November 2, 2017

Perhitungan Dasar Matematika Tapi Tidak Mengerti Konsepnya

Matematika, siapa tidak mengenal pelajaran yang satu ini. Pelajaran perhitungan yang satu ini memang membuat banyak orang begitu pusing ketika harus berhadapan dengannya. Harus diakui mayoritas orang menganggap bahwa pelajaran matematika itu begitu sulit.

Matematika bukan sekedar 1 tambah 1 sama dengan 2, tetapi bagaimana bisa membuat 1 tambah 1 menjadi 10. Meskipun bukan perhitungan yang rumit tetapi hanya perhitungan  dasar tetapi tetap saja banyak orang yang sering salah dalam menjawab soal perhitungan dasar dalam operasi hitung matematika.

Banyak orang yang begitu mengerti hasil dari perhitungan dasar matematika tapi tidak mengerti konsepnya sama sekali. Mengapa begitu? Karena kebanyakan guru atau siswa  menggunakan metode menghapal rumus dalam penyelesaian soal matematika. Seharusnya pahamilah konsep bukan rumus, karena dengan mengetahui konsep kita dengan mudah bisa memahami rumus yang ada.
Berikut contoh perhitungan dasar matematika yang banyak orang yang tidak mengerti konsepnya.

1. Perkalian


Hayo berapa 6 x 5? Berapa? 30? Pinter. Menghapal perkalian memang hal yang menjadi kewajiban bagi anak SD yang memasuki kelas 2 SD. Bahkan ada sekolah yang telah menggunakan tes hapalan perkalian dalam menjaring siswa baru yang masuk di sekolah tersebut.

Sebenarnya perlu tidak menghapal perkalian itu? Menghafal boleh saja tetapi siswa jangan terlalu ditekan untuk menghapal. Mungkin saat ini mereka bisa hafal 6x5 hasilnya 30. Bagaimana jika suatu saat mereka lupa?

Manusia adalah tempatnya lupa. Selama ini kita salah dalam mengajarkan perkalian yang hanya menggunakan metode "hafalan". Perkalian yang merupakan metode perhitungan dasar matematika tetapi tidak konsepnya sebenarnya memiliki konsep yang mudah untuk diajarkan ke adik-adik kita.

Bagaimana konsepnya? Berikut penulis jelaskan.
6x5 kok bisa sama dengan 30? Darimana asal muaranya? Harus diingat bahwa konsep perkalian merupakan "penjumlahan yang berulang". Jadi begini, mengapa 6x5 sama dengan 30? 6x5 bisa menghasilkan 30 akibat menjumlahkan angka 5 sebanyak 6 kali. Jadi :
6x5= 5+5+5+5+5+5 = 30 selesai. Mudah bukan? Konsep tersebut bisa diajarkan kepada adik-adik untuk mengantisipasi ketika mereka lupa dengan hasil perkalian yang selama ini telah mereka hafalkan.

2. Pembagian



Berapa hasil 32 : 8? Hayo berapa? 4 bukan? Bagaimana Anda bisa mengetahui bahwa hasilnya bisa 8? Mungkin anda berpikiran mengapa 32 dibagi 8 bisa 4 karena anda mengingat 4x8 sama dengan 32. Memang benar jika pembagian adalah lawan dari perkalian. Namun bagaimana jika anda lupa?

Coba pahami konsep pembagian berikut :
Pembagian merupakan pengurangan berulang hingga menghasilkan angka 0. Bagaimana maksudnya? Jadi 32 : 8 didapatkan dengan mengurangkan 32 dikurangi angka 8 secara berulang sampai menghasilkan 0. Masih belum paham ? Oke penulis jelaskan lebih lanjut lagi.

32 : 8 bisa didapat dari 32-8-8-8-8 = 0. Karena banyaknya angka 8 adalah 4 maka 32:8 hasilnya 4. Bagaimana mudah bukan konsepnya?

Sudah saatnya berhenti mengajarkan metode menghapal kepada adik adik kita dalam menyelesaikan soal matematika. Gunakanlah metode memahami konsep supaya dengan mudah bisa menyelesaikan soal matematika. Sekian artikel tentang Perhitungan Dasar Matematika Tapi Tidak Mengerti Konsepnya semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. .

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)