October 12, 2017

Tips Menghemat Tinta Pulpen




Pulpen menjadi salah satu benda penting yang sering di gunakan oleh masyarakat. Entah dari kalangan umum, pelajar, mahasiswa semuanya membutuhkan benda tersebut. Pulpen sangat berguna untuk mencatat hal-hal penting mulai dari catatan pribadi, catatan belanja, catatan sekolah, dan beragam catatan penting lainnya. Penggunaan pulpen setiap orang berbeda-beda, ada yang sering menulis dengan jumlah kata yang cukup banyak dan ada juga yang menulis dengan jumlah kata yang relatif sedikit. Banyak yang mengeluhkan terutama dari kalangan pelajar/mahasiswa tinta pulpennya sering terkuras habis karena banyaknya tugas dari guru atau dosen. Mereka bisa menghabiskan uang 10 ribu rupiah dalam seminggu hanya untuk membeli pulpen. Padahal dengan uang segitu bisa untuk membeli 1 porsi makan. Sebenarnya ketika anda menulis anda bisa menggunakan tips menghemat tinta pulpen berikut supaya anda tidak terlalu mengeluarkan banyak tinta untuk pulpen anda sehingga anda tidak perlu bolak-balik untuk membeli pulpen.

Berikut tips menghemat tinta pulpen yang bisa anda lakukan
1. Gunakan Pulpen Dengan Ketebalan Yang Standard (Tidak Terlalu Tebal)
Tips menghemat tinta pulpen yang pertama yaitu sebaiknya anda jangan menggunakan pulpen dengan tinta tebal karena dengan tinta yang tebal sudah pasti banyak menguras tinta sehingga pulpen lebih cepat habis. Gunakanlah pulpen dengan tinta yang standard atau tidak terlalu tebal sehingga lebih mengurangi pengeluaran tinta pada pulpen anda.
2. Jangan Menulis Dengan Penuh Tekanan
Ketika menulis janganlah terlalu memberi penekanan ketika menulis karena dengan tekanan membuat lebih banyak tinta yang keluar dari pulpen kita. Menulislah dengan halus tetapi tetap jelas untuk dibaca. Tips ini cukup efektif untuk menghemat penggunaan tinta pulpen anda.
3. Jika Memungkinkan, Janganlah Menulis Dengan Kata Yang Terlalu Banyak
Jika anda diberi tugas merangkum oleh guru anda, tulislah rangkuman dengan jumlah kata yang tidak terlalu banyak tetapi tidak menghilangkan intisari dari materi tersebut. Jangan paksakan diri anda untuk menulis rangkuman dalam jumlah kata yang sangat banyak. Karena hal tersebut sudah pasti menyebabkan tinta pulpen anda menjadi cepat terkuras habis.

Mungkin ketiga tips menghemat tinta pulpen di atas bisa anda lakukan agar anda tidak terlalu sering menghabiskan uang hanya untuk membeli pulpen. Apabila ada yang memiliki tips lain bisa ditambah di kolom komentar. Semoga bisa membawa manfaat bagi pembaca yang membaca artikel ini.

1 komentar so far

Sayangnya pulpen gw hilang diculik terus...

Infonya mantap dan menarik gan

Komentarlah yang sopan
Jangan spam
Dilarang gunakan link aktif
Dilarang komentar yang menyinggung SARA dan berkonten negatif

Terima kasih :)