November 24, 2017

Kamu Lulusan SMA Tapi Tidak Ingin Kuliah? 7 Pekerjaan Berikut Ini Bisa Kamu Jalani Meski Hanya Lulusan SMA

Apa yang kamu pikirkan ketika kamu nanti telah lepas dari masa studimu selama di SMA? Sebagian mungkin akan menjawab saya akan kuliah. Namun ada juga yang tidak menjadikan kuliah sebagai perjalanan selanjutnya. Ada orang yang ingin bekerja setelah lulusan SMA Kelak, baik hanya untuk sementara maupun memang benar-benar tidak ingin kuliah. Min memangnya lulusan SMA bisa kerja apa?

Eitss jangan salah, meski hanya lulusan SMA kamu nyatanya bisa bekerja di bidang berikut ini. Apa saja itu? Yuk simak baik-baik. 7 Pekerjaan untuk lulusan SMA :

  1. Penulis
Kamu punya keahlian menulis? Pandai merangkai kata-kata? Ada baiknya cobalah jadi penulis. Loh min tapi kan kita harus nerbitin buku kalau mau jadi penulis? Iya kalau cepet jadi bukunya? Kalau tidak? Kan lama dapat uangnya. Memang sih ada benarnya, tapi kamu gak harus buru-buru nerbitin buku buat mendapatkan penghasilan dari menulis.

Kamu bisa bekerja sebagai penulis di media online ataupun menjadi penulis di salah satu website Freelancer Indonesia, gajinya juga lumayan Lo. Bagaimana? Tertarik?

Baca juga : Apa itu Freelancer?

Baca juga : Mengenal website freelancer Indonesia

2. Pegawai Bank
Biasanya Bank banyak mencari kaum perempuan untuk menjalani pekerjaan ini. Di bank kamu bisa bekerja sebagai Customer Service maupun sebagai Teller. Kamu yang memiliki keahlian berkomunikasi boleh dicoba tuh mencoba pekerjaan tersebut. Pekerjaan tersebut dinilai tidak terlalu sulit dilakukan oleh seseorang yang hanya berlatar belakang pendidikan SMA.

3. Operator Produksi
Kamu minat masuk perusahaan industri? Menjadi operator produksi bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Meski pada umumnya pekerjaan ini sering dilakukan oleh lulusan SMK, tapi tidak menutup kemungkinan lulusan SMA juga bisa menjalani pekerjaan tersebut. Di Indonesia sendiri banyak berdiri perusahaan industri, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kurangnya kesempatan bekerja sebagai operator produksi.

4. Pegawai Negeri Sipil
Jadi PNS? Masa sih min? Memangnya bisa jadi PNS hanya lulusan SMA? Jangan salah, meski kamu hanya lulusan SMA kamu bisa jadi PNS juga Lo, ya meskipun hanya bergolongan rendah. Tentu masih segar di ingatan Anda beberapa Kementerian yang merekrut anggota Pegawai Negeri Sipil dari lulusan SMA. Gajinya bisa dibilang gak terlalu rendah-rendah banget kok. Bagaimana? Tidak perlu nunggu sarjana kan buat jadi PNS?

5. Tenaga Data Input
Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang ekstra, kamu juga harus pandai mengoperasikan komputer. Pekerjaan ini kamu diharuskan memasukkan data perusahaan ke dalam suatu sistem. Bagi kamu yang memiliki ketelitian dan tingkat konsentrasi yang bagus serta pandai mengoperasikan komputer pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu.

6. Pengajar Les
Nah bagi kamu yang memiliki nilai akademik bagus selama SMA dan merasa mempunyai ilmu lebih, jangan segan untuk membagikan ke orang lain. Kamu bisa menjadi pengajar les untuk siswa SD maupun SMP. Baik secara privat maupun melalui lembaga bimbingan belajar.

7. Berbisnis
Kamu tidak ingin bekerja dibawah tekanan bos? Berbisnis bisa jadi pilihan. Seperti kata Bob Sadino. "Setinggi apapun pangkat yang kamu punya kamu tetaplah seorang pegawai, serendah apapun usaha yang kami miliki kamu tetap menjadi bosnya". Banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu jalankan mulai dari bisnis online, bisnis rumahan, dsb. Jangan pernah takut gagal dalam berbisnis, ketakutanmu justru akan membuat bisnismu semakin hancur berantakan. Apa kamu tidak ingin menjadi seperti pebisnis muda yang sukses seperti Yasa Singgih atau Nicholas Kurniawan?

Sekarang tinggal kamu yang menentukan mau bekerja apa setelah lulusan SMA Nanti. Pastikan kamu memiliki pekerjaan sesuai minat dan juga kemampuan kamu. Jangan hanya memikirkan gaji yang akan diterima. Bekerja jangan untuk uang, tetapi biarkan uang bekerja untuk anda (Robert T. Kiyosaki). Pikirkan matang-matang sebelum memilih, ingat dunia kerja tak seindah dunia semasa SMA kamu dulu. Jadi jangan sampai salah pilih ya.

Mau baca? Lulus SMA Kemana?

Sekian artikel tentang 7 pekerjaan untuk lulusan SMA semoga bermanfaat bagi pembaca. Sukses dan selalu sukses untuk pemuda Indonesia !

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)