December 17, 2017

Gap Year Kuliah? Lakukan Hal Ini Agar Gap Year Kuliahmu Tak Sia-sia

Tahukah kamu apa gap year kuliah itu? Gap Year yaitu menunda kuliah setidaknya untuk satu sampai dua tahun. Gap Year sebagian orang dianggap menguntungkan, namun ada juga yang menganggapnya merugikan.


Ada 2 Tipe Gap Year yang Harus Kamu Ketahui

  1. Gap Year Karena Terpaksa
Gap Year seperti ini biasanya diakibatkan kegagalan mendapatkan Perguruan Tinggi yang diinginkan. Karena tak ada satu pun perguruan tinggi yang mau menerima akhirnya memutuskan untuk menunda kuliah terlebih dahulu

2. Gap Year Karena Keinginan

Yang kedua gap year karena benar - benar keinginan sendiri. Jadi betul-betul tidak ingin langsung kuliah setelah lulus SMA. Ada beberapa faktor mengapa orang sengaja memutuskan untuk gap year kuliah diantaranya :
  • Belum siap kuliah
  • Memang sengaja ingin beristirahat setelah menempuh pendidikan 3 tahun yang menguras banyak biaya, waktu, dan tenaga

Mengapa?

Di satu sisi gap year dianggap menguntungkan karena kita bisa beristirahat sejenak setelah 3 tahun tertekan dengan tugas yang diberikan semasa masih sekolah. Dengan gap year kita bisa benar-benar memiliki waktu yang panjang untuk merenungkan baik-baik sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan dan ptn mana, mengingat memilih jurusan kuliah tidaklah mudah butuh pertimbangan matang.

Di sisi lain gap year dianggap merugikan. Karena dengan gap year membuat kita terlambat untuk kuliah sehingga lulus pun juga semakin lama. Jika seseorang yang langsung kuliah bisa lulus kuliah pada umur antara umur 23 hingga 24 tahun. Namun bagi seseorang yang gap year kuliah, baru lulus kuliah sekitar umur 25 tahun

Namun sejatinya gap year tidak selalu membawa dampak buruk bagi kita. Justru dengan gap year membuat kita lebih bebas untuk melakukan hal-hal yang menjadi kesukaan kita tanpa harus langsung terbebani persiapan kuliah yang tentunya membutuhkan begitu banyak persiapan baik dari sisi teknis maupun non teknis

Buat Kamu yang Gap Year Kuliah, Lakukan Hal Berikut Agar Waktu Gap Yearmu Tak Sia-sia

  • Bekerja
Kini tingkat persaingan untuk mencari pekerjaan semakin hari semakin ketat. Dengan jumlah lapangan kerja yang tak sebanding dengan lapangan pekerjaan membuat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin sempit.

Daripada waktu setahun hanya digunakan untuk menganggur dan melakukan hal-hal yang tidak berguna lebih baik cobalah mencari pekerjaan. Selain berguna untuk mengisi waktu luangnya, dengan bekerja kamu bisa menambah pengalaman kerja yang tidak bisa diperoleh oleh teman-temanmu yang memutuskan untuk langsung kuliah.

Beberapa pekerjaan yang bisa anda dapatkan selepas lulus SMA dapat anda baca dalam artikel berikut ini
  • Berbisnis
Tak ada salahnya juga bagi anda untuk memutuskan untuk berbisnis sembari menunggu waktu kuliah. Berbisnis merupakan cara lain untuk memperoleh uang. Apalagi jika Anda begitu pandai melakukan promosi dan pemasaran pasti. Bisnis anda bisa berkembang dengan cepat

Contoh bisnis modal kecil yang bisa dilakukan oleh lulusan SMA diantaranya : bisnis reseller, jasa print, jual pulsa, jual jasa desain dan seni
  • Kursus Keterampilan
Dengan mengikuti kursus keterampilan membuat Anda untuk lebih meningkatkan ketrampilan hard skill yang berguna ketika Anda terjun di dunia pekerjaan nantinya. Banyak perusahaan yang mensyaratkan calon pelamarnya memiliki sertifikat keahlian. Kamu bisa mengikuti kursus keterampilan baik secara langsung maupun secara online.

Dengan memiliki keahlian khusus mempermudah kamu ketika terjun di dunia kerja nantinya. Jadi kamu tak seperti orang bingung yang tak bisa melakukan apa-apa di pekerjaanmu.
  • Mengikuti Bimbingan Belajar
Waktu menganggurmu sebelum kuliah juga dapat diisi dengan mengikuti Bimbingan Belajar. Bimbingan belajar yang dimasukkan di sini adalah bimbingan belajar untuk tes masuk perguruan tinggi. 

Dengan mengikuti bimbel juga dapat menambah ilmu tentang soal-soal tes masuk perguruan tinggi dan juga tips dan strategi dari mentor lembaga bimbingan belajar tersebut tentang jurusan apa yang sebaiknya kamu miliki sesuai minat dan bakat kamu. Mengingat untuk memilih jurusan kuliah butuh pertimbangan dan juga masukkan dari orang lain agar tak salah pilih nantinya.

Gap Year bukan merupakan sesuatu yang salah. Memang kuliah kita akan tertunda, tetapi gap year juga memiliki sisi lain yang positif yang berguna untuk masa depan kita ke depannya. Tetapi semua kembali kepada anda, anda yang menentukan sendiri. Mau langsung kuliah atau nunda dulu?

Sekian artikel singkat ini penulis sampaikan dan semoga bermanfaat

1 komentar so far

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)