Cara Backup Blog (Baik Seluruh Data maupun Template)

June 20, 2018

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Setelah sekian lama admin tidak mengupdate blog ini, pada kesempatan yang baik ini admin sedikit ingin memberikan sedikit tutorial tentang cara backup blog menggunakan platform blogger. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

Mungkin sebagian dari anda masih belum mengerti betapa pentingnya melakukan suatu backup. Membackup bisa disebut juga "mencadangkan" sesuatu supaya dapat digunakan kembali suatu saat nanti ketika dibutuhkan.

Tidak ada yang bisa menjamin blog yang kita kelola bisa berumur panjang dan bertahan lama. Suatu saat blog anda bisa saja terhapus baik sengaja ataupun tidak. Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti akun blog yang anda miliki dihapus oleh pihak google atau terjadi hal lain sehingga situs tidak bisa di akses .Karena alasan itulah, anda perlu melakukan hal tersebut untuk mengamankan akun tersebut.


Cara Backup Blog Via Blogger


Admin akan membaginya menjadi 2 tutorial, yang pertama adalah membackup data (postingan, komentar, dsb) dan juga pencadangan khusus template saja. Yuk, langsung saja simak caranya

Membackup Data


1. Masuk ke akun blogger
2. Pilih setelan ---->> lainnya
3. Jika ingin membackup konten maka pilih pada bagian "back up konten" (Lihat gambar di bawah)
Cara Backup Blog Bagian 1
4. Langkah selanjutnya klik simpan ke komputer, tunggu hingga prosesnya selesai

Cara backup blog bagian 2

5. Kini seluruh konten sudah dicadangkan

Membackup Template


  • Silahkan menuju ke bagian tema
  • Lalu pilih backup/pulihkan 
Cara Backup Template Blog

  • Langkah terakhir klik download dan tunggu hingga selesai
Cara Backup Template 2

  • Kini template sudah berhasil di back up
Mudah bukan?

Penutup


Untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi sesuatu pada akun blogger anda, sebaiknya mulai saat ini anda melakukan hal diatas secara berkala (bisa seminggu sekali atau sebulan sekali). Demikian tutorial mengenai cara backup blog (konten maupun template) semoga bermanfaat bagi pembaca.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)