November 22, 2017

Mengenal Freelancer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Selamat pagi pembaca blog firdaus :) kali ini admin akan berbagi sedikit informasi seputar salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seseorang. Pekerjaan apa itu? Freelancer. Udah tau apa freelancer itu? Kalau belum tau yuk langsung saja kita bahas tentang freelancer beserta kelebihan dan kekurangan menjadi freelancer.

Apa itu freelancer?

Sumber gambar : pixabay

Tahukah anda apa Freelancer itu? Freelancer adalah salah satu jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seseorang secara mandiri tanpa adanya perjanjian kontrak antara pekerja dengan pemberi kerja. Jadi antara perusahaan dengan pekerja sama sekali tidak terikat kontrak ya. Pekerjaan ini dilakukan secara online tanpa bertemu tatap muka dengan pemberi kerja.

Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan freelancer?

Banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang freelance diantaranya :
  • Penulis Artikel
  • Penulis Buku
  • Programer
  • Edit gambar dan video
  • Pembuatan website
  • Pembuatan aplikasi
  • Dsb

Apa saja yang harus saya persiapkan untuk menjadi seorang freelancer?

Karena pekerjaan ini dilakukan secara online, maka pastikan Anda memiliki setidaknya smartphone dan juga koneksi internet yang baik. Apa hanya itu saja? Tidak. Jika hal teknis udah dipersiapkan maka persiapan juga harus ada dari diri anda. Apa saja itu?
  • Anda setidaknya harus memiliki kemampuan di salah satu bidang yang telah disebutkan di atas.
Anda mau bergelut di dunia freelancer tapi tidak memiliki kemampuan apa-apa? Percuma. Anda hanya akan membuang waktu. Tidak akan ada perusahaan yang tertarik untuk merekrut anda. Latihlah dulu kemampuan anda pada bidang yang telah admin sebutkan diatas agar memudahkan anda untuk bisa direkrut perusahaan.
  • Komunikasi yang baik
Kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah penting bagi seorang freelancer, mengingat pekerjaan ini dilakukan secara online, sangat mungkin terjadi miskomunikasi antara Anda dan juga pemberi kerja. Jangan sampai karena komunikasi yang buruk membuat project anda menjadi hancur berantakan.
  • Kemampuan Mengatur Waktu
Kemampuan Mengatur Waktu yang baik juga dibutuhkan oleh seorang freelancer. Mengapa? Freelance sangat memungkinkan untuk mengerjakan pekerjaan yang banyak. Apalagi pekerjaan freelancer yang mempunyai kebebasan untuk bekerja di lebih dari satu perusahaan. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, sebanyak apapun pekerjaan yang Anda lakukan insyaallah tetap bisa anda selesaikan.

  • Sebaiknya Anda Juga Harus Memiliki Rekening Bank
Memiliki setidaknya 1 rekening bank juga sangat dibutuhkan bagi seorang freelancer. Bagaimana tidak, segala gaji yang Anda terima sebagai freelancer menggunakan transfer antar rekening. Jadi sebaiknya bagi anda yang ingin terjun ke dunia freelancer mulai mempersiapkan untuk membuka rekening bank ya. 

Bagaimana sistem kerja freelancer?

Sistem kerja freelancer berbeda dengan sistem kerja kontrak yang dilakukan oleh perusahaan. Freelancer tidak mengenal sistem kontrak. Sistem kerja freelancer dilakukan secara online tanpa bertatap muka langsung dengan pemberi kerja. Yang pasti pertama kali anda harus mendaftar ke website tempat anda bekerja nantinya. Website apa itu? Bagaimana sistem kerjanya? Bisa anda baca selengkapnya Disini

Baca juga :Tips menjadi freelancer

Kelebihan Bekerja Freelancer 

Bekerja freelancer memiliki kelebihan diantaranya :
  • Fleksibel Waktu
Anda dapat melakukan pekerjaan ini dengan lebih fleksibel karena tidak terikat kontrak kerja. Seorang freelance tidak perlu bekerja dari pagi hingga sore hari, tetapi freelance lah yang mengatur jadwal kerjanya sendiri.
  • Bisa bekerja di lebih satu perusahaan
Inilah enaknya jadi seorang freelancer. Bisa bekerja di lebih dari satu perusahaan. Tidak seperti perusahaan kantoran yang mewajibkan anda untuk setia pada perusaahan tersebut, berbeda dengan freelance yang diberi kebebasan untuk bekerja untuk banyak perusahaan.
  • Penghasilan bisa lebih besar
Mengingat seorang freelance bisa bekerja untuk banyak perusahaan sangat memungkinkan untuk mendapat penghasilan yang lebih besar ketimbang gaji seorang pegawai kantoran. Terlebih lagi dia mengerjakan suatu project yang besar, pasti besar gajinya.

Kekurangan bekerja freelancer

Selain memiliki kelebihan, bekerja sebagai freelancer juga memiliki kekurangan diantaranya :
  • Pendapatan yang tidak menentu
Gaji seorang freelance tidak menentu, karena sistem gaji yang diberikan bukan bulanan ataupun tahunan seperti pekerja kantoran, tetapi gaji dibayar setelah pekerjaan selesai dilakukan. Ketika bulan ini mendapat project untuk dikerjakan, belum tentu bulan depan kita akan mendapatkannya lagi
  • Bisa saja tertipu pemberi kerja
Karena pekerjaan ini dilakukan secara online tanpa adanya perjanjian hitam diatas putih, sangat memungkinkan sekali pemberi kerja untuk menipu kita. Bisa gaji yang tak kunjung dibayar, atau gaji yang sengaja ditunda pembayarannya dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan Anda jangan memilih sembarangan website freelancer. Pilihlah yang terpercaya dan jika bisa pilih website yang memiliki fitur pengaduan apalagi ada pemberi kerja yang melakukan penipuan kepada kita 
  • Tidak ada asuransi kesehatan
Berbeda ketika kita bekerja di perusahaan kantoran yang mendapatkan jaminan kesehatan, bekerja freelancer kita tidak akan mendapatkan jaminan tersebut. Untuk itu sebaiknya buatlah asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan.

Bagaimana sudah tau kan tentang freelancer? Bagi anda yang belum memiliki pekerjaan ataupun telah bekerja di suatu perusahaan tapi ingin mencari pekerjaan lain untuk menambah pengalaman, freelancer bisa menjadi solusi bagi anda. Tetapi semua tetap anda yang menentukan. Mau kerja kantoran apa kerja freelancer?


1 komentar so far

persiapan juga harus ada dari diri ya gan...

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)