat kita manfaatkan untuk belajar, materi yang dipelajari lebih mudah terserap ke otak.


  • Belajar Sembari Mendengarkan Musik


Mungkin tips ini hanya berlaku untuk segelintir orang saja. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kebanyakan orang mengalami kesusahan belajar dalam suasana yang bising. Namun ada sebagian orang yang merasa lebih nyaman saat belajar sambil mendengarkan musik, biasanya golongan musik klasik instrumental.

Karena musik jenis itu tidak diikuti dengan vokalisasi dari penyanyi sehingga tidak memecah konsentrasi kita saat belajar. Selain itu, sebagian orang musik klasik instrumental bisa membuat otak mereka merasa lebih rileks, sehingga momen itu tepat dimanfaatkan untuk belajar.


  • Belajar dengan Mengikuti Tutorial


Tidak semua orang mampu belajar secara otodidak, terkadang sekalipun kamu telah membaca buku materi tersebut berulang-ulang kali nyatanya masih belum paham-paham. Jadi bagaimana sebaiknya?

Disini saya sarankan untuk belajar dengan mengikuti tutorial, baik dari teman, guru, orang tua, ataupun internet. Biar bagaimanapun juga kamu tetap membutuhkan pembimbing untuk mengarahkanmu ke jalan yang benar dalam memahami sebuah materi.

Jadi belajar tak hanya membutuhkan teori saja. Praktek juga kita butuhkan guna membuktikan apakah teori ada benar-benar diterapkan. Kamu harus menyeimbangkan keduanya agar hasil belajar menjadi lebih maksimal.


Kesimpulan

Belajar yang baik supaya mudah terserap otak sejatinya tidak sulit untuk dilakukan. Kuncinya cuma rileks dan tenang. Saat ingin belajar, buatlah suasana hati menjadi senang dan carilah metode belajar yang membuat diri tidak merasa seperti teraniaya. Karena sebanyak apapun kamu belajar, jika dirimu sudah merasa tidak nyaman kemungkinan besar materi yang sedang telah pelajari akan sulit masuk ke otak kita.

Di atas beberapa tips agar belajar cepat masuk ke otak, boleh kamu terapkan mulai saat ini dan insyallah bisa membuatmu lebih mudah memahami materi pelajaran yang sudah dipelajari.


Artikel ini merupakan kiriman dari Ikhfan Yusuf

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)