November 14, 2017

5 Tips Memilih Template yang Tepat Untuk Blog Anda



5 Tips Memilih Template yang Tepat Untuk Blog Anda - Template blog merupakan tampilan dasar dari suatu blog. Tak bisa kita pungkiri lagi, banyak sekali situs-situs untuk mendownload template blog yang beredar di internet baik gratis maupun berbayar. 

Apakah semua template tersebut bagus? Jawabannya ada yang bagus dan ada juga yang tidak. Apakah semua template tersebut baik untuk blog kita? Lagi-lagi saya menjawab ada yang baik untuk blog anda, tetapi ada juga yang buruk bagi blog anda.

Memilih template memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Meski kini sudah ada ribuan template yang bisa anda download secara gratis di Internet tapi nyatanya template tersebut belum tentu baik untuk blog anda. 

Saya bingung nih min, mau pilih template apa untuk blog saya. Soalnya template saya kurang bagus, minta tipsnya dong memilih template yang  untuk blog kita itu bagaimana. Tak perlu khawatir, berikut admin sampaikan beberala tips memilih template blog yang baik untuk blog anda sekalian :


1. Pilihlah Template yang Responsive.

Template responsive? Apa itu? Template responsive adalah template yang jika digunakan akan menyesuaikan perangkat yang ada. Jadi ketika blog kita dibuka di suatu desktop komputer maupun melalui HP segala jenis tipe dan juga ukuran maka tampilan blog kita yang menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang dimiliki.

Mengapa demikian template blog sangat penting? Karena ini soal kenyamanan pengunjung blog anda. Pembaca blog sangat menyukai tampilan blog dengan template yang Responsive dan sangat tidak menyukai tampilan blog yang acak-acakan.

Apakah template blog saya sudah responsive? Bisa anda cek di situs Mobile friendly test, masukkan url blog anda dan lihatlah hasilnya.

2. Template Blog Haruslah Fast Loading

Mengapa harus memilih template yang fast loading? Lagi-lagi hal ini soal kenyamanan pengunjung. Pengunjung amat tidak menyukai blog yang loadingnya super lelet. Pasti kalau sudah lelet pengunjung akan mengclose blog anda dan pindah ke blog yang lain.

Bagaimana cara mengecek template saya sudah fast loading atau belum? Anda bisa mengeceknya menggunakan GTMetrix, masukkan url anda kemudian lihat hasilnya. Usahakan loading timenya jangan sampai di atas 5 detik agar pengunjung blog anda tidak cepat kabur dari blog anda.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Blog

3. Dan Juga Pilihlah Template yang SEO Friendly

Template blog kini menjadi bagian terpenting dari SEO. Anda sudah membuat artikel yang bagus? Heading tags oke? Tapi blog anda belum SEO juga? Hal tersebut mungkin disebabkan template blog anda yang belum SEO Friendly. Tidak semua template blog yang anda download di internet SEO Friendly, tetapi ada juga yang belum SEO Friendly.

Tanda template blog yang SEO Friendly bisa dilihat dari struktur templatenya. Jika terdapat meta tag SEO pada template tersebut maka dipastikan template tersebut sudah SEO Friendly.

4. Usahakan Pilihlah Template yang Berwarna Dasar Putih atau Cerah

Mengapa harus begitu? Pengunjung sangat menyukai blog yang tampilannya enak untuk dipandang. Template berwarna putih dianggap sebagai warna sangat disukai oleh pengunjung blog.

Sebisa mungkin jangan pilih template dengan warna dasar gelap, apalagi jika tulisan di blog Anda berwarna hitam, pastilah tidak terbaca itu tulisan. Dengan memilih template yang berwarna putih atau cerah pasti pengunjung blog anda betah lama-lama untuk berkunjung ke blog anda.

5. Jika Anda Memiliki Uang Lebih, Alangkah Lebih Baik Gunakanlah Template Premium

Jika anda mempunyai uang lebih admin sarankan gunakan template premium. Memang sih template premium itu berbayar, tetapi template premium dinilai lebih baik daripada template gratis.

Tentu saja, yang berbayar pasti lebih baik daripada yang gratis. Tapi jika anda tak memiliki uang tak perlu dipaksa,  mendownload template gratis pun juga tak jadi masalah asal anda tepat memilihnya.

Bagaimana tidak sulit bukan tmemilih template blog yang baik itu? Sekarang anda tak perlu kebingungan lagi. Anda bisa gunakan tips tersebut untuk menentukan mana template yang tepat untuk blog anda.

Admin sarankan jika anda ingin download template, anda bisa mendownloadnya di mybloggerthemes, gooyaabitemplates atau btemplates. Karena hampir semua template disana sudah memenuhi kriteria yang telah dijelaskan diatas tadi.

Sekian artikel ini penulis sampaikan dan semoga bermanfaat bagi pembaca.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)