Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran di Blogger dengan Mudah

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Sebagai salah satu upaya pembuatan artikel SEO friendly, mengetahui cara mengaktifkan deskripsi penelusuran sangat penting untuk diketahui. Memang kunci utama dalam penentuan peringkat artikel di mesin pencari semua tetap didasarkan pada konten yang berkualitas, namun jika anda memasang deskripsi penelusuran saya rasakan memberikan suatu keuntungan.

Mengapa saya katakan menguntungkan? Hal ini disebabkan karena fitur ini mampu menarik pembaca untuk membuka artikel kita yang mereka ketahui melalui search engine. Deskripsi singkat yang tertulis di bawah judul Artikel pada pencarian google bisa menjadi umpan yang bagus guna menarik pengunjung anda untuk bisa mengunjungi blog tersebut.

Perlu anda ketahui, deskripsi penelusuran berbeda dengan meta deskripsi yang selama ini mungkin masih anda kira sama.  Pada blogger jelas kedua deskripsi ini berbeda cara pengaktifannya. Meta deskripsi bisa dibuat melalui template dan pengaturan di dashboard blogger, sedangkan deskripsi penelusuran bisa diaktifkan di pengaturan.

Jika meta deskripsi bertujuan untuk menampilkan deskripsi situs secara umum, maka berbeda dengan deskripsi penelusuran yang berguna untuk menampilkan deskripsi artikel yang tentu saja harus dengan judul dan tema konten yang sudah dibuat. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan deskripsi penelusuran melalui platform blogger?


Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran di Blogger

1. Login ke akun blogger anda.
2. Pilih pengaturan ---> preferensi penelusuran
3. Pada bagian deskripsi, anda centang saja bagian "ya" seperti pada gambar dibawah ini
Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran di Blogger

4. Simpan perubahan

Apakah cukup sampai disini? Tentu tidak. Anda masih harus menerapkannya pada artikel supaya deskripsi yang sudah anda buat bisa muncul di google.


Penerapan Deskripsi Penelusuran pada Konten atau Artikel

Sebelum melakukan langkah-langkah yang lebih jauh, ada baiknya anda membuat artikelnya terlebih dahulu. Setelah siap semua, klik tanda panah ke bawah di bagian samping kanan dashboard penulisan blogger. Pilih deskripsi penulusuran, kemudian isi pada kotak yang disediakan.

(Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya)
Penerapan Deskripsi Penulusuran di Artikel

Bagaimanakah Deskripsi Penelusuran yang SEO Friendly itu?

  • Deskripsi harus unik 
Artinya deskripsi ini harus bisa dibuat semenarik mungkin namun tidak sampai membuat klik bait yang menipu calon pengunjung kita. Semakin unik deskripsi yang anda buat maka memperbesar peluang visitor membuka konten anda.

  • Deskripsi yang relevan dengan topik
Hal ini juga tak kalah penting. Terapkan deskripsi penelusuran yang relevan atau sesuai dengan topik atau tema konten yang sudah dibuat. Hal tersebut bisa memberikan nilai lebih di mata pengunjung ataupun mesin pencari

  • Deskripsi mengandung keyword dan tidak lebih dari 150 karakter
Saya rasa sebagian dari anda sudah mengetahui mengenai hal ini. Tips tersebut sering disampaikan oleh para pakar SEO maupun webmaster merupakan salah satu cara melakukan teknik SEO On Page yang baik. Pasang deskripsi penelusuran yang mengandung keyword dan tidak lebih dari 150 karakter supaya tidak terpotong saat ditampilkan di mesin pencari.

Sebagai salah satu upaya teknik melakukan SEO On page, cara mengaktifkan deskripsi penelusuran perlu untuk anda terapkan guna memaksimalkan peluang konten mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)