January 6, 2018

Pentingnya Promosi Blog Untuk Meningkatkan Visitor Blog Kita

Sumber gambar : pixabay.com
Sumber : pixabay

Pentingnya promosi blog untuk meningkatkan visitor blog kita- Banyak yang bingung dan bertanya-tanya, saya sudah sering update artikel, tiada hari yang tidak saya gunakan untuk membuat artikel.

Bahkan dalam sehari saya bisa membuat lebih dari 1 artikel. Tapi mengapa visitor saya tidak kunjung meningkat? Bukankah jika sering update artikel bisa meningkatkan trafik visitor pada blog kita?

Semua pertanyaan diatas sudah sering kali di dengungkan oleh para blogger yang blognya sepi pengunjung padahal sudah membuat artikel yang banyak dan selalu di update.

Ibarat menjual barang yang menarik, tetapi tidak ada yang membeli. Jangankan beli, mampir saja tidak. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti ngeblog karena minimnya visitor yang datang ke blog mereka.

Apa tindakan diatas yang dilakukan mereka salah? Sebenarnya apa yang mereka lakukan tidak salah. Google memang menyukai blog yang selalu di-update oleh si empunya.

Tetapi anda harus ingat. Siapa sih yang nantinya akan berkunjung ke blog kita? Google kah? Atau manusia ? Manusia bukan? Membuat pengunjung datang ke blog kita saja tak cukup dengan cara seperti diatas.

Perlu adanya tindakan lain agar blog yang kita miliki mudah dikenali oleh orang lain. Tindakan apa yang perlu kami lakukan min?

Baca juga : Membuat artikel human friendly


Promosi. Ingat, blog-blog besar yang ada saat ini bisa sukses karena awalnya mereka melakukan promosi sebelum blog mereka benar-benar terkenal. Mereka tidak setuju dengan anggapan "buat artikel saja yang berkualitas, nanti toh datang pengunjung sendiri dari search engine".

Mereka menganggap tak hanya membuat artikel berkualitas saja untuk menarik visitor tetapi mempromosikan blog mereka juga tidak kalah pentingnya dengan membuat artikel yang berkualitas. Tetapi perlu adanya keseimbangan juga antara melakukan promosi dengan membuat artikel yang berkualitas.

Mempromosikan blog begitu penting untuk meningkatkan visitor blog kita. Apa saja itu? Mengapa begitu penting? Baiklah akan admin jelaskan disini :

1. Dengan mempromosikan blog membuat blog kita mudah dikenal

Tidak ada blog sukses yang dulunya tidak melakukan promosi agar blognya jadi terkenal. Mungkin kini kita sering mendengar kata Blogwalking (mengunjungi ke blog orang lain) agar blog kita kunjungi bisa berkunjung balik. Akhirnya blog kita ada yang mengenali.

Begitu pun pada waktu itu. Blog-blog besar seperti panduanim.com, Sugeng.id, blogodolar.com, maxmanroe.com, arlinadzgn.com, dsb tentunya juga melakukan hal tersebut agar blog mereka menjadi mudah dikenal oleh orang lain. (Entah apa istilahnya pada waktu itu). Intinya mereka giat melakukan promosi untuk mengenalkan blog mereka.

2. Dan akhirnya blog kita semakin dikenal

Langkah awal telah kita lakukan, melakukan promosi ke sana sini agar blog dikenali oleh orang lain. Awalnya memang belum terlalu banyak. Tetapi setidaknya ada yang mengenali.

Nanti seiring berjalannya waktu akan semakin banyak orang yang mengenali blog kita. Jika sudah semakin dikenal maka jalan untuk mendapatkan visitor lebih juga semakin mudah di dapat. So, jangan berhenti untuk melakukan promosi.

3. Blog kita pun semakin dikenal dan juga banyak yang menyukai.

Promosi telah kita lakukan, blog kita semakin banyak yang mengenali seiring berjalannya waktu. Dan pengunjung banyak yang tertarik dengan konten yang ada di dalam blog kita. Mereka pun menyukainya. Jika sudah banyak yang menyukai sudah pasti blog kita akan kebanjiran visitor.

Ibarat kita menjual barang. Kita melakukan promosi ke sana ke mari, ada orang yang membeli dan orang tersebut menyukai dengan barang yang kita jual. Dia pun mempromosikan juga barang itu ke teman-temannya akhirnya barang itu menjadi laris terjual. Ada simbiosis mutualisme disini.

Blog-blog besar kini telah memiliki banyak visitor bahkan blog mereka kini selalu diingat oleh hampir seluruh orang di Indonesia ini.

Tetapi anda harus pahami juga, promosi boleh-boleh saja tak ada yang melarang. Tetapi juga harus tau batasan. Ketika kita mempromosikan blog kita di media sosial seperti Facebook janganlah mempromosikan blog dengan mengirimkan link langsung secara terus menerus.

Baca juga : Bahaya terlalu sering menyebar link blog ke facebook


Jangan sampai admin grup tersebut merasa anda melakukan spamming. Bukan visitor yang didapat, malah Anda yang dikeluarkan dari grup tersebut.

Lakukanlah juga promosi yang tepat sasaran. Sesuaikan Niche blog anda dengan tempat anda melakukan promosi. Jangan sampai Anda memiliki blog teknologi tetapi malah mempromosikannya ke grup tentang jual beli makanan.

Ini sudah salah alamat dan pasti tak ada yang berkunjung ke blog anda. Sesuaikan antara Niche blog kita dengan tempat kita melakukan promosi.

Dan akhirnya dapat kita simpulkan, promosi blog yang tepat sasaran  penting untuk meningkatkan visitor blog kita agar semakin dikenali oleh orang banyak. Selalu seimbangkan waktu untuk melakukan promosi dan juga pembuatan konten artikel yang berkualitas.

Dan semoga kita bisa mengikuti jejak para senior kita yang terlebih dahulu blognya dikenal oleh orang banyak.

Sekian artikel singkat tentang promosi blog yang penulis buat dan semoga membawa Manfaat bagi pembaca. Terimakasih.

3 komentar

Makasih infonya mastah sangat berguna untuk newbie seperti saya

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)