Berikut Cara Membuat Artikel Rewrite yang Berkualitas

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Di kesempatan yang berbahagia ini, admin akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara membuat artikel rewrite yang berkualitas. Bagi seorang blogger, membuat konten/artikel merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan. Namun kenyataannya hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Bukan perkara waktu, melainkan sulitnya membuat tulisan yang original.

Cara Membuat Artikel Rewrite yang Berkualitas


Sebenarnya hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak rutin mengupdate konten blog anda. Anda masih bisa melakukan suatu teknik dalam menulis artikel, yaitu teknik merewrite artikel. Seperti apakah teknik yang satu ini?

Mengetahui Rewrite Artikel

Rewrite berasal dari kata re dan write. Re bisa diartikan ulang, sedangkan write memiliki makna menulis. Dari sini kita bisa mengetahui jika rewrite artikel dapat diartikan menulis ulang artikel menggunakan gaya bahasa kita sendiri. 

Rewrite, banyak yang mengatakan akan sulit bersaing di serp google. Benarkah demikian? Bisa benar, jika anda melakukannya secara asal-asalan. Padahal cara ini bisa dijadikan senjata untuk melawan konten-konten yang nangkring di peringkat atas google. Bagaimana bisa?


Cara Merewrite Artikel Sehingga Menjadi Berkualitas


Untuk melakukan cara ini, selain dibutuhkan kemampuan menulis yang baik, dibutuhkan juga kesabaran. Karena anda juga perlu menganalisa kompetitor dalam pembuatan artikel jenis ini agar terlihat lebih unik dari aslinya. Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Jangan Hanya Jadikan 1 Sumber Sebagai Bahan Rewrite Anda
Ini kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger ketika mencoba melakukan rewrite artikel. Yang biasa dipilih ialah situs yang berada di peringkat teratas google. Memang, tulisan tersebut pasti dianggap berkualitas oleh Google namun jika anda hanya menggunakan satu sumber saja, hal tersebut membuat konten anda tidak memiliki nilai lebih.

Jadi bagaimana solusinya? 

Jadikan banyak artikel sebagai bahan untuk melakukan cara ini. Ya, setidaknya minimal 3 artikel. Pilihlah yang benar-benar berkualitas serta memiliki daya informasi yang bagus terhadap pembaca.

  • Tidak cukup sampai disitu, anda juga perlu menganalisis sumber yang anda gunakan
Dengan menganalisis anda bisa mengetahui, celah dari tulisan tersebut. Perlu anda ketahui, sekalipun konten yang berada di peringkat teratas google tetap saja masih memiliki kekurangan. Namanya juga manusia yang membuat, pasti tidak lepas dari kesalahan.

Anda bisa menganalisis hal-hal berikut ini :

a. Apa informasi yang belum disampaikan pada situs tersebut yang bisa saya sampaikan?
b. Apa sesuatu yang salah pada tulisan tersebut yang perlu saya perbaiki?

Sesudah menganalisa, silahkan lanjut ke poin ketiga 

  • Lakukanlah Poin A dan B Diatas Sebagai Pondasi Dasar Membuat Tulisan Rewrite
Sudah menganalisa? Kini saatnya anda menerapkannya dan mempraktekkannya. Kita mulai dari poin a terlebih dahulu.

Menyampaikan sesuatu yang belum disampaikan. Misal, anda merewrite sebuah tulisan dimana tulisan tersebut membahas tentang spesifikasi sebuah smartphone.  Mungkin saja pada situs tersebut ada yang belum dijelaskan, seperti spesifikasi baterai tersebut, atau spesifikasi memori internal tersebut, ataupun lainnya.

Jika anda menemukan hal seperti itu, tambahkan pada artikel. Dengan melakukannya berarti anda telah membuat konten yang lebih kaya informasi daripada tulisan aslinya.

Apa yang perlu saya perbaiki? Tentu ada.  Perbaikan disini meliputi banyak aspek, selain dari faktor kualitas tulisan perbaikan juga harus dilihat dari sisi ejaan, gaya bahasa, tanda baca, penyampaian informasi dan masih banyak lagi.

Jika bisa, lakukan perbaikan secara total, jangan setengah-setengah. Tambahkan bukti yang kuat (bisa gambar, data, ataupun diagram). Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca jika tulisan anda memang lebih baik karena bukan sekedar tulisan, tetapi ada bukti kuat yang mendukung 

Tambahan :
Menulis artikel rewrite bukanlah membolak balikkan kata, mengubah kalimat aktif menjadi pasif ataupun sebaliknya. Itu cara yang menurut saya kurang tepat. Justru tulisan anda semakin tidak enak dibaca.

Yang benar, anda menulis menggunakan cara anda, menggunakan gaya anda, menggunakan style anda. Yang tentu menjadi ciri khas tulisan anda. Selain itu anda bisa menggunakan kata sinonim untuk menulis ulang sebuah artikel, dengan begitu konten yang dibuat menjadi lebih unik dari aslinya.

Penutup
Jika anda melakukan rewrite artikel dengan benar, maka bukan tidak mungkin konten blog yang anda buat bisa menaklukkan mesin pencari. Memperbaiki sesuatu yang belum benar, dan menambahkan sesuatu yang belum ada merupakan kunci melakukan teknik menulis yang satu ini. Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

2 Comments

  1. Dulu pernah merewrite tulisan tapi masih sebatas buat rancangan buat blog orang tapi ketika nggak deal ya udah deh. itupun kesalahan yang sama alias hanya menggunakan 1 sumber aja

    ReplyDelete
  2. cukup menarik pembahasannya mas..

    pada bagian tambahan saya sangat setuju dengan anda.

    sungguh ilmu penulisan rewrite yang cukup bermutu hehehe

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)