2 Cara Memasang Widget Fanspage (Halaman Facebook) di Blogger

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara Memasang Widget Fanspage - Fanspage atau halaman facebook memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan jika anda memilikinya. Fanspage bisa dijadikan sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan produk-produk bagi anda yang bergelut di dunia bisnis online.

Selain itu bagi seorang blogger, fanspage sebaiknya untuk dimiliki. Mengapa? Dengan memiliki fanspage dapat memperbesar peluang untuk meningkatkan visitor dan juga trafik blog anda. Dengan jumlah pengguna facebook aktif yang mencapai sekitar 115 juta. Ini masih pengguna Indonesia, belum seluruh dunia yang jumlahnya mencapai hampir 2 miliar.

Namun tetap saja jika fanspage hanya sekedar fanspage tanpa liker juga tak ada gunanya. Bukan visitor dan trafik yang didapatkan, justru blog anda semakin sepi layaknya kuburan.

Memperoleh liker fanspage bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu salah satunya dengan mempromosikan fanspage tersebut ke teman facebook anda. Selain itu memasang fanspage di blog bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk memperoleh jumlah liker dan pengunjung di fanspage anda.

Memasang widget fanspage di blog, terutama platform blogger sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi anda sebelumnya memang sudah memiliki fanspage tersendiri. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan

Cara Memasang Widget Fanspage di Blogger

Sebelum memulai, pastikan anda memiliki sebuah fanspage terlebih dahulu. Disini admin tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat fanspage (halaman facebook) itu. Sebab sudah banyak tutorial di internet yang menjelaskan bagaimana cara pembuatannya.

Dalam tutorial kali ini, admin langsung menyampaikan bagaimana cara memasang widget fanspage di blog anda sekalian. So, tanpa menunggu lama marilah kita ikuti langkah-langkahnya.

Cara mengisi data plugin Halaman Facebook
Images Source : Facebook Developers

Perhatikan angka-angka tersebut. Kotak yang terdapat angka didalamnya dapat anda isi dengan isian sebagai berikut :

  1. Isi dengan URL Fanspage (Halaman Facebook) anda.
  2. Diisi dengan tulisan "timeline" (jika anda ingin menampilkan linimasa fanspage anda pada widget tersebut), bisa juga diisi dengan tulisan "messages" (jika anda ingin seseorang mengirim pesan ke fanspage anda langsung melalui widget tersebut), atau bisa dua-duanya anda tampilkan (pisahkan dengan tanda koma). Jika anda ingin mengosongkannya pun tak jadi masalah.
  3. Lebar dan Tinggi. Sesuaikan dengan selera anda. Namun tetap ada batasan ukuran. Untuk lebar ukuran harus berada diantara 180 hingga 500 pixel. Sementara untuk tinggi ukuran harus minimal 70 pixel.
  4. Gunakan Judul yang Lebih Kecil? Sesuaikan selera saja. Jika anda ingin judul fanspage anda terlihat lebih kecil ya centang saja. Jika tidak maka tidak perlu dicentang.
  5. Sesuaikan dengan lebar wadah plugin? Lebih baik centang saja supaya ukurannya bisa pas dan menyesuaikan.
  6. Sembunyikan Foto Sampul? Jika anda ingin menyembunyikan foto sampul fans page anda pada widget yang akan dipasang maka beri tandang centang. Namun jika Anda ingin menampilkannya maka tidak perlu beri tanda centang.
  7. Tampilkan Wajah Teman? Jika anda ingin menampilkan wajah teman facebook anda yang sebelumnya sudah mengelike fanspage anda maka berilah tandang centang pada pilihan tersebut. Namun jika tidak maka biarkan saja.
Setelah angka 1 - 7 sudah anda isi maka anda bisa melihat tampilan preview widget anda dibawah (seperti gambar diatas). Jika sudah pas langsung klik "dapatkan kode" maka anda langsung tertuju ke halaman berikut

Kode Iframe Widget Fanspage yang harus Anda pasang di blog
Images Source : Facebook Developers
Pilih tab iframe, nanti akan muncul kode-kode seperti  gambar diatas. Copy seluruh kode tersebut. Nantinya kode tersebut akan diletakkan di blog anda.

  • Sekarang buka akun blogger anda
  • Pilih Tata letak >>> Tambahkan Gadget HTML/Javascript
  • Paste kode yang telah dicopy tadi seperti pada gambar berikut ini
Menaruh kode iframe widget fans page di widget HTML/Javascript
Images Source : blogger.com
  • Jangan lupa simpan template anda dan lihatlah hasilnya.
Bagaimana ? Apakah berhasil terpasang dengan baik? Jika tidak tak perlu risau, admin akan memberikan cara yang kedua. Bagaimana itu?

Cara Kedua Memasang Widget Fanspage di Blogger

  • Langkah pertama cukup copas kode berikut ini
<div style=".background-color:#FFFFFF;width:350px;padding:0;height:300px;height:300px;overflow:hidden;"><div style="height: 300px; overflow: hidden;">

<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/likebox.php?href=https://www.facebook.com/firdaus.artikel&amp;width=350&amp;height=265&amp;show_faces=true&amp;header=false&amp;stream=false&amp;show_border=false" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:350px; height:265px;" allowtransparency="true"></iframe>

</div>

</div>

Jangan lupa ganti https://www.facebook.com/firdaus.artikel dengan url fanspage anda.

  • Langkah selanjutnya sama seperti cara ke 1 buka akun blogger anda.
  • Pilih Tata Letak, tambahkan widget HTML/Javascript
  • Pastekan kode tersebut disana.

Anda bisa menggunakan 2 cara diatas untuk memasang widget tersebut di blog Anda. Sekian artikel 2 Cara Memasang Widget Fanspage (Halaman Facebook) di Blogger admin berikan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga : Cara Memasang Tombol Share Line

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

4 Comments

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)