Jangan Salah, Berikut Perbedaan Antara Content Writer dan Copywriter

Baca Juga Artikel Berikut Ini

Anda pasti sering mendengar istilah content writer dan juga copy writer dalam dunia kepenulisan. Apa menurut anda keduanya sama? Atau anda menganggapnya berbeda? Sebenarnya keduanya sama-sama disebut seorang penulis.

Namun tetap saja masih banyak yang bingung membedakan antara content writer dan copywriter. Bagaimana perbedaan antara content writer dan copywriter? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Perbedaan Content Writer dan Copywriter


Perbedaan Content Writer dan Copywriter yang Harus Anda Ketahui
Sumber gambar : pixabay.com

Banyak juga orang yang merasa kedua writer itu sama padahal jelas sekali bahwa kedua writer tersebut tidaklah sama. Bahkan bisa dibilang sangat jauh berbeda. Jangan salah menafsirkan, berikut perbedaan 2 writer tersebut

Content Writer

Jika kita melihat dari unsur kata, maka content dapat di artikan "konten" sedangkan writer dapat diartikan sebagai "penulis". Jadi content writer merupakan penulis konten artikel pada suatu blog atau website.

Seorang content writer menuliskan sebuah artikel bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan juga berguna bagi pembaca. Konten tersebut tentunya harus berbobot dan bisa memberikan nilai yang lebih bagi pembaca. Lalu apa bedanya dengan copywriter?


Copywriter

Jangan salah dengan istilah copywriter ini, meskipun bernama "copy", bukan berarti penulis tersebut menulis artikel copas karena anda melihat dari kata copy yang artinya menyalin. Penulisan yang benar adalah copywriter bukan "copy writer", mengapa dipisah? Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan penafsiran tentang copywriter. Dengan disambungkannya tulisan antara copy dan writer membuat istilah copywriter tidak bisa disebut sebagai penulis copas.

Admin rasa anda sudah mengerti apa yang dimaksud. Oke, kembali lagi ke pembahasan inti soal copywriter, meskipun sama-sama penulis namun apa yang ditulis seorang copywriter sangat berbeda dengan apa yang ditulis seorang content writer.

Seorang copy writer menuliskan sesuatu yang tujuannya untuk mempengaruhi pembaca agar mengunjungi dan membeli apa yang ada di tulisan kita. Seorang copywriter harus bisa mempunyai kemampuan promosi yang baik karena pada dasarnya tujuan utama tulisan copywriter adalah untuk mempromosikan suatu barang atau produk.

Sedikit gambaran perbedaan antara content writer dan copywriter : seorang pemilik toko sepatu ingin mempromosikan produknya agar bisa dikenal masyarakat luas dan tentunya laris manis dibeli. Dalam hal ini seorang pemilik toko sepatu membutuhkan seorang copywriter agar sepatu yang dijualnya bisa diperkenalkan dan akhirnya si pembaca membeli sepatu yang di jual.

Apa cukup hanya copywriter saja? Tentu tidak, content writer juga dibutuhkan. Seseorang jika ingin membeli sesuatu semisal sepatu terutama bagi yang pertama kali membeli sepasang sepatu pasti akan mencari tau terlebih dahulu bagaimana ciri sepatu yang bagus dan juga berkualitas. Berangkat dari inilah seorang content writer harus menuliskan artikel tentang ciri sepatu yang bagus dan juga berkualitas.

Jadi, selain toko tersebut mempromosikan barang dagangannya, toko tersebut juga memberikan informasi-informasi yang bermanfaat berkaitan dengan apa yang dijualnya. Jadi pembeli semakin yakin untuk membeli barang tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan perbedaan seorang content writer dengan copywriter terletak pada tujuan menulis si penulis tersebut. Seorang content writer menulis dengan tujuan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca, sedangkan seorang copywriter menulis dengan tujuan mempengaruhi pembaca untuk membeli apa yang ditulis oleh seorang copywriter.

Baca Juga : Mengapa Anda Membutuhkan Seorang Penulis Artikel?

Itulah perbedaan antara content writer dan copywriter yang harus anda ketahui. Jika Anda memiliki pendapat lain soal content writer dan copywriter writer ini monggo sampaikan di kolom komentar.

Dapatkan Update Artikel Blog Firdaus Melalui Email

5 Comments

  1. yang saya tahu copy writer itu bikin slogan2 atau tagline menarik, bisa itu di iklan, baliho, spanduk atau apapun yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli. berarti yang saya pahami selama ini salah satu tugas dari copywriter, umumnya copywriter segala sesuatu yang menarik orang untuk membeli melakui tulisan berarti.

    ReplyDelete
  2. conten writter itu benar penulis konten, tp klo copywriter sepertinya penulis konten yang meniru alias mengcopy dengan gaya bahasa sendiri

    ReplyDelete
  3. wahh thankss gan infonya..
    kalo copy writer itu setahuku penulis yang menggunakan bahasa yang menarik untuk menggaet pengunjung untuk memakai atau membeli suatu produk..

    ReplyDelete

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)