November 25, 2017

Blog Anda Lelet? Gunakan Cara Mempercepat Loading Blog Berikut Agar Loading Blog Anda Menjadi Lebih Cepat

Cara Mempercepat Loading Blog - Mempunyai blog dengan loading yang cepat atau fast memanglah menjadi suatu keharusan.

Mengapa? 


Sekarang coba pikirkan. Anggap saja anda adalah seorang pengunjung. Ketika anda membuka suatu blog dan blog itu leletnya minta ampun apa yang anda lakukan?

Tetap menunggu hingga loadingnya selesai? Tidak bukan? Pasti anda langsung keluar dari blog tersebut dan beralih ke blog lainnya yang lebih fast atau cepat loadingnya.


Ketika tampilan blog sudah oke tetapi loadingnya leletnya minta ampun pasti membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Umumnya orang akan menutup suatu web jika loading web tersebut tidak selesai dalam kurun waktu lebih dari 5 detik.

Bagaimana Menguji Kecepatan Blog Kita?

Untuk menguji kecepatan blog kita anda bisa menggunakan 2 tools gratis penguji kecepatan suatu blog

  • Page Speed Insight
Tools tersebut dimiliki oleh Google sendiri. Disana anda tinggal memasukkan URL blog anda dan anda bisa melihat hasilnya baik kecepatan di seluler maupun kecepatan pada desktop. Jika skor anda diatas 85 maka bisa dikatakan loading blog anda cepat, namun jika dibawah 80 maka loading blog anda dianggap lelet.

  • GTMetrix
Cara penggunaan GTMetrix juga tidak jauh berbeda dengan Page Speed Insight, Anda cukup memasukkan URL blog anda dan langsung bisa melihat hasilnya. Namun untuk GTMetrix and akan menerima hasil dalam bentuk Abjad dan juga prosentase. Jika hasilnya diatas 80 maka blog anda bisa dikatakan cepat, sebaliknya jika dibawah 80 maka blog anda dianggap lelet.

Lantas bagaimana cara mempercepat loading pada blog?


Sebelum kita membahas bagaimana mempercepat loading blog ada baiknya kita mengetahui dulu apa saja yang menyebabkan loading blog kita lelet

Penyebab Loading Blog Lelet

Setidaknya ada 5 unsur penyebab yang membuat blog kita menjadi lambat loadingnya
  1. Jumlah Pos Pada Halaman Utama Yang Terlalu Banyak
  2. Terlalu Banyak Gambar Pada Halaman Utama
  3. Gambar Pada Postingan Berukuran Terlalu Besar
  4. Terlalu Banyaknya Iklan
  5. Terlalu Banyaknya Widget yang Tidak Penting Terutama Javasricpt atau HTML
Oke, sudah paham kan apa yang menjadi penyebab blog anda lelet? Nah sekarang admin akan membahas bagaimana cara untuk mempercepat loading blog yang jitu pada suatu blog.

Bagaimanakah Cara Mempercepat Loading Blog?

Awal mula berdirinya blog ini, jujur saja blog ini leletnya minta ampun, bahkan butuh waktu hingga 15 detik untuk membuat loading blog selesai sepenuhnya. Kemudian admin mencari cara untuk memperbaiki loading blog ini dan alhamdullilah admin telah menemukan jawabannya pada cara-cara berikut ini :

  1. Dengan Mengompress HTML
Cara pertama untuk membuat loadinh blog menjadi lebih cepat yaitu dengan Mengompress HTML pada template blog. HTML memang menjadi salah satu penyebab blog menjadi lebih lelet. Dengan mengompressnya akan mengurangi beban dalam proses loading. Bagaimana caranya? 

Anda bisa mengunjungi situs compress HTML berikut ini. Masukkan kode HTML Blog Anda, kemudian pada drag and drop charset pilih Unicode (UTF-8) lalu klik compress.  dan HTML Blog Anda sudah bisa dicompress yang bisa diterapkan untuk blog anda.

(Jangan lupa back up dulu sebelum Mengompress HTML untuk berjaga-jaga jika kode HTML yang telah dicompress tidak bisa diterapkan pada blog kita)

2. Mengompress CSS dan Javasricpt
Sama dengan HTML, CSS dan Javasricpt yang terlalu banyak dalam sebuah template blog menjadi penyebab leletnya loading suatu blog. Kita juga bisa mengompress CSS dan Javasricpt sama seperti mengompress HTML.

Bagaimana caranya? Anda cukup mengunjungi situs compress css dan javascript lalu isi kode CSS/javascript template anda dan anda akan menerima hasil kompress tersebut. Terapkan pada html template anda.

3. Mengurangi Jumlah Gambar Dalam Suatu Laman atau Postingan
Terlalu banyaknya gambar pada suatu laman atau postingan blog juga merupakan salah satu penyebab yang menjadikan loading blog sedikit lebih lama. Jangan gunakan banyak gambar. Admin sarankan anda cukup
menaruh maks 3 gambar pada suatu laman atau postingan dan sebaiknya jangan menaruh lebih dari 5 gambar.

4. Memperkecil Ukuran Gambar Pada Postingan
Jika artikel anda memiliki gambar, sebaiknya anda perkecil dulu ukuran gambarnya. Mengapa? Gambar berukuran besar akan memperberat kerja loading suatu blog.

Usahakan jangan mengupload gambar dengan ukuran lebih dari 100 kb karena dianggap terlalu besar. Dan disarankan mengupload gambar kurang dari 30 kb karena dianggap tidak terlalu memberatkan kerja loading blog.

5. Jangan Terlalu Banyak Jumlah Postingan Pada Homepage
Terlalu banyaknya jumlah postingan pada homepage juga bisa membuat loading blog sedikit lebih lama. Sebaiknya pada homepage, anda jangan menaruh lebih dari 5 postingan. Anda bisa mengaturnya di dashboard blogger anda melalui setelan pada tab postingan, komentar dan berbagi. 

6. Jangan Menaruh Terlalu Banyak Iklan di Homepage
Bagi anda publisher Google Adsense ataupun situ periklanan lainnya, tentunya anda pasti banyak menaruh iklan pada blog anda. Benar bukan? Banyaknya iklan memang membuat peluang pendapatan meningkat namun bisa membuat loading blog menjadi lebih lama karena iklan tersebut.

Bukan klik yang didapat, malah pengunjung yang hilang entah kemana. Anda cukup menaruh maks 5 iklan saja pada blog anda tidak usah terlalu banyak. Toh iklannya masih bisa dilihat pengunjung kan walaupun hanya 1 sekalipun?

7. Jangan Gunakan Banyak Widget Yang Tidak Penting
Widget pada blog juga bisa mempengaruhi kecepatan loading suatu blog. Banyaknya widget terutama yang berjenis HTML/Javascript. Terlalu banyak widget juga menyebabkan kerja loading blog menjadi lebih berat. Admin sarankan sebaiknya anda hanya menggunakan 5 widget berikut pada blog anda :
  • Widget Penelusuran Blog
  • Widget Arsip Blog
  • Widget Profil
  • Widget Popular Post
  • Widget Follow by Email
Cara-cara tersebut sudah admin buktikan bisa membuat blog ini menjadi cepat loadingnya. Anda sudah menerapkan cara tersebut tetapi tetap saja blog anda lelet? Mungkin template anda menjadi penyebabnya. Anda disarankan menggunakan template fast loading agar blog anda berloading lebih cepat.

Baca juga : Tips Memilih Template Blog


Oke, admin rasa sudah cukup penjelasan dari admin tentang bagaimana cara mempercepat loading blog. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pengunjung. Terima kasih.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)