Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Cara Cek Nomor Rekening - Belakangan ini marak sekali terjadinya penipuan online sehingga banyak yang menimbulkan keresahan bagi si pengirim uang tersebut. Berbelanja online, menggunakan jasa berbayar seseorang, serta adanya pesan singkat dari seseorang yang menyuruh kita untuk melakukan transaksi ke rekening tersebut. Beberapa hal tersebut sangat berpotensi untuk menjadi sebuah tindak penipuan sehingga anda harus benar-benar waspada, jangan mudah percaya.

Untuk hal yang pertama (belanja online) dan yang kedua (menggunakan jasa berbayar ke seseorang) memang tidak semuanya bakal melakukan penipuan, banyak juga yang mencari rejeki dengan cara yang jujur dan halal. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan maka kita harus melakukan tindakan pencegahan sebelum penipuan tersebut benar-benar terjadi pada kita.

Bagaimana Caranya?



Dengan melakukan cek rekening. Karena kebanyakan proses transaksi online harus mengirimkan sejumlah uang ke rekening orang tersebut maka melakukan pengecekan rekening untuk memastikan tentang keamanan rekening tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Cek Rekening?



Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) sudah sangat baik sekali dengan meluncurkan suatu website yang berguna untuk mengecek suatu rekening apakah pernah bermasalah dan pernah dilaporkan atas kasus tindakan kejahatan.

Website yang dimaksud yaitu CekRekening.id seperti apa website tersebut? Dan bagaimana cara kerjanya?

Tentang CekRekening.id



CekRekening.id merupakan website milik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibuat dengan tujuan membantu pengguna transaksi elektronik demi terciptanya lingkungan e-commerce yang aman, sehat, dan nyaman.

Sistem kerja website ini yaitu dengan melakukan pengumpulan database rekening bank yang pernah melakukan tindakan penipuan. Ada beberapa unsur tindak pidana yang bisa kita laporkan terkait rekening bank yang dimaksud

  1. Penipuan
  2. Terorisme
  3. Investasi Palsu
  4. Narkotika dan Obat-obatan Terlarang
  5. Dan Juga Kejahatan Lainnya
Jadi selain berfungsi untuk mengecek nomor rekening, website tersebut juga berguna untuk melaporkan tindak kejahatan yang berhubungan dengan transaksi online.

Bagaimana Cara Melakukan Pengecekan Nomor Rekening di CekRekening.id?



Website Milik Kominfo RI Untuk Mengecek Keamanan Nomor Rekening
Sumber gambar : cekrekening.id

  • Isi Nama Bank dan Juga Nomor Rekening Pada Kotak yang Telah Disediakan

Cara Melakukan Pengecekan Nomor Rekening Melalui CekRekening.id
Sumber gambar : cekrekening.id

  • Jika Rekening Tersebut Aman Maka Muncul Kotak Seperti Dibawah Ini
Hasil Pengecekan Nomor Rekening CekRekening.id
Sumber gambar : cekrekening.id

Jika rekening tersebut bermasalah, maka akan muncul peringatan bahwa rekening tersebut terindikasi tindak kejahatan.

Selain dapat mengecek, anda juga dapat melaporkan suatu tindakan kejahatan yang berhubungan dengan transaksi online pada website tersebut. Isi data-data (nama Bank, nomor rekening, kronologi, dan tidak lupa bukti tindak kejahatan orang tersebut) maka laporan anda segera diproses untuk mendapatkan penanganan.

Anda juga dapat melakukan laporan ataupun konsultasi melalui di nomor 0822-1010-1112 dan (021) 384.5786 atau via email ke cybercrimes@mail.kominfo.go.id

Tips Aman Melakukan Transaksi Online


Tips Aman Melakukan Transaksi Online
Sumber gambar : pixabay.com
  • Cek Terlebih Dahulu Harganya
Cek terlebih dahulu barang yang dijual apakah memiliki harga yang wajar atau tidak. Kalaupun memang sengaja dijual murah oleh si Penjual tentu tidak mungkin dijual dibawah 50% dari harga pasaran. 

Banyak orang yang tergoda dan akhirnya tertipu karena terlalu percaya dengan harga yang "terlalu" murah. Jika anda menemukan barang dengan harga yang terlalu murah bahkan selisihnya melampaui 50%.

  • Cek Trade Record Si Penjual
Penting rasanya bagi seorang calon pembeli untuk mengetahui trade record serta kredibilitas si penjual. Cek apakah dia pernah melakukan penipuan atau tidak, cek juga apa dia memiliki banyak pelanggan dan testimoni yang menunjukkan bagusnya barang yang dijual dan juga testimoni yang baik bagi si penjual.

Namun anda juga perlu berhati-hati, terkadang testimoni yang dibuat memang sengaja "dibuat-buat" untuk mengelabui calon pembeli.

  • Pilih E-Commerce yang Terpercaya
Melakuan belanja online menggunakan e-commerce memang lebih aman daripada melakukan belanja online langsung ke orang lain yang belum dikenal. Pilihlah e-commerce yang aman dan terpercaya sehingga bisa bertanggung jawab apalagi terjadi masalah pada jual beli tersebut (entah barang rusak, cacat, ataupun hal lainnya)

Selain itu e-commerce melakukan sistem pembayaran bersistem rekber (rekening bersama) dimana si pembeli menyerahkan terlebih dahulu uang ke pihak e-commerce. Uang ditahan terlebih dahulu oleh pihak e-commerce sebelum barang benar-benar dikirim dan sampai ke pembeli. Tentu hal ini memberikan keamanan bagi calon pembeli.


  • Jangan Lupa Simpan Bukti Transaksi
Saat melakukan transaksi online yang berpotensi terjadinya penipuan ini penting bagi seseorang untuk menyimpan bukti transaksi ke rekening orang tersebut. Tidak lupa simpan juga bukti percakapan anda dengan si penjual mulai dari tahap negosiasi hingga uang berhasil dikirimkan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Maraknya penipuan berkedok transaksi online membuat banyak orang yang takut sehingga tidak mau lagi untuk melakukan transaksi online. Tak perlu takut, asal tetap waspada dan selalu melakukan pengecekan sebelum melakukan transaksi maka semua akan baik-baik saja.

Jangan terburu-buru untuk melakukan pembayaran saat belanja online, jangan berikan kesempatan bagi penipu untuk melakukan aksi penipuan lebih lanjut lagi seperti apa yang telah dikatakan Almarhum Bang Napi :
Kejahatan Terjadi Bukan Karena Adanya Niat Dari Pelaku, Tetapi Terjadi Karena Adanya Kesempatan. Maka Waspadalah, Waspadalah !


Bijaklah Dalam Bertransaksi, Niscaya Kejahatan Tidak Akan Mengintai Kita.

Baca Juga : Alasan Mengapa Jasa Penulisan Artikel Dibutuhkan 

Sekian artikel tentang Menghindari Penipuan Transaksi Online Dengan Cek Rekening Secara Online semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

Bila pembaca merasa bahwa artikel-artikel di blog Firdaus bermanfaat, pembaca bisa memberikan sedikit donasi melalui Rekening BRI. Dana hasil dari donasi tersebut akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog Firdaus Terima kasih.

3 Comments

  1. Akhir-akhir ini kemudian marak lagi penipuan online ya mas, semoga pihak-pihak terkait dapat segera mengambil tindakan aktif, sehingga meminimalisir dampak negatif nya bagi masyarakat umum, serta kegiatan online tetap memiliki nama baik.

    ReplyDelete
  2. Semoga makin banyak konsumen cerdas yg tau hak2 dan kewajibannya yaa

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)