Cara Belajar Otodidak yang Sebaiknya Anda Lakukan

June 24, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang kelebihan dan kekurangan belajar secara otodidak, kali ini admin akan memberikan informasi tentang bagaimana cara belajar otodidak. Apa pentingnya mengetahui tentang cara belajar seperti ini?

Tentu penting. Belajar otodidak berarti melakukannya sendiri, jika anda mengetahui bagaimana cara belajar otodidak yang benar maka akan lebih mudah dalam menyerap dan memahami ilmu yang dipelajari. Bahkan bukan tidak mungkin, jika melakukannya dengan benar maka anda bisa menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Lantas, apa yang harus saya lakukan?

Cara Belajar Otodidak
Image Source : pxhere.com


Cara Belajar Otodidak

  • Pastikan anda melakukan metode belajar yang tepat dan anda sukai. Ada seseorang yang suka dengan metode belajar dengan mempelajari teori terlebih dahulu, ada yang langsung mempraktekannya. Tetapi tidak sedikit juga yang memadukan keduanya.

  • Anda harus benar-benar mengetahui dan memahami ilmu dasarnya. Jangan pernah meloncat-loncat materi yang dipelajari. Apalagi saat anda belajar suatu rumus yang rumit jika tidak mengetahui dasarnya, pasti merasa kesulitan dalam memahaminya.

  • Jangan cepat menyimpulkan suatu materi. Ketika anda membaca suatu buku pelajaran, maka sebaiknya janganlah terburu-buru menganggap bahwa apa yang disampaikan benar. Coba cari pembanding atau lakukan sebuah eksprimen untuk membuktikan ilmu yang sudah anda terima.

  • Cobalah untuk tidak selalu belajar sendiri, meskipun pada hakikatnya belajar otodidak dilakukan secara mandiri tetapi ada baiknya bentuk kelompok belajar mini. Dengan begitu anda bisa saling berbagi ilmu dan membagikan ilmu kepada orang lain. Anda akan mendapatkan ilmu baru dengan metode belajar seperti ini.

  • Jangan ragu bertanya kepada orang yang lebih ahli di bidang yang sedang anda pelajari. Hal ini dapat memecahkan semua tanda tanya di kepala anda tentang ilmu tersebut dan hal baru yang tidak diketahui sebelumnya bisa menjadi tau.

  • Belajarlah dalam kondisi yang tenang, damai, dan suasana yang mendukung. Pastikan anda belajar di tempat yang membuat anda nyaman. Jika merasa terganggu dengan suara-suara saat mempelajari sesuatu, maka cobalah untuk belajar di kamar pada malam hari saat suasana sudah hening. Jika anda nyaman belajar sambil mendengarkan musik maka lakukanlah. 

Penutup

Insyaallah, jika anda melakukan keenam hal diatas maka anda lebih mudah menyerap suatu ilmu meskipun harus dipelajari sendiri tanpa adanya pembimbing. Itulah beberapa cara belajar otodidak yang dapat dilakukan, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

  1. saya juga suka belajar otodidak pak. Semakin dipelajari semakin menantang, saya harus bisa.

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)