November 17, 2017

Kamu Harus Tau, Tips Menulis Artikel Blog yang Berkualitas Serta Menarik


Ketika kita memiliki suatu blog, menulis artikel merupakan hal yang harus dilakukan. Di dunia ini lebih dari 20 juta orang menulis artikel di blognya setiap harinya. Namun hanya sedikit penulis blog saja yang bisa menulis artikel yang berkualitas, kebanyakan dari mereka asal membuat tulisan saja.

Pokok jadi, ga copas, dan hasil tulisan dan karya saya sendiri. Eitss, itu salah besar. Memang menulis dengan karya sendiri itu bagus, berarti anda juga tidak plagiat. Tetapi menulis artikel blog yang berkualitas itu juga perlu. Mengapa?

Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas


  1. Blog yang berkualitas Disukai Oleh Google

Google merupakan mesin pencari favorit yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik ada saja orang yang mencari sesuatu di dalam internet. Ketika ada blog yang memosting artikel, Google akan melakukan penyeleksian mana saja artikel blog yang layak berada di page one.

Blog yang berada di page one menandakan blog itu amat disukai oleh Google. Tentunya hanya artikel yang berkualitaslah yang mampu untuk menangkring di halaman pertama pencarian Google. 

2. Jika sudah disukai Google, maka pembaca akan juga ikut menyukai.


Apa hubungannya? Begini. Anda membuat artikel tetapi asal-asalan, otomatis Google tidak akan menempatkan artikel anda di halaman pertama pencariannya. Kalau sudah begitu, pasti tak ada orang yang berkunjung ke blog anda. Memang, kita bisa mempromosikan artikel kita melalui media sosial seperti Google plus, Facebook, Twitter, dsb namun jika artikel anda tidak menarik dan juga tidak berkualitas ya sama saja, pengunjung tidak bakal tertarik dan bisa-bisa pergi. Dengan membuat artikel yang berkualitas membuat anda mudah mendapatkan banyak pengunjung.

Lalu bagaimana tips agar artikel yang kita buat menjadi berkualitas? Berikut beberapa  tips yang bisa anda terapkan :

Tips Menulis Artikel Berkualitas

  • Pastikan Anda Tau Tentang Apa yang Anda Tulis


Ini penting, meskipun anda membuat artikel sampai berlembar-lembar halaman kalau anda sendiri tidak mengerti apa yang anda tulis ya percuma saja. Anda membuat artikel tentang "coding", tetapi anda sendiri sama sekali tidak mengerti koding. Ini akan berdampak negatif bagi anda, ketika ada pengunjung berkomentar dan bertanya  dan anda tidak bisa menjawabnya, citra anda juga blog anda akan tercemar, pengunjung pun enggan berkunjung kembali ke blog anda. Untuk itu, pastikan anda paham dan mengerti tentang apa yang anda tulis.

  • Mulailah Dengan Menentukan Tema Tulisan

Tema ibarat pondasi dalam sebuah tulisan, jika pondasinya saja tidak kuat, tulisannya pun juga pasti hasilnya tidak berkualitas. Pastikan anda menulis artikel yang tidak lekang oleh waktu. Cielah kayak lagu aja. Gimana maksudnya min? Sebaiknya anda membuat artikel dengan tema yang selalu dicari orang sampai kapanpun, misal : cara membuat tulisan berkualitas.

Pasti sampai kapanpun, ada saja orang yang mencari tau tentang bagaimana cara menulis dengan tulisan yang berkualitas, karena menulis merupakan sesuatu yang pasti dilakukan oleh orang setiap harinya. Nah sebagai langkah dan tips awal, anda bisa menentukan tema tulisan anda mulai sekarang.

  • Lanjut Membuat Konsep

Jangan langsung terburu-buru menulis artikel di dashboard blog anda. Buatlah konsep tulisan dulu agar tulisan yang anda buat bisa jelas dan tidak terkesan asal membuat. Dengan membuat konsep anda bisa mengetahui apa yang menjadi inti yang ada tuliskan. Buatlah konsep pada sebuah buku atau secarik kertas. Atau anda bisa juga menggunakan smartphone anda untuk membuat konsep tulisan melalui catatan ataupun aplikasi seperti WPS Office.

  • Kemudian Kembangkanlah Tulisan Tersebut

Setelah konsep sudah jadi, Kembangkanlah tulisan tersebut menjadi sebuah artikel yang utuh, buatlah artikel senatural mungkin namun tetap memperhatikan kualitas tulisan tersebut. Jangan memaksakan membuat tulisan yang panjang. Memang tulisan yang panjang lebih disukai oleh Google, namun jika tulisannya tidak berkualitas ya sama saja.

Pengunjung pasti tidak akan betah berlama-lama mengunjungi blogmu. Kembangkanlah artikel tadi sesuai kemampuan Anda, bagus dan tidaknya suatu artikel tidak ditentukan dari kuantitas kata, melainkan dari kualitas kata yang dibuat oleh penulisnya.

  • Tunggu Dulu, Jangan Terburu-buru Untuk Memosting Artikel Tersebut 

Ketika artikel sudah jadi janganlah terburu-buru untuk memostingnya ke internet pastikan dulu artikel yang anda buat :

  • Tidak melanggar Term Of Service Google. Pastikan artikel yang Anda buat tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh Google seperti mengandung pornografi, penjualan narkoba dan obat-obatan terlarang, tidak melanggar hak cipta, dsb. Hal ini penting agar blog anda tidak dihapus oleh Google karena melakukan pelanggaran. Rugi bukan sudah capek-capek menulis malah blog kita  dihapus oleh Google?
  • Tidak ada copas dalam artikel anda. Pastikan juga artikel yang anda buat tidak ada yang Copas sama sekali. Anda bisa mengeceknya menggunakan tool copyscape atau plagiarisme checker. Hasil tulisan copas sudah pasti dianggap tulisan yang tidak berkualitas. Jika terpaksa mencopy tulisan artikel dair blog lain, cantumkanlah link blognya sebagai bentuk penghargaan.
  • Pastikan juga tulisan yang anda buat tidak menimbulkan ketersinggungan bagi orang lain. Ketika kita menulis di internet yang notabene banyak orang yang melihatnya, menulis harus penuh kehati-hatian. Jangan sampai ada seseorang atau sekelompok orang yang merasa tersinggung dengan tulisan yang anda buat. Anda bisa dituntut dengan tuntutan  UU ITE. Meskipun anda tidak ada niat untuk menyinggung, alangkah lebih baik jika anda lebih berhati-hati jika ingin membuat tulisan di internet, semisal blog.
  • Dan yang tak kalah penting, pastikan tidak ada typo di tulisan tersebut. Banyaknya tulisan yang salah membuat orang lain malas untuk membaca tulisan kita, meski kita memang tidak sengaja membuat tulisan yang salah tetapi tetap saja, jika banyak typo didalam tulisan artikel yang Anda buat bisa membuat pembaca menjadi bosan membaca tulisan kita, apalagi kesalahan tersebut merubah makna tulisan tersebut, orang lain bisa salah paham memahami tulisan kita. Selalu cek artikel yang ditulis apa sudah sempurna ataukah belum


Jika sudah begitu anda bisa Memosting artikel anda. Perlu diketahui, menulis itu memang mudah, tetapi menulis berkualitas itu tidaklah mudah. Ayo kita sama-sama belajar untuk membuat tulisan yang berkualitas. Tetap semangat dan jangan pernah bosan untuk menulis !

Sekian artikel tentang tips menulis artikel blog berkualitas semoga bermanfaat bagi pembaca.

1 komentar so far

Typo itu sulit dihindari hahaha
Apalagi kalau nulisnya buru-buru, kayaknya emang harus bikin kerangka konsepnya dulu baru bikin artikel dan setelah buat di cek ulang ya daus haha

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)