Pembahasan Mengenai Teks Berita : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Syarat Teks Berita

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Mengenal teks berita - Berita sudah pasti sering kita dengar menemani kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari kita pasti selalu mendengarnya. Melalui televisi ataupun radio kita bisa mendengar berita yang sumbernya dari berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, bahkan melalui media sosial pun berita juga dengan mudah ditemukan.
Mengenal pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan syarat teks berita
Sumber gambar : pixabay.com

Berhubungan dengan berita, kali ini admin akan membahas secara lengkap mengenai teks berita mulai dari pengertian, struktur. ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan juga berita. Anda harus tau, menulis berita tidak bisa dilakukan asal-asalan setidaknya ketahuilah beberapa hal berikut sebelum anda membuat teks berita.

Pengertian Teks Berita


Apa itu teks berita? Teks berita dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang terjadi di dunia ini yang diinformasikan melalui situs berita/media sosial, ditayangkan melalui layar televisi, ataupun diperdengarkan melalui radio. Teks berita harus berisi fakta. Namun tak semua fakta bisa diangkat menjadi sebuah berita.

Struktur Teks Berita

  1. Orientasi Berita. Dapat diartikan sebagai pembuka berita. Pada bagian ini dijelaskan apa masalah/peristiwa yang terjadi yang akan diinformasikan dalam berita.
  2. Peristiwa. Pada bagian ini adalah inti atau nyawa dari berita itu sendiri. Keseluruhan rangkaian berita disampaikan secara runtut dan tentu saja didukung dengan fakta dalam berita ini.
  3. Sumber Berita. Sumber berita dicantumkan untuk meyakinkan pembaca bahwa berita yang dibuatnya adalah fakta dan tidak dibuat-buat. Sumber berita dapat diletakkan di akhir berita ataupun di dalam berita itu sendiri.

Ciri-ciri Teks Berita

Suatu teks berita memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berisi Fakta
Artinya teks berita harus ditulis sesuai dengan kejadian dan kondisi yang sesungguhnya. Tidak dikurangi ataupun ditambah-tambahkan. Berita juga tidak bisa ditulis berdasarkan opini penulisnya.

  • Aktual
Suatu berita pasti memberitakan peristiwa yang baru saja terjadi atau yang disebut sebagai berita aktual. Peristiwa yang sudah basi atau yang sudah pernah ditulis tidak mungkin ditulis dalam berita karena pasti membuat pembaca bosan dan enggan membacanya kembali.

  • Jelas
Berita harus disampaikan secara jelas bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Artinya berita yang disampaikan harus mudah dipahami oleh pembaca dan tidak membuat pembaca masih bertanya-tanya tentang isi berita tersebut.

  • Segera Disampaikan
Peristiwa yang baru saja terjadi harus disampaikan langsung tanpa menunda-nuda. Dengan menyampaikan peristiwa secara langsung menandakan berita tersebut merupakan berita yang aktual.

  • Diterima Masyarakat

Berita yang disampaikan harus bisa diterima masyarakat. Berita tidak boleh disampaikan apabila menyinggung kelompok masyarakat tertentu.

  • Menggunakan Kalimat Sederhana
Teks berita menggunakan kalimat yang sederhana namun tetap formal dan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

  • Menggunakan Kalimat Langsung
Teks berita pasti terdapat kalimat langsung. Apa itu kalimat langsung? Kalimat langsung merupakan kalimat yang ditandai dengan adanya dua tanda petik ganda yang diikuti dengan keterangan penyerta.

Contoh kalimat langsung :
"Korban telah dievakuasi untuk mendapatkan tindakan otopsi," ucap Jamil.

  • Menggunakan Konjungsi Temporal
Konjungsi temporal merupakan kata hubung yang menyatakan hubungan waktu dua peristiwa yang berbeda. Contoh konjungsi temporal : setelah, sebelum, sejak, awalnya, akhirnya, kemudian.

Contoh kalimat yang mengandung konjungsi temporal :

Pencuri tiba di lokasi, kemudian dengan lihainya mencuri barang yang ada di rumah tersebut.

  • Menggunakan Kata Kerja Mental
Kata kerja mental merupakan kata kerja yang menunjukkan reaksi atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan.

Contoh kata kerja mental : 
Merasa benda di rumahnya telah dimasuki maling, lantas wanita muda itu melaporkannya ke polisi.

  • Menggunakan Keterangan Fungsi Tempat dan Waktu
Di dalam teks berita terdapat keterangan
yang menunjukkan keterangan tempat maupun keterangan waktu. Tujuannya agar penyampaian berita bisa mudah dimengerti.

Contoh : ujar Ketua Karang Taruna David Maulana saat dihubungi hari Rabu (8/3/2016).

Bagaimana Syarat Teks Berita?

  1. Aktual. Suatu berita harus menyajikan topik yang masih hangat.
  2. Berdasarkan Fakta. Teks berita harus berisi fakta bukan menyajikan berita hoax atau palsu.
  3. Seimbang. Artinya berita tidak memihak pihak atau golongan manapun.
  4. Menarik. Menggunakan judul yang menarik membuat orang penasaran dan mau membaca berita tersebut.
  5. Sistematis. Berita harus disampaikan secara sistematis atau berurutan
  6. Disajikan Lengkap. Suatu teks berita harus disajikan secara lengkap sesuai dengan unsur struktur teks berita dan juga 5W+1H (Apa, kapan, dimana, siapa, mengapa, bagaimana)

Baca Juga : Apa itu artikel?


Itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, serta syarat teks berita yang dapat admin sampaikan. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Paypal Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus - Terima kasih.

3 Comments

  1. Iya, memang harus aktual sih yg namanya berita itu...

    ReplyDelete
  2. Mantap informasinya... Terima kasih mas

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan, telah berbagi ilmu kepada masyarakat, terutama saya. Jika saya bolehmemberi masukkan, saya ingin artikel ini dilengkapi dengan contoh dari teks berita, agar para pembaca dapat mengerti dan lebih memahami teks berita yang benar. Terimakasih

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)