Kelebihan dan Kekurangan Belajar Otodidak yang Harus Anda Ketahui

June 23, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi apa saja kelebihan dan kekurangan belajar otodidak. Tahukah anda tentang sistem belajar yang satu ini?  Belajar Otodidak adalah suatu cara pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang secara mandiri tanpa ada bimbingan dan arahan dari siapapun.

Kelebihan dan kekurangan belajar otodidak
Ilustrasi Gambar Diambil Dari : kompasiana.com


Apa memang ada pembelajaran model seperti itu? Tentu ada dan sudah banyak yang melakukannya. Sekali pun di zaman sekarang  telah banyak ditemukan sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan/pelatihan formal namun tetap saja tidak menyurutkan niat seseorang untuk mempelajari sesuatu sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa orang melakukan cara belajar seperti itu. Ada yang memang sudah memiliki keinginan seperti itu, ada juga yang tidak puas dengan sistem belajar di sekolah, selain itu ada yang ingin mengembangkan apa yang telah diberikan di lembaga pendidikan dengan mempelajarinya sendiri.


Kelebihan dan Kekurangan Belajar Otodidak


Bagi sebagian orang yang merasa nyaman dengan belajar seperti itu, namun tidak sedikit juga yang justru menganggap belajar otodidak tidaklah efektif. Lalu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangannya?


Kelebihan Otodidak


  • Ilmu yang anda dapat lebih banyak dan juga lebih spesifik. Hal ini dikarenakan anda mencari dan menemukan ilmu itu sendiri. Berbeda ketika belajar di sekolah dimana ilmu anda hanya terbatas dari buku sekolah saja.
  • Ketika anda mempelajari sesuatu dengan cara ini, akan lebih mudah dan lama terekam oleh otak manusia. Karena biasanya belajar otodidak selain dilakukan dengan mempelajari teori juga melakukan praktek. Otak kanan dan otak kiri semua bekerja sehingga memudahkan penyerapan ilmu
  • Bisa menemukan dan menciptakan sesuatu yang baru dari apa yang telah dipelajari. Seseorang yang melakukan pembelajaran otodidak tidak serta merta percaya jika 1+1=2 tapi ia ingin membuat 1+1 menjadi 12.
  • Lebih bebas dalam belajar karena anda melakukannya sendiri tanpa ditekan dan dipaksa oleh siapapun
  • Dan pada puncaknya, anda bisa menjadi ahli di bidang dipelajari. Hal ini dibuktikan dari banyaknya seorang tokoh terkenal yang mempelajari ilmu secara otodidak tanpa kuliah bahkan sekolah sekalipun.

Kekurangan Otodidak

  • Orang yang belajar dengan cara otodidak biasanya menangkap ilmu lebih lama. Hal ini disebabkan tidak adanya guru yang memberikan pengarahan.
  •  Sering kali melakukan kesalahan dalam melakukan sebuah eksperimen. Alasannya sama, tidak ada yang memberikan petunjuk dan arahan secara langsung. Meski sudah ada buku petunjuk namun belum bisa membuat seseorang 100% menerapkannya dengan benar
  • Bisa saja stres, apalagi ketika ilmu yang dipelajari susah untuk dipahami dan sering gagal dalam melakukan eksperimen. Jika tidak kuat, bukan tidak mungkin anda akan menyerah.
  • Belajar otodidak dinilai tidak sistematis oleh sebagian orang.

Penutup 
Namun semua pilihan tetap di tangan anda, ingin mempelajari sesuatu secara otodidak atau tidak. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Demikian pembahasan kelebihan dan kekurangan belajar otodidak yang harus anda tau, semoga bermanfaat.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

  1. saya ngeblog ini otodidak banget
    malah yang diajarkan di sekolah baru keaplikasi di sini
    memang tidak sistematis tapi sebenarnya karena long term memory jadi gak gampang lupa
    menurut saya sih gitu

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)