December 5, 2017

Perbedaan Mendasar Antara Google AdWords dan Google Adsense

Google AdWords dan Google Adsense dikenal sebagai situs jaringan periklanan terbesar di dunia. Sudah jelas yang terbesar, mengingat kedua jaringan periklanan itu langsung dimiliki oleh raksasa perusahaan semacam Google. Google AdWords dan Google Adsense sama-sama banyak memiliki fitur-fitur yang bisa membuat nyaman penggunanya.

Banyak yang mengira jika kedua situs periklanan tersebut sama saja. Padahal? Sangat jauh berbeda. Meski sama-sama situs jaringan periklanan tetapi Google AdWords dan Google Adsense dibuat dengan fungsi dan tujuan yang tidak sama. Setidaknya ada beberapa perbedaan mendasar antara Google AdWords dan Google Adsense

Google AdWords

Sumber gambar : wikimedia commons

Admin coba menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami agar pembaca bisa mengerti. Jadi apa itu Google AdWords? Google AdWords adalah situs jaringan periklanan dimana pengiklan membuat iklan di AdWords dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jadi pada intinya, di Google AdWords kita mempromosikan produk/web/blog kita di Google sehingga bisa membuat blog kita menjadi terkenal.

Apa kita harus bayar untuk mempromosikan produk/web/blog kita? Tentu wajib hukumnya. Anda harus membayar sejumlah uang untuk mengiklankan situs Anda di Google. Yang nantinya situs atau produk Anda bisa ditampilkan di blog orang lain. 

Bagaimana sistem pembayarannya? Anda harus membayar sejumlah uang ke Google dengan menghitung berapa jumlah klik yang masuk pada iklan anda. Contoh ada 25 klik pada iklan anda dengan biaya per klik 4000, berarti anda harus membayar ke Google sejumlah 100 ribu rupiah. Selain itu di AdWords juga dikenal dengan sistem pembayaran Pay Per Million atau pembayaran per seribu kali iklan di tampilkan.

Jadi Google AdWords itu untuk pengiklan atau lebih dikenal sebagai Advertiser dimana Advertiser mempromosikan produknya ke Google agar bisa dikenal oleh orang banyak. Bagaimana sudah paham belum tentang Google AdWords?

Google Adsense

Sumber gambar : wikimedia commons

Apa lagi Google Adsense ini? Saya makin bingung.. Tenang, disini admin mencoba menjelaskannya. Google Adsense merupakan situs jaringan periklanan milik Google dimana nantinya iklan akan ditampilkan pada situs kita apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Google Adsense ini kebalikan dari Adwords. Bukan kita yang membayar ke Google, tapi Google yang membayar ke kita. Karena disini kita berperan sebagai publisher.

Bagaimana Google Adsense membayar kita? Jadi kita dibayar sejumlah klik yang masuk ke iklan pada blog kita dengan biaya per klik minimal 0,001$ dan maksimal 1$ atau setara 13 ribu rupiah. Untuk menampilkan iklan di situs kita, kita harus mendaftar dulu ke Google Adsense yang nantinya Google Adsense akan menyeleksi apakah situs kita layak atau tidak untuk dipasang iklan. Loh memang ada syaratnya min? Tentu ada. Anda harus memiliki situs dengan konten yang berkualitas dan tidak melanggar Term Of Service Google dan yang paling utama dan tidak kalah penting umur harus minimal 18 tahun saat mendaftar ke Google Adsense.

Baca juga : tips supaya diterima adsense

Baca juga : Penyebab Blog Ditolak Adsense

Sudah paham kan tentang Google Adsense?

Nah bagaimana paham kan apa perbedaan Google AdWords dan Google Adsense itu? Mulai sekarang jangan pernah menyamakan kedua jenis periklanan ini ya.. Anda bisa memilih mau mengiklankan situs anda di Google AdWords ataukah menampilkan iklan di situs anda sehingga anda mendapatkan penghasilan dengan Google Adsense? Jangan terbalik balik ya..

Sekian artikel perbedaan Adsense dan AdWords semoga bisa menjawab keraguan pembaca selama ini.. semoga membawa manfaat bagi semua.. Apabila ada yang belum dipahami monggo jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar atau melalui form formulir kontak.

1 komentar so far

Untuk saat ini google sajalah yang iklan di blog syaa gan. Saya belum mampu iklankan blog syaa ke google._.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)