October 4, 2017

Tips Menjadi Freelancer

Sumber gambar : liputan6.com

Freelancer atau pekerja lepas merupakan salah satu jenis pekerjaan yang cukup favorit di Indonesia. Dengan kemudahan dan keefisienan pekerjaan yang ditawarkan membuat banyak orang yang tertarik akan pekerjaan ini dan bahkan sukses menjadi seorang freelancer. Tetapi, banyak juga orang yang gagal menjadi seorang freelancer. Sulit mendapatkan pekerjaan saat proses penawaran berlangsung. Memang tak mudah meyakinkan pemberi kerja untuk menerima tawaran anda tetapi dengan melakukan sediki tips ini bisa membantu anda menjadi seorang freelancer. Apa saja tips menjadi seorang freelancer? Monggo baca postingan ini sampai selesai.

1. Buat Profil Jangan Asal-Asalan
Profil menjadi hal yang sangat penting saat menjadi seorang freelancer, ibaratnya, profil adalah penampilan kita. Pasti yang pertama diliat orang lain adalah penampilan kita. Tak peduli anda lulusan berpendidikan tinggi kalau anda memasang profil yang asal-asalan pasti tak ada pemberi kerja yang mau melirik anda, maka dari itu buatlah profil yang semenarik mungkin dan juga usahakan profesional. Menambah portofolio bisa menambah daya tarik pemberi kerja agar mau merekrut anda.

2. Jangan Bidding yang Asal-asalan
Proses bidding atau saat kita melakukan penawaran kerja kepada pemberi kerja merupakan salah satu hal terpenting bagi freelancer. Jika anda melakukan penawaran yang kaku dan terkesan tidak menarik pasti anda akan ditolak. Pastikan anda menawarkan kerja yang sesuai kesenangan dan keahlian anda. Saat penawaran yakinkan pemberi kerja tentang keahlian anda dan jika perlu tambahkan portofolio agar menambah peluang anda diterima. Tetap berkata yang baik dan sopan saat proses bidding karena menentukan citra kita di mata pemberi kerja

3. Jika Pekerjaan Diterima Selesaikan Dengan Sebaik-baiknya.
Selamat jika penawaran anda telah diterima. Hal ini menjadi langkah awal yang bagus bagi anda untuk terus berkembang sebagai seorang freelancer. Lakukan yang terbaik untuk pekerjaan ini, jangan membuat pekerjaan yang asal-asalan agar pemberi kerja tidak kecewa karena telah menerima tawaran anda. Perhatikan juga tenggak waktu yang ditentukan. Jangan sampai saat sudah melewati tenggak waktu pekerjaan anda belum selesai dilakukan. Selesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Tak perlu terburu-buru, pelan-pelan asal hasilnya bagus.

4. Komunikasi yang Baik Dengan Pemberi Kerja Saat Proses Pekerjaan Berlangsung
Anda tetap harus melakukan komunikasi dengan pemberi kerja saat pekerjaan berlangsung. Jangan pernah malu untuk menanyakan pekerjaan yang anda kurang mengerti. Lebih baik bertanya daripada nanti salah dibelakang malah repot nantinya. Dan juga saat pemberi kerja menyampaikan pesan kepada anda semisal bertanya tentang perkembangan pekerjaan yang ditawarkan, anda harus tanggap dalam menjawabnya. Jangan sekali-kali anda mengabaikan pesan sekecil apapun dari pemberi kerja. Hal itu bisa menambah citra buruk bagi anda.

5. Teruslah Membangun Jaringan Meskipun Anda Telah Menyelesaikan 1 Pekerjaan
Jangan puas ketika anda berhasil menyelesaikan 1 pekerjaan, karena sebenarnya seorang freelancer bisa mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan sekalipun itu dalam waktu yang bersamaan. Ketika kita mampu membangun jaringan yang baik, maka peluang anda untuk menjadi seorang freelancer sukses tak sulit untuk digapai.

Kelima tips tersebut bisa anda lakukan sebagai seorang freelancer agar lamaran anda diterima oleh pemberi kerja. Dan yang tak kalah penting juga, tetaplah menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Sekuat apapun kita berusaha, Tuhan tetap yang menentukan semuanya. Semoga postingan ini membawa manfaat bagi pembaca dan Terima kasih.

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)