November 4, 2017

Perbedaan Kota dan Kabupaten

Pernahkah kalian berkunjung ke kota Palembang atau ke kabupaten Jember? Atau ke daerah lainnya? Kedua daerah tersebut merupakan sebagian kecil dari kota dan kabupaten yang ada di Indonesia. Mungkin selama ini pembaca menganggap kota dan kabupaten adalah sama namun pada kenyataannya meski dianggap sama namun kedua organisasi pemerintahan ini sangatlah berbeda yang tidak bisa kita samakan. Tahukah kamu apa perbedaan Kota dan Kabupaten itu? Untuk mengetahuinya yuk baca artikel tentang perbedaan Kota dan Kabupaten yang harus pembaca ketahui

1. Kota


Sebuah Kota dipimpin oleh seorang walikota. Kota memiliki struktur organisasi pemerintahan yang hanya membawahi kecamatan dan kelurahan Hampir tidak pernah kita temukan desa desa di sebuah kota. Kota juga dikenal memiliki wilayah yang relatif kecil namun memiliki kepadatan penduduk yang begitu besar. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan kota merupakan daerah yang sangat maju sehingga banyak orang yang memilih untuk tinggal di sana. Masyarakat kota kebanyakan memiliki mata pencaharian yang  bergerak dibidang perdagangan dan juga jasa. Untuk soal pelayanan umum untuk masyarakat seperti transportasi dan kesehatan, kota dianggap sudah sangat maju untuk menangani hal tersebut karena kota dianggap sudah modern.  Namun tingkat kejahatan di suatu kota di kenal sangat tinggi dan harus kalian waspadai jika ingin berkunjung kesana.Beberapa contoh kota yang ada di Indonesia yaitu kota Palembang, kota Bandung, kota Jakarta, kota Samarinda, dan lain sebagainya.

2. Kabupaten


Yuk lanjut lagi bahas perbedaan Kota dan Kabupaten. Kali ini kita lihat dari sisi kabupatennya. Kabupaten merupakan suatu daerah yang dipimpin oleh seorang bupati. Kabupaten memiliki struktur pemerintahan yang langsung membawahi kecamatan dan diikuti oleh kelurahan dan juga desa. Berbeda dengan kota yang tidak memiliki desa, kabupaten justru banyak memiliki desa. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan masyarakat kabupaten banyak yang bekerja sebagai petani dimana sudah pasti di desa banyak terdapat sawah yang tidak mungkin terdapat di kota yang sebagian besar jalannya sudah pasti beraspal. Meski dianggap memiliki fasilitas publik yang masih kurang dibandingkan dengan kota, tetapi kabupaten dikenal memiliki pendudukan yang tidak terlalu banyak, jadi tidak perlu takut desak-desakan dan macet-macetan jika ingin berkunjung ke kabupaten.

Bagaimana pembaca? Sudah tau kan perbedaan kota dan kabupaten ? Ingat, meski terlihat sama tapi jangan menganggap kota dan kabupaten sama ya. Semoga artikel tentang perbedaan kota dan kabupaten ini bisa menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan jangan pernah ragu untuk berkomentar jika ada yang tidak disetujui dalam artikel ini. Terima kasih telah berkunjung ke Blog Firdaus :)

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)