November 6, 2017

Kesalahan yang Menyebabkan Blog Anda Ditolak Adsense

Google Adsense, sebagai situs penyedia jasa periklanan yang berbasis Pay Per Click (PPC) memang kini banyak diminati oleh para blogger. Ribuan bahkan ratusan blogger mendaftarkan blognya ke Google Adsense namun kenyataannya banyak dari mereka yang ditolak.

Menjadi publisher Google Adsense memanglah tidak mudah, seleksinya saja harus melalui 2 tahapan. Sudah banyak kita ketahui banyak sekali calon publisher Google Adsense yang blognya ditolak berkali-kali oleh Google Adsense. Untuk meminimalisir ditolak Adsense, anda harus tau  apa yang menjadi kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense.

Penyebab Blog Ditolak Adsense


Berikut kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense :


  • Konten Blog Melanggar Term Of Service Google


Kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense yang pertama blog yang anda miliki melanggar Term Of Service atau ketentuan layanan dari Google. TOS Google ini harus dipatuhi oleh para blogger di seluruh dunia,  baik yang ingin mendaftarkan blognya ke Adsense ataupun tidak.

Bagi anda pelamar Adsense, wajib hukumnya bagi anda untuk mematuhi Term Of Service dari Google karena hal itu jadi ketentuan dasar apakah blog anda layak untuk menjadi publisher Google Adsense. Jika anda melanggarnya, sudah dipastikan tak perlu menunggu review tahap 2 review tahap 1 anda sudah pasti ditolak lebih cepat :

Beberapa contoh Term Of Service Google yaitu :
Blog tidak melanggar hak cipta
Blog tidak mengandung unsur kekerasan
Blog tidak mengandung unsur pornografi
Blog tidak mengandung narkoba dan perjudian
Dan lain sebagainya.


  • Artikel Banyak yang Copas


Kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense selanjutnya yaitu banyak dari artikel anda yang copas dari sumber lain. Google amat tidak menyukai blog yang hasil tulisannya bukan hasil pemikiran sendiri tetapi plagiat dari sumber lain. Ini berbahaya, sekalipun anda tidak mendaftarkan blog anda ke Google Adsense tetap saja tidak bagus bagi anda.

Pembuat asli artikel tersebut bisa saja membawanya ke jalur hukum karena anda dianggap melanggar hak cipta. Bagi anda yang terpaksa harus copas artikel  dari sumber lain pastikan anda menyantumkan sumbernya sebagai bentuk penghargaan atas artikel yang telah dia buat.


  • Blog Terlalu Banyak Gambar/Video


Memang tidak ada salahnya jika kita ingin menambahkan gambar ataupun video pada blog kita, namun sebaiknya penulis sarankan tidak terlalu banyak menampilkan gambar atau video di blog anda, pastikan tulisan lebih dominan. Google sendiri tidak menyukai blog yang terlalu banyak gambar ataupun video.

Mengapa begitu? Karena Google Adsense sendiri lebih mengutamakan "tulisan" dibandingkan gambar ataupun video. Lagi pula gambar atau video yang anda comot dari internet bisa saja memiliki hak cipta yang bisa merugikan anda jika anda mengambilnya secara sembarangan tanpa seizin pembuat gambar atau video tersebut.


  • Tampilan Blog yang Acak-acakan


Kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense berikutnya yaitu tampilan blog anda yang acak-acakan. Jika tampilannya saja sudah berantakan, pasti pengunjung tidak berkenan untuk mengunjungi apalagi lama-lama mampir ke blog anda. Pengunjung sangat menyukai tampilan blog yang enak dipandang. Buat pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke blog anda


  • Navigasi yang Sulit




Jika ingin mendaftarkan blog anda ke Google Adsense pastikan blog anda memiliki sistem navigasi yang jelas dan langsung mengarah ke page. Kemudahan navigasi inilah yang membuat pengunjung dengan mudah menemukan setiap laman yang ada di dalam blog anda.

Tambahkan menu about, privacy policy, disclaimer, serta Term Of Service untuk memudahkan anda untuk diterima Google Adsense


  • Mengedit Widget Serta Merubah Template Saat Masa Review


Kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense yang berikutnya yaitu anda mengutamakan ngatik template dan juga widget anda saat masa review. Hal ini menyebabkan blog anda ditolak oleh Adsense.

Mengapa begitu? Karena Google beranggapan blog anda masih sedang dibuat atau belum siap untuk diluncurkan. Untuk itu, sebelum mendaftarkan blog anda ke Adsense pastikan template dan widget anda sudah siap semua jadi tidak mengedit-edit lagi saat masa review.

Anda dapat menggunakan widget berikut ini untuk memudahkan anda diterima Google Adsense. :
Popular Post
Recent Post
Arsip Blog
Pencarian
Following by Email


  • Salah Mencantumkan Nama dan Alamat Pembayaran
Ini adalah kesalahan sepele yang menyebabkan blog anda ditolak oleh Adsense. Pastikan saat anda mendaftarkan cantumkan secara benar nama dan alamat pembayaran sesuai dengan identitas diri seperti KTP dan SIM. Jangan gunakan nama yang aneh-aneh saat mendaftar ke Google Adsense


  • Blog Pernah Dibanned Sebelumnya


Dan yang terakhir, kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense yaitu anda mendaftarkan kembali blog anda yang dulu pernah dibanned oleh Adsense akibat pelanggaran yang telah anda lakukan. Jika anda memang ingin mendaftar jadi publisher Google Adsense kembali pastikan Anda menggunakan email dan blog yang berbeda dan jangan pernah ulangi kesalahan yang sama.

Demikianlah pembahasan tentang kesalahan yang menyebabkan blog anda ditolak Adsense. Pastikan anda memperbaiki kesalahan pada blog anda dan anda bisa membaca artikel Tips Hadapi Penolakan Adsense supaya anda mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk memperbaiki blog anda yang ditolak Adsense.


Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)