December 23, 2017

3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog

3 Cara Mengecek Kecepatan Suatu Situs Blog - Kecepatan loading suatu blog memiliki peranan penting dalam menunjang kenyamanan pengunjung ketika mengunjungi blog kita. Pengunjung paling tidak suka jika ada suatu situs blog memiliki loading blog yang sangat lama. Sudah pasti pengunjung tersebut kabur entah kemana.

Pada postingan sebelumnya tentang Cara mengatasi loading blog lelet sebenarnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengecek kecepatan suatu situs blog tetapi hanya sekilas saja. Pada postingan kali ini admin akan menjelaskan secara lebih jelas bagaimana cara mengecek kecepatan loading blog dan tools apa saja yang digunakan.

Sebenarnya banyak sekali tools yang bisa anda gunakan untuk mengecek seberapa besar skor kecepatan loading situs blog anda, namun hanya 3 tools yang admin sarankan karena terbukti hasilnya valid dan bisa di percaya.

Tools Apa Sajakah Itu?

  1. PageSpeed Insight
  2. GTMETRIX
  3. Pingdom 

Bagaimana Cara Menggunakan Ketiga Tools Tersebut? 

Sebelum anda benar-benar menggunakan tools tersebut ada baiknya anda bersihkan dulu cache, history, riwayat browser anda.

Ketika akan memulai pengecekan gunakan mode penyamaran atau incognito supaya hasilnya benar-benar valid.

Oke, langsung saja ikuti langkah-langkahnya.

  1. PageSpeed Insight

PageSpeed Insight merupakan tools dari Google yang berfungsi mengukur kecepatan loading suatu situs. Baik dari versi mobile maupun versi desktop. Cara menggunakan tools ini cukup mudah.

Anda tinggal mengunjungi situs resmi PageSpeed Insight lalu masukkan URL anda, Anda bisa langsung melihat skor kecepatan situs blog anda dalam rentang angka 0-100. Dan juga dilengkapi dengan cara mengatasi kecepatan loading blog anda baik dalam versi mobile maupun versi desktop

2. GTMETRIX


GTMETRIX merupakan situs untuk mengecek skor kecepatan blog kita sama seperti PageSpeed Insight. Hanya perbedaannya, hasil skor GTMETRIX berupa huruf (A,B,C,D,E,F) serta dalam bentuk persen (0-100%). Sama seperti PageSpeed Insight, Tools GTMETRIX juga memberikan rekomendasi dan juga saran bagaimana memperbaiki blog agar loadingnya semakin lebih cepat.

Bagaimana cara menggunakan tools ini? Kunjungi situs GTMETRIX. Lalu masukkan url blog anda, klik analyze Anda bisa langsung melihat hasilnya.

3. Pingdom


Pingdom juga merupakan tools yang bisa anda gunakan untuk mengukur seberapa cepat Loading blog anda ketika dikunjungi. Dalam prakteknya, pingdom tools menggunakan server yang berasal dari 3 negara yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Swedia untuk mengukur kecepatan loading blog anda. 

Cara menggunakan tool ini juga tidak terlalu sulit. Anda cukup mengunjungi situs pingdom tools masukkan url blog anda. Kamu bisa pilih ingin mengecek kecepatan situs blog anda dari server mana saja. Bisa dari Amerika, Swedia maupun Australia. Sesudah itu klik start test dan Anda bisa melihat hasilnya.

Hasil yang didapat berupa skor 0-100 dan juga huruf (A s.d. F) serta rekomendasi dari pingdom tentang apa saja yang harus diperbaiki blog tersebut agar semakin ringan dan cepat loadingnya.

Bagaimana mudah bukan? Tentu mudah. Bagi anda yang ingin mengecek ulang kecepatan blog anda baik karena menambah pos baru atau melakukan perubahan pada laman sebaiknya tunggu 5-10 menit sebelum lakukan pengecekan ulang. (pastikan history dan cache, serta cookies telah dibersihkan). Dan tetap gunakan mode incognito atau penyamaran ketika melakukan pengecekan ulang.

Catatan lain jika anda ingin pengecekan ini hasilnya valid :
  • Bagi anda pengguna https, pastikan saat melakukan pengecekan berawalan https. Contoh https://....
  • Bagi anda pengguna http, gunakan awalan http untuk melakukan pengecekan. contohnya http://...
  • Bagi anda pengguna blogspot gunakan akhiran blogspot.co.id dalam pengecekan yang anda lakukan bukan menggunakan akhiran blogspot.com kecuali anda menggunakan script anti pengalihan ke blogspot.co.id maka gunakanlah akhiran blogspot.com.
  • Perhatikan juga bagi pengguna custom domain, apakah url blog Anda berawalan www apa tidak, jika berawalan www maka saat melakukan pengecekan url harus berawal www, jika tidak maka www tidak perlu dicantumkan.

Sekian postingan tentang cara mengecek kecepatan situs blog dan semoga postingan ini bermanfaat bagi semua

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)