December 8, 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak Muncul Pada Sebuah Blog

Kali ini Blog Firdaus akan membahas seputar dunia blogging. Dalam dunia blogging sering kita dapati bahwa antar sesama blogger melakukan blogwalking atau saling berkunjung ke blog orang lain dan meninggalkan komentar setiap mereka berkunjung.

Namun terkadang ada juga yang merasa sudah mensetting komentar di blognya tetapi ketika pengunjung berkomentar tidak ada sama sekali komentar yang muncul. Segala pengaturan telah dicoba, namun tetap saja hasilnya nihil.

Sebenarnya apa penyebab ini semua? Setidaknya ada beberapa penyebab mengapa komentar blog bisa tidak muncul :

Penyebab Utama Komentar Blog Tidak Mau Muncul


  • Lokasi Komentar pada pengaturan postingan, komentar, dan berbagi tersetting "sembunyikan"
  • Komentar "google plus" yang diaktifkan pada pengaturan postingan, komentar, dan berbagi
  • Pengaturan komentar pada "Blog Post" di tata letak tidak tercengang
  • Pengaturan "komentar pembaca" di dashboard blog tersetting tidak diizinkan
  • Atau kemungkinan yang lain kode pada template rusak.

Jadi Bagaimana Cara Mengatasi Komentar Blog yang Tidak Muncul?

Tenang, admin disini akan menjelaskannya secara ringkas dan mudah untuk dipahami. Sekarang pegang gadget dan laptop/komputer masing-masing ya dan ikuti petunjuk berikut ini :

1. Melakukan Pengaturan Komentar di Setelan

Sekarang buka dashboard blog anda, pada bagian kiri dibawah tab tema ada setelan. Kita melakukan pengaturan komentar disitu.

Sudah dapat? Jika sudah tekan setelan tersebut lalu pilih "postingan, komentar, dan berbagi" pada lokasi komentar aturlah menjadi tersemat, halaman penuh, atau jendela pop up. Jangan tersembunyi (contoh lihat gambar dibawah ini)

2. Menonaktifkan Komentar Google Plus

Cara ini cukup mudah, langkah awal sama dengan cara pertama, anda masuk ke setelan lalu pilih "postingan, komentar, dan berbagi". Selanjutnya pada komentar Google Plus aturlah menjadi tidak (lihat gambar di bawah)

3. Melakukan Pengaturan Komentar di Blog Post

Sekarang buka tata letak pada blog anda lalu pilih widget "blog post" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Pada opsi halaman entri, centanglah komentar agar bisa muncul. (Lihatlah lagi pada gambar diatas)

4. Melakukan Pengaturan Komentar Pembaca pada Dashboard Blog

Langkah pertama masuklah ke entri baru lalu di pojok kanan tekan pilihan (ada gambar roda bergerigi), kemudian pada "komentar pembaca" aturlah menjadi "izinkan"


5. Melakukan Edit Template

Terkadang tidak munculnya komentar blog disebabkan oleh salahnya kode atau rusaknya template pada blog tersebut. Mungkin cara ini bisa membantu anda untuk menampilkan komentar pada blog anda :

Masuk ke tema pilih edit html kemudian cari kode berikut ini :
<p class="comment-footer"><br> <a href="data:post.addCommentUrl" onclick="data:post.addCommentOnclick"> <data:postcommentmsg></data:postcommentmsg></a></p>

Ganti dengan kode berikut ini :
<p class="comment-footer"> <b:if cond="data:post.embedCommentForm"><br> <b:include data="post" name="comment-form"> <b:else><br> <b:if cond="data:post.allowComments"><br> <a href="data:post.addCommentUrl" onclick="data:post.addCommentOnclick"><br> <data:postcommentmsg></data:postcommentmsg></a> </b:if> </b:else></b:include></b:if> </p>

Masih belum muncul juga? Mungkin mengganti template blog bisa jadi solusinya. Hal ini dikarenakan ada beberapa template blog memerlukan kode khusus untuk menampilkan kolom komentar, jika anda belum begitu paham bahasa pemrograman pasti anda akan kesulitan. Untuk itu mengganti template blog bisa menjadi solusi atas masalah Anda tersebut

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi akan tidak munculnya komentar pada blog anda karena telah teratasi dengan cara diatas. Semoga sedikit artikel ini bisa membawa Manfaat bagi pembaca.


Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)