December 26, 2017

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Mengganti Template Blog

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Mengganti Template Blog - Template blog merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah blog. Tak hanya cukup membuat artikel yang berkualitas, menentukan template yang pas dan SEO untuk blog kita juga memiliki peranan penting untuk menarik minat pengunjung untuk mengunjungi blog kita.

Ada banyak alasan mengapa orang memutuskan untuk mengganti template blog yang dia miliki. Ada yang ingin mengganti karena sudah bosan dengan template yang lama, ada yang mengganti karena template yang lama kurang menarik, dan ada juga yang mengganti template karena tujuan-tujuan tertentu.

Mengganti template blog memang terlihat sangat mudah, tetapi banyak yang tidak tau bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan sebelum mengganti template blog. Jika hal ini tidak dilakukan maka sesuatu bisa saja terjadi pada tampilan maupun akun blog anda secara keseluruhan.


Jadi Apa yang Perlu Saya Lakukan Sebelum Mengganti Template Blog yang Saya Miliki?

1. Mereset Template Blog Yang Lama

Sebelum anda mengganti template blog dengan yang baru, sebaiknya Anda terlebih dahulu mereset template lama. Apa tujuannya? Supaya tidak terjadi penumpukan kode pada html antara template lama dengan template baru sehingga menyebabkan tampilan blog anda berantakan. Kecuali memang Anda mengerti bahasa pemrograman sehingga anda bisa mengeditnya sendiri.

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mereset template blog anda :

a. Hapus terlebih dahulu kode HTML template anda (hapus secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa)


b. Selanjutnya anda masukkan kode berikut pada HTML template anda

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog Anda</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='contoh'/>
</body>
 </html>

c. Langkah terakhir anda tinggal menyimpan template anda, kini template anda telah berhasil di reset.


2. Menyimpan Kode Meta Tag, Keywords, Meta Tag Description, serta Kode Verifikasi Google Search Console.

Dalam sebuah template terdapat kode-kode penting yang sebaiknya anda simpan terlebih dahulu sebelum mengganti template yang baru. Kode-kode itu diantaranya kode meta tag keyword dan meta tag description serta kode verifikasi Google search console.

Kode meta tag keyword dan meta description merupakan kode yang penting untuk meningkatkan SEO pada blog kita, untuk itu sebaiknya kita simpan agar ketika kita mengganti template kita bisa langsung mengcopy ke template yang baru.

Begitu juga dengan kode verifikasi Google search console yang merupakan kode yang menandakan blog kita sudah terdaftar dan terindex oleh Google sehingga perlu kita simpan juga dan nantinya bisa langsung dicopy pada template blog yang baru.

3. Memback up Template Lama

Sebenarnya cara ini untuk jaga-jaga saja seandainya template yang baru tidak cocok bagi anda sehingga anda bisa langsung mengganti ke template lama anda.

Bagaimana cara memback up template?

Anda cukup menuju tab tema, lalu pilih backup/pulihkan kemudian download template tersebut. Template sudah berhasil di back up. Nantinya template lama tersebut bisa anda upload lagi kapan saja.

Baca Juga : Panduan Mengganti Template Blog Melalui Android


Setidaknya 3 Hal itu yang sebaiknya dilakukan Anda ketika anda memutuskan untuk mengganti template blog. Pertimbangkanlah baik-baik sebelum mengganti template blog. Pastikan anda memilih template blog dengan ciri Berikut ini supaya template anda lebih disukai pengunjung.

Sekian artikel singkat ini penulis sampaikan dan semoga bermanfaat bagi pembaca.


1 komentar so far

Saya paling bingung kalo udah masalah HTML, mampir kesini jd nambah informasi. Makasih mastah

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)